Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gara-Gara 7 Tips Ini, Orang Tua Tidak Memarahi Kalian

Ibu Sedang Marah

Di kala sedih, di kala kita gagal, pasti terdapat orang yang selalu mendampingi kita yaitu orang tua. Tanda jasanya yang besar, tanpa mengharapkan imbalan apapun, menjadikan orang tua sebagai superhero di dalam diri kita sendiri.

Namun, beda cerita jika kita sering di omelin orang tua, berarti ada kesalahan yang terjadi di dalam diri kita sendiri. Namun pertanyaannya? apakah kalian tau, bagaimana cara agar kita tidak di omelin orang tua?

Untuk tipsnya, kalian bisa menyimak informasi berikut ini.


1| Sopan dan Santun


Orang tua akan senang, jika anaknya memiliki sopan santun baik dari perilaku maupun dari ucapan. Beda cerita jika anak tidak tau sopan satun kepada orang tua, pasti lebih sering di marahi dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa kita harus menghormati dan selalu bertingkah baik kepada orang tua? Karena jika kita melakukan hal tersebut kepada orang tua, suasana positif akan muncul di sekitaran orang yang kita cintai dan jika orang tua ingin memberikan saran kepada kalian akan lebih kalem. Sehingga orang tua tidak perlu mengomel-ngomel kepada kalian.

Maka dari itu, jaga sopan dan santun terhadap orang tua kita ya sob.

2| Tidak Membantah


Jika dimarahi orang tua, kalian tidak usah membantah ucapan orang tua. Pasalnya, ucapan orang tua kepada kita ketika sedang marah terkadang berisi nasehat, saran bahkan peringatan.

Jadi jika orang tua marah, sebaiknya kalian diam saja dan tunggu momen yang pas untuk menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. 

Dengan begitu orang tua akan lebih paham dan bisa menerima penjelasan kalian.

3| Introspeksi Diri Sendiri


Jika kita sering dimarahi orang tua, hal yang pertama kalian lakukan adalah introspeksi diri. 

Introspeksi diri yang harus kalian pikirkan seperti kesalahan apa yang saya perbuat?, mengapa saya bisa membuat orang tua kecewa?, bagaimana solusinya? dan sebagainya. Dengan introspeksi diri membuat kalian berfikir terbuka. 

Selain itu, jika kalian sudah menyadari apa yang kalian perbuat, bersegeralah meminta maaf kepada orang tua, agar dapat mengobati kesedihan orang tua atas kesalahan yang kita perbuat. 


4| Membantu Orang Tua


Jika orang tua meminta tolong kepada kita, sebagai anak sebaiknya kita sebisa mungkin untuk membantunya. Karena orang tua akan senang jika anaknya penurut dan bisa diandalkan.

Contoh : 
  • membantu ibu membelikan beras di toko kelontong
  • membantu bapak memperbaiki pagar rumah
  • membantu ibu membersihkan rumah
  • Dan sebagainya.

5| Ibadah Tepat Waktu


Hampir semua orang, ingin melihat anaknya beribadah tepat waktu. karena orang tua percaya, dari doa-doa anaknya akan membantunya di akhirat kelak. 

Dengan begitu, omelan dari orang tua jarang sekali kalian rasakan, bahkan orang tua akan bangga karena berhasil mendidik kalian menjadi anak soleh dan solehah.

6| Berprestasilah


Anak yang berprestasi merupakan impian setiap para orang tua dimanapun berada. Entah itu prestasi sekolah, olahraga, hingga pekerjaan semuanya membuat bangga orang tua.

Bahkan ada orang tua yang saking bangganya selalu membicarakan prestasi tersebut ke semua orang.

Maka dari itu, jika kalian sering dimarahi orang tua, cobalah menjadi anak berprestasi. Dengan begitu, omelan orang tau kalian akan berkurang.

7| Cita-Cita Tercapai


Pada umumnya orang tua akan memberikan apapun kepada anaknya untuk mencapai cita-citanya. Jika seorang anak bisa mencapai cita-citanya tersebut, nantinya orang tua akan merasa bangga.

Namun beda halnya jika seorang anak menjadi pengangguran, hal tersebut justru akan membuat anak sering dimarahi oleh kedua orang tua. 

Jadi walaupun cita-cita kalian tidak tercapai, setidaknya jangan jadi pengangguran ya sob.

Posting Komentar untuk "Gara-Gara 7 Tips Ini, Orang Tua Tidak Memarahi Kalian"