17 Fakta Unik Dan Menarik Planet Saturnus

Siapa yang tidak kenal planet saturnus, planet terbesar kedua di tata surya ini memiliki keindahan yang sangat menawan berupa cicin yang menghiasi planet tersebut. Namun tahukah anda cicin yang berada di saturnus menyimpan banyak fakta unik yang belum kalian ketahui. Selain itu planet saturnus merupakan planet yang cukup dingin untuk kita kunjungi. Dari pada kalian sangat penasaran, berikut ini adalah fakta unik dan menarik planet saturnus :

Planet Saturnus

1. Selain saturnus, planet yang mempunyai cicin lainnya adalah jupiter, uranus, dan neptunus. Namun, saturnus adalah satu-satunya planet yang memiliki cicin yang lebih jelas dan lebar.

2. Cicin yang berada di planet saturnus terbuat dari batuan meteorit yang mengorbit dengan kecepatan yang sangat bervariasi sehinga membuat meteorid yang berada di planet tersebut bertabrakan.

3. Cicin yang berada di saturunus sangatlah tipis, namun bebatuan yang berada di sana dapat memantulkan cahaya matahari sehingga planet ini dapat menampakan keindahan yang sangat mempesona. Saturnus juga dikenal sebagai "Permata Tata Surya" karena cincin dan penampilannya yang sangat indah.

4. Planet saturnus sangatlah dingin, bahkan ilmua percaya bahwa suhu yang ada di planet saturnus mencapai -350 derajat F atau -212 derajat C.

5. Planet saturnus menempati urutan ke 4 dari matahari, selain itu saturnus juga planet terbesar ke 2 di tata surya setelah jupiter.

6. Jika kita berada di saturnus, maka setahun di sana sama dengan 10.759,22 hari di bumi. Selain itu satu hari di saturnus adalah 10 jam 39 menit, ini berbeda dengan bumi yaitu 24 jam per hari.

7. Jika kita membayangkan bumi di masukan ke dalam saturnus, maka planet saturnus dapat menampung 750 planet bumi, jadi sebenarnya saturnus memiliki luas 74.898 mil (120.537 km) atau hampir 10 kali lebar bumi.

Planet Saturnus

8. Di bumi terdapat angin yang sangat dahsyat dan mengerikan yaitu angin tornado, hal yang sangat mengerikan jika kita berada di planet saturnus adalah angin yang memiliki kecepatan 1.000 mil (1.800 km) atau 4 kali lebih kuat dari angin tornado yang berada di bumi.

9. Saturnus memiliki 59 satelit, diantara satelit tersebut hanya 48 yang memiliki nama. Berikut adalah 7 satelit cukup besar yang perlu kita ketahui adalah Titan, Rhea, Lapetus, Dione, Thethys, Enceladus dan Mimas.

10. Bulan terbesar di saturnus adalah Titan dan dinobatkan sebagai satelit terbesar kedua di tata surya setelah Ganymede yang berada di jupiter, yang merupakan satu-satunya bulan yang diketahui memiliki atmosfer substansial. Selain itu, satelit ini sangatlah besar hingga mengalahkan planet merkurius.

11. Saturnus memiliki tekanan atmosfer 100 kali lebih kuat dari bumi, tekanan tersebut membuat pesawat luar angkasa buatan manusia akan hancur.

12. Saturnus berotasi sangat cepat dengan kecepatan (6.200 mil per jam), bahkan lebih cepat dari planet lain kecuali jupiter.

13. Musim panas di saturnus berlangsung sekitar delapan tahun bumi, ini dikarenakan kemiringan planet tersebut.

14. Saturnus memiliki jarak yang sangat jauh dari matahari, sehingga matahari akan muncul lebih 10 kali lebih kecil dari pada bumi, jika dilihat dari saturnus.

Planet Saturnus

15. Terdapat awan unik yang sangat menarik di planet saturnus yaitu awan hexagonal, menurut ilmuan awan tersebut sebagai pola aliran gelombang tetap di atmosfer.

16. Nama planet saturnus diambil dari nama dewa romawi kuno yaitu dewa pertanian dan panen.

17. Pesawat luar angkasa yang pernah mendarat di saturnus adalah Pioneer 11, Voyager 1 & 2, dan Cassini.


Baca Juga : 23 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Planet Venus 

Belum ada Komentar untuk "17 Fakta Unik Dan Menarik Planet Saturnus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel