17 Fakta Menarik Tentang Komet Yang Perlu Kalian Ketahui

Komet

Dalam sistem tata surya kita ternyata terdapat planet, bintang, asteroid, lubang hitam dan masih banyak lagi. Namun tahukah anda, dalam sistem tata surya kita terdapat fenomena langka yang jarang kita temui yaitu komet atau bintang berekor yang terbentuk dari kumpulan partikel debu dan es. Komet berasal dari bahasa yunani yang artinya "rambut panjang". Komet juga termasuk ke dalam sistem tata surya kita, dikarenakan komet menggelilingi matahari. Perlu kita ketahui, ternyata komet dalam  mengorbit matahari membutuhkan waktu ribuan tahun lamanya. 
          Namun tahukah anda, ternyata komet memiliki fakta yang mungkin belum kita ketahui. Berikut adalah fakta menarik tentang komet yang terjadi di alam semesta : 

(1). Komet dijuluki sebagai bola salju kosmik dikarena sebagaian besar komet terdiri dari es, debu, batu, dan gas.

(2). Semua komet mengorbit matahari seperti planet, tapi bedanya komet memilki jalur yang elips yang panjang dari planet manapun.

(3). Komet memiliki komponen atau bagian tubuh yang penting yaitu inti, koma, ekor debu, dan ekor ion.

(4). Menurut para ilmuan sejauh ini terdapat 4.000 komet, tapi terdapat bukti yang menunjukan bahwa terdapat ratusan juta hingga trilliunan komet yang berada di luar sana.

(5). Inti komet yang sebagai besar adalah massa totalnya.

(6). Komet memiliki lingkaran cahaya ketika mendekati Matahari yang  mengakibatkan radiasi Matahari.

(7). Selain itu Komet juga memilki Atmosfer, ini terjadi karena es di inti komet berubah menjadi gas yang nantinya membentuk Atmosfer.

(8). Angin matahari yang meniup partikel gas akan menghasilkan Ekor Ion Komet.

(9). Jejak debu dan material berbatuan yang tertinggal saat bergerak di sepanjang jalur orbit yang disebut sebagai Ekor Debu komet.

(10). Komet yang bagus adalah komet yang bisa dilihat dari bumi tanpa menggunakan teleskop dan Komet yang besar terjadi setiap sepuluh tahun sekali.

(11). Komet ternyata pernah jatuh di Bumi yang terjadi 28 juta tahun lalu. Para ilmuan sudah melaporkan jika komet tersebut jatuh di Gurun Sahara yang dijuluki dengan Hypatia.

(12). Komet ternyata juga bisa meledak, karena kehilangan material yang mudah menguap dan menjadi benjolan batu atau bisa juga disebabkan oleh gravitasi Matahari yang dapat menghancurkan komet, ketika komet melintas terlalu dekat dengan Matahari seperti yang dialami Komet ISON.

(13). Jarak titik terdekat komet dari matahari disebut dengan "perihelion". Sedangkan titik orbit terjauh komet dari matahari disebut dengan "aphelion".

(14). Debu komet ternyata bisa menghasilkan hujan meteor, hal ini bisa terjadi karena komet menumpahkan batuan-batuan kecil yang dapat membentuk aliran Meteorid.

(15). Komet membawa kehidupan di Bumi karena terjadi tabrakan komet yang mungkin membawa bahan organik ke Bumi dan memberikan energi untuk molekul sintesis yang berdasarkan hasil sample antariksa NASA yang diambil dari komet Wild-2 yang berisi asam amino glisin.

(16). Komet bukanlah pesawat alien, namun komet merupakan bagian menarik dari material tata surya yang berasal dari pembentukan Matahari dan Planet.

(17). Komet diyakini berasal dari dua wilayah yaitu Ourt Clound atau Sabuk Kuiper yang ditemukan di luar orbit Planet Neptunus dan Planet Pluto.

Baca Juga : Tiny Asteroid Jatuh di Afrika Selatan (2018).

Belum ada Komentar untuk "17 Fakta Menarik Tentang Komet Yang Perlu Kalian Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel