23 Fakta Unik Dan Menarik Planet Jupiter

Jupiter

Unik dan menarik, itulah ilmu yang tidak ada habisnya jika kalian bicarakan atau membahasnya dimanapun berada. Ya tentu, kali ini kita akan membahas Ilmu Astronomi, sangatlah menarik dan membuat pembacanya sangat penasaran tentang hal-hal apa saja yang belum terungkap. Tahukah kalian planet jupiter? planet ini sangatlah besar jika kita bandingkan dengan bumi, tentu ini membuat planet tersebut bisa dilihat dari bumi dengan menggunakan teleskop. Namun kalian sering tidak bisa melihat planet tersebut dari bumi karena terkendalan cuaca, dan lain-lain. Untuk itu, marilah kita membahas fakta unik dan menarik planet jupiter.

Planet jupiter

1. Sebagai Planet terbesar di tata surya, Jupiter memiliki massa yang sangatlah besar yaitu sekitar 317,83 kali masa bumi dan memiliki diameter 142,982 km atau 10 kali lebih besar dari bumi. Planet jupiter dapat menampung 1.300 bumi jika dimasukan ke dalam planet tersebut.

2. Planet jupiter menempati urutan ke 5 dari matahari dan berada di antara planet mars dan saturnus.

3. Jarak Planet Jupiter dari matahari sekitar 778 juta km, atau sama dengan 5 kali jarak antara bumi dan matahari.

4. Jika dilihat dari bumi, jupiter adalah objek paling terang ke 4 dengan magnitudo -2.94. Sedangkan objek pertama yang paling terang adalah matahari.

5. Jupiter sangatlah lambat, Karena planet ini mengorbit atau mengitari
matahari membutuhkan waktu 11 tahun bumi lamanya.

6. Planet ini memiliki hari yang sangat cepat di tata surya, karena planet ini berotasi atau berputar pada sumbunya setiap 9 jam dan 55 menit.

7. Sebagian besar dari planet jupiter terdiri dari helium dan hidrogen.

8. Pada tahun 1610 Galileo Galilei atau yang dikenal bapak astronomi ini melakukan observasi pertama kali untuk membuktikan objek lain yang mengelilingi atau mengorbit matahari dan palnet jupiterlah yang menjadi objek penelitian pertama tersebut.

Jupiter

9. Jupiter memiliki atmosfer terbesar di tata surya, ketinggian membentang hingga 5.000 km. Karena palnet ini tidak memiliki permukaan, maka bagian paling dasar memiliki tekanan atmosfer sebesar 10 bar atau bisa dikatakan 10 kali tekanan udara yang berada di permukaan bumi.

10. Sebagaian besar atmosfer bagian atas jupiter terdiri dari amonia dan awan belerang, ini akan membuat kalian mencium bau yang sangat terasa.

11. Yang membuat unik di planet jupiter adalah penampakan bintik merah yang besar. Ternyata bintik merah yang sangat misterius ini adalah badai antisiklon, selain itu Badai ini bisa dilihat dari bumi dengan menggunakan teleskop. Penampakan ini sudah diamati atau diketahui pada abad ke 17.

12. Tidak lengkap kalau kita tidak membahas keindahan tentang cincin yang terdapat planet jupiter. Keindahan yang menakjubkan ini tenyata memiliki 3 jenis cincin yaitu cincin halo, cicin utama yang relatif terang, dan cincin gossamer.

13. Lingkaran yang terdapat di planet jupiter terdiri dari partikel-partikel yang dikeluarkan dari planet jupiter yang diakibatkan benturan kecil dari komet dan asteroid yang datang.

14. Planet jupiter memiliki jumlah satelit yang terbanyak dari semua planet yang ada di tata surya kita. Planet tersebut mempunyai nama : Metis, Andrastea, Almathea, Thebe, Io, Europa, Ganymede, Calistio, Leda, Himalia, Lysithea, Elara, Aananke, Carme, Pasiphea, dan Sinope.

15. Satelit yang bernama Europa hampir seluruhnya adalah air yang cair di bawah permukaan es.

16. satelit terbesar di planet jupiter sekaligus di tata surya yaitu Ganymade. Ukuran satelit tersebut bahkan lebih besar di bandingkan dengan planet merkurius.

Jupiter
Baca Juga : Tempat Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Dunia 

17.
Delapan Pesawat luar angkasa pernah ke planet jupiter untuk menjalankan misinya.

18. Planet jupiter mempunyai warna yang terdiri dari putih dan oranye, ini menunjukan bahwa atmosfer planet tersebut memiliki lapisan-lapisan yang berbeda.

19. Planet Jupiter diyakini memiliki medan magnet yang sangat kuat di tata surya, diperkirakan medan magnet tersebut 14 kali lebih kuat dari medan magnet bumi.

20. Nama planet jupiter di ambil dari nama kerajaan raja romawi yaitu Zeus, karena planet ini mempunyai ukuran yang sangat besar atau bisa dikatakan sebagai raja planet di tata surya. Selain itu, suku-suku di jerman melihat jupiter sebagai Donar atau Thor.

21. Badai terbesar di planet ini adalah The Great Red Spot.

22. Ternyata planet ini tidak memiliki perubahan musim, karena kemiringan planet jupiter 3 derajat, sedangkan di bumi memiliki kemiringan 23 derajat, ini membuat bumi memiliki perubahan musim.

23. Terdapat air yang jauh di dalam jupiter, meski konsentrasinya sangat rendah.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Alam Semesta Yang Terungkap

Belum ada Komentar untuk "23 Fakta Unik Dan Menarik Planet Jupiter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel