Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Manfaat Mengejutkan Tanaman Porang Bagi Kehidupan

Tumbuhan Porang


Akhir-akhir ini tanaman porang menjadi salah satu budidaya yang sangat menarik bagi para petani. Karena bagi para pelaku budidaya porang sendiri, hasil yang didapat sangat memuaskan.

Selain itu, negara-negara seperti Jepang, China, Vietnam, hingga Australia menjadi target ekspor porang bagi negara Indonesia. Dan porang yang berkualitas tinggi dan diakui pemerintah berada di Kabupaten Madiun.

Apakah kalian pernah berfikir, mengapa sih tanaman porang sangat mahal ketika dijual ke luar negeri? Hal ini bisa terjadi karena tanaman porang memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kehidupan manusia.

Dari pada penasaran, yuk simak apa saja manfaat porang berikut ini.



1 Bahan Makanan Yang Cocok Bagi Orang Diet

Tanaman porang jika dijadikan tepung ternyata memiliki manfaat tersendiri lo bagi kesehatan manusia. Tepung porang ternyata sangat bagus bagi seseorang yang mengikuti program diet.

Karena di dalam tepung porang sangat kaya glukomanan. Glukomanan sendiri dianggap sebagai serat alami yang bisa menjadi penganti agar-agar, mempercepat rasa kenyang, hingga memperlambat pengosongan perut.

Dengan kelebihan tersebut, menjadikan tepung porang sebagai bahan makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan.

2 Dapat Menurunkan kadar kolestrol

Menurut berbagai studi kandungan konyaku glukomana yang terdapat di tanaman porang sangat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Menurut penelitian yang melibatkan 22 penderita diabates tipe 2, bahwa pasien yang diberi 3,6 gram suplemen konyaku glukomana dalam setiap hari mengalami perubahan hasil yang positif.

Dalam pengujian tersebut, diketahui jika kadar kolestrol jahat mengalami penurunan dari waktu ke waktu, dan resiko penyakit pembulu darah seperti jantung dan stroke juga ikut menurun.

Selain itu, pengujian juga dilakukan oleh tikus lab. Diketahui jika tikus tersebut diberi diet tinggi serat tepung porang, al hasil tepung tersebut mampu menurunkan kadar kolestrol pada si tikus.


Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Hidup di Desa Lebih Nyaman Dari Pada di Perkotaan


3 Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain dapat mengurangi kadar kolestrol tinggi, ternyata kandungan glukomanan yang terdapat di tanaman porang mampu menurunkan kadar gula darah.

Hasil ini berdasarkan studi yang dilakukan pada 2021, bahwa suplemen glukoman yang diberikan tikus bisa mencegah pembentukan pembulu darah karena penumpukan kolestrol.

Selain itu, kandungan glikemik di dalam biskuit glukomanan membuat
kadar gula kita jadi lebih terkontrol.

4 Mengatasi Susah Buang Air Besar

Perlu kalian ketahui, jika tanaman porang mampu mengatasi susah buang air besar alias sembelit. Hal ini bisa terjadi karena di dalam tanaman porang terdapat glukomanan.

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada 10 partisipan yang mengalami masalah sembelit. Ketika partisipan tersebut diberi glukomanan selama 10 hari, al hasil pembuangan air besar di dalam dirinya kembali normal.

5 Sebagai Penjernih Air


Taukah kalian, jika porang ternyata mampu untuk menjernihkan air. Hal tersebut terjadi karena kandungan glukomanan di dalam porang mampu menjadi serat alami yang dapat menjernihkan air.

Jadi jika ada air kotor di sekitar rumah kalian, jangan lupa gunakan porang ya sob untuk membersihkannya.

6 Pengental Es Krim

Porang ternyata bisa digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan es krim yaitu sebagai pengental. Mengunakan bahan pengental pada es krim sebenarnya mempunyai tujuan yang sangat bagus, yaitu agar es krim tidak cepat meleleh. 

Nah perlu kalian ketahui, bahwa pengental tersebut ternyata bisa juga dibuat menggunakan tepung konjac dari tanaman porang.

7 Sebagai Bahan Industri

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata porang juga digunakan bahan campuran di berbagai industri. 

Misalnya kandungan konjac di dalam porang yang biasanya digunakan sebagai membuat kertas kuat, menjadi lem, cat dinding rumah, kain wol, hingga kain katun.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Mengejutkan Tanaman Porang Bagi Kehidupan"