Ternyata ini, Mitos Hewan Jika Berada di Sekitar Rumah Kalian



Sebelum membahas tentang mitos lebih dalam, apakah kalian tahu mitos itu apa? Mitos adalah cerita zaman dahulu tentang alam semesta, dan menurut empunya cerita atau penganutnya cerita itu benar-benar terjadi. Di zaman sekarang, cerita mitos dianggap sebagai lelucon oleh kebanyakan orang. Namun tahukah kalian, bahwa terdapat beberapa orang yang masih mempercayai mitos-mitos zaman dahulu hingga sekarang. Memang cerita mitos menuai pro dan kontra di masyarakat. Namun artikel kali ini akan membahas mitos hewan jika berada di sekitar rumah. Dari pada kalian penasaran yuk langsung saja kita bahas.


1. Capung Terbang di dalam Rumah



Capung sering kita lihat di semak-semak atau rerumputan sekitar rumah kita. Namun tahukah kalian, jika capung masuk ke rumah kalian ada pertandanya lo. Mitos mengatakan jika capung masuk ke rumah kalian akan ada tamu atau saudara kalian yang akan datang ke rumah kalian. Benar atau tidaknya, banyak orang yang percaya tentang kejadian ini dan beberapa orang mengaku bahwa mitos itu pernah terjadi di kehidupannya.

2. Mitos Suara Tokek 

Suara tokek dianggap sebagai suara biasa-biasa saja oleh sebagian orang, ternyata suara tokek menurut masyarakat jawa terdapat mitosnya lo. Menurut mitos, jika suara tokek itu muncul di sekitar rumah kita, itu tandanya terdapat makhluk tak kasat mata atau hantu yang sedang lewat. Memang mitos ini sangat populer, dan sangat menarik untuk kita bahas.

3. Kunang-Kunang Malam



kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahayanya sendiri. Namun beberapa orang beranggapan bahwa kunang-kunang berasal dari kuku atau jari-jari orang yang sudah meninggal. Mitos yang dimaksud, ketika hewan tersebut masuk ke rumah pada malam hari. Entah dari mana mitos ini berasal, tapi anak-anak sering mempercayai mitos ini. Kalau menurut kalian, percaya atau tidak ya?

4. Ular Masuk ke Dalam Rumah

Ular termasuk hewan yang sangat menakutkan dan berbahaya bagi manusia. Maka dari itu, banyak ular yang dibunuh jika berada di sekitar rumah kita. Ular juga mempunyai mitos yang sangat menarik untuk kita bahas. Mitos berkata, jika ular masuk ke rumah berarti ada ujar atau omongan yang belum terpenuhi. Mitos ini sangat dipercaya masyarakat jawa hingga sekarang.

5. Kupu-Kupu

Kupu-kupu hewan yang sangat indah dan menakjubkan untuk kita lihat. Kupu-kupu memiliki mitos yang hampir sama seperti pada mitos nomor satu tadi. Mitos kali ini berkata, bila kupu-kupu masuk ke rumah kalian pada waktu pagi atau pun malam hari, maka sebentar lagi rumah kalian akan kedatangan tamu sepesial. Mitos ini banyak diyakini oleh sebagian masyarakat sekitar khusunya bertempat tinggal di pulau jawa.

6. Kejatuhan Cicak di Rumah



Cicak hewan yang sering berada di dinding-dinding rumah kita. Mitos kali ini dikaitkan dengan hal buruk. Jika seseorang kejatuhan cicak di suatu rumah atau tempat lainnya, maka mitos kali ini berkata akan ada pertanda buruk atau sial yang menimpa seseorang tersebut. Masyarakat sekitar percaya, jika kejatuhan cicak solusinya membuang beras atau nasi disekitar rumah, langsung membunuh cicak tersebut, dan tidak boleh keluar rumah. Entah dari mana mitos ini berkembang, tapi mitos sangat menarik untuk kita baca ya.....

7. Pitik Klurok 

Pitik Klurok sama dengan ayam yang bersuara di tengah malam hari. Mitos mengatakan, jika ayam bersuara pada malah hari akan ada sesorang wanita di sekitar rumah kalian yang akan hamil. Percaya atau tidak, bahwa mitos ini kebanyakan benar-benar terjadi. Hingga saat ini, mitos ini masih beredar di kalangan masyarakat dan masih banyak dipercayai oleh masyarakat sekitar.

8. Kucing Bertarung

Kucing hewan peliharaan yang sangat lucu dan mengemaskan. Tapi jika kucing berkelahi di sekitar rumah kalian akan ada pertanda loo. Mitos ini berkata, jika terdapat kucing yang berkelahi maka ada suatu keluarga kalian atau tetangga kalian "PADU". Padu dalam bahasa jawa artinya beratem/berkelahi dalam hal ucapan. Jadi kebanyakan masyarakat, jika ada kucing bertarung langsung di lempar batu atau diusir dari sekitar rumah.



Baca Juga : Ternyata ini, 7 Kebiasaan Ketika Berada di Angkringan

2 Komentar untuk "Ternyata ini, Mitos Hewan Jika Berada di Sekitar Rumah Kalian "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel