22 Fakta Unik Dan Menarik Planet Uranus

Planet Uranus

Siapa yang tidak kenal planet uranus yang mempunyai penampakan megah dan indah di tata surya kita ini. Uranus termasuk planet yang cukup besar dan menarik jika kita mengamati untuk dijadikan sebagai pembelajaran dan pengetahuan. Tahukah kalian, ternyata dahulu uranus dikira sebagai komet, namun setelah di teliti ternyata adalah sebuah planet. Dari pada penasaran, berikut adalah fakta unik dan menarik tentang planet uranus.

1. Uranus pertama kali ditemukan pada tahun 1781 oleh Sir William Herschel. Herschel pertama kali melihat planet uranus adalah komet karena terlihat redup, namun setelah beberapa tahun kemudian, planet tersebut diakui sebagai planet. Nama Uranus diusulkan oleh astronom Johan Bode.

2. Uranus adalah planet pertama yang ditemukan dengan menggunakan teleskop dan sebagai planet pertama di tata surya ditemukan pada zaman modern.

3. Berbeda dengan planet-planet lain, nama planet uranus diambil dari Dewa Yunani Kuno yang bernama Ouranos atau bisa disebut Dewa Langit.

4. Uranus memiliki atmosfer yang sangat tebal dan berkabut.

Planet Uranus

5. Uranus dinobatkan sebagai planet terdingin di tata surya. Suhu di planet ini pernah mencapai -226 derajat Celcius. Selain itu atmosfer di planet tersebut sebagai atmosfer terdingin di tata surya.

6. Uranus ternyata juga memiliki cincin, dimana 13 cicin tersebut sangat redup. Ukuran cicin tersebut bervariasi yaitu 0,2 sampai 20 m diameter.

Planet Uranus

7. Uranus berputar pada sumbunya setiap 17 jam dan 14 menit. Selain itu, uranus berubah gerak menjadi arah retrograde yang berlawanan dengan bumi dan 6 planet lainnya.

8. Tekanan di permukaan uranus 1,3 kali bumi dan gravitasinya sekitar 0,9 dari bumi.

9. Sebagai planet yang sangat besar, kekuatan angin di uranus bisa mencapai 15 kali lebih kuat dari angin di bumi.

10. Jika bumi memiliki satu bulan, namun tidak bagi uranus, kali ini uranus memiliki bulan yang cukup banyak yaitu 27 bulan.

11. Satelit di uranus yang besar dan sangat mengagumkan adalah : Miranda, Titania, Ariel, Umbriel, dan Oberon. Sebagai satelit terbesar di uranus Titania mempunyai ukuran 1/3 ukuran bumi. Sedangkan satelit paling terang adalah Ariel dan yang paling gelap adalah Umbriel.

Planet Uranus

12. Uranus menempati urutan planet ke 7 di tata surya setelah planet saturnus.

13. Planet Uranus dan Neptunus disebut sebagai Raksasa Es karena sebagian besar komposisi planet tersebut berupa gas.

14. Uranus memiliki massa sekitar 14,5 kali massa Bumi.

15. Warna biru pucat yang menghiasi planet uranus dikarena lapisan atmosfernya yang berupa air, amonia, dan kristal es.

16. Jika kita ditempat yang gelap dan jauh dari polusi cahaya maka kita bisa melihat langsung planet tersebut dengan mata telanjang dengan magnitude 5.3.

17. Uranus mengitari matahari selama 84 tahun dan berjarak sekitar 3 miliar km atau 20 SA terhadap matahari. Sinar matahari untuk mencapai planet ini membutuhkan 20 kali waktu yang diperlukan sinar matahari untuk mencapai bumi.

18. Planet terbesar di tata surya yaitu planet jupiter, sedangkan planet uranus menempati posisi ketiga setelah saturnus.

19. Uranus hanya pernah dijelajahi satu pesawat luar angkasa yaitu Voyager 2, untuk menjalankan misi yang mampu melintas pada jarak 81.500 km.

20. Intensitas sinar matahari yang berada di planet tersebut adalah 1/400 intensitas sinar matahari yang berada di bumi.

Planet Uranus
Baca Juga : 23 Fakta Unik Dan Menarik Planet Jupiter

21.
Bagaimana planet ini tidak besar, jika 63 bumi mampu masuk ke dalam planet uranus.

22. Uranus dikatakan planet yang membosankan, ini dikarenakan planet uranus memiliki sifat yang tenang dan kurangnya data yang dapat dikumpulkan dari teleskop.

Baca Juga : 17 Fakta Unik Dan Menarik Planet Saturnus

Belum ada Komentar untuk "22 Fakta Unik Dan Menarik Planet Uranus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel