Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Makanan Khas Asli Madiun, Pendatang Wajib Tau!

Sego Pecel Madiun


Kota Madiun atau Kabupaten Madiun merupakan sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Madiun sendiri memiliki ciri khas yang sangat unik, mulai dari seni, budaya, wisata alamnya, hingga wisata kulinernya. 

Nah topik kali ini, kita akan membahas makanan khas Madiun yang sering menjadi incaran warga luar Madiun ketika sedang berkunjung. Untuk lebih jelasnya, berikut 8 makanan Khas Madiun yang wajib kalian icipi.



1 Nasi Pecel Madiun

Enak, murah, dan bisa ditemukan dimana-mana, itulah ciri-ciri nasi pecel yang kalian temui di daerah Madiun. Nasi pecel Madiun, merupakan makanan yang sangat terpopuler dan sangat disukai para pendatang ketika berkunjung ke Madiun. 

Saking enaknya nasi pecelnya, maka tak heran jika Madiun dijuluki dengan Kota Pecel. Untuk 1 porsi harga nasi pecel Madiun berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000. 

Nasi pecel madiun sendiri terdiri dari nasi, lauk, berbagai macam sayuran rebus, krupuk atau peyek, dan diatasnya di lumuri sambal kacang. Karena rasa bumbu pecel madiun memiliki ciri khas yang enak, maka banyak orang yang menjadikan bumbu pecel sebagai oleh-oleh Khas Madiun. 

Selain itu, bungkus nasi pecel yang disajikan di daerah madiun juga cukup unik, seperti bungkus daun jati dan bungkus daun pepaya. Dengan bungkus alami, membuat nasi pecel Madiun semakin nikmat untuk di santap. 


2 Nasi Jotos/Sego Jotos 

Sego Jotos


Bukan adu jotos ya sob, melainkan nasi jotos atau orang madiun menyebutnya sego jotos. Nasi jotos sendiri biasanya dibungkus menggunakan daun pisang atau kertas nasi dengan bentuk kepalan tangan yang siap menjotos-jotos lidah anda. Nasi jotos ini kalau di jogja sangat mirip dengan nasi kucing. 

Nasi jotos sendiri terdiri dari nasi, sambal, kering tempe atau tahu, lauk pauk, dan terkadang terdapat mie sayur. Rasanya enak banget ya sob, dan yang enak dari nasi jotos ini adalah sambalnya. Karena rasanya kerasa banget hingga 1 porsi saja terasa kurang dan ingin nambah lagi.

Untuk harganya, nasi jotos ini sangat murah meriah yaitu mulai dari harga Rp 3.500 sampai Rp 5.000. Kalian bisa menemukan nasi jotos di angkringan pinggir-pinggir jalan atau di depot warung makan yang ada di Madiun. 


Baca Juga : 5 Ruang Terbuka Hijau Terbaik di Kota Madiun


3 Brem Madiun

Brem Madiun

Brem Madiun jajanan oleh-oleh khas madiun yang cukup populer. Brem Madiun ternyata sudah ada sejak dahulu kala lo sob. Ketika kalian memakan brem rasa yang muncul pertama kali adalah lembut, meleleh, dengan meninggalkan rasa "nyess" di lidah.

Brem sendiri merupakan makanan hasil fermentasi ketan hitam yang diambil sari-sarinya dan kemudian didiamkan dalam waktu sekitar sehari semalam.

Brem Madiun berbentuk balok dengan panjang berkisar 15 cm x 5 cm x 0,5 cm. Selain itu, brem madiun sendiri berwarna putih kekuningan dan rasanya asam manis.


4 Madumongso

Madumongso


Madumongso merupakan jajanan khas Madiun yang bahan dasarnya adalah ketan hitam. Rasa madumongso sendiri terdiri dari sedikit asam dan agak manis.

Makanan yang satu ini cukup menarik bagi semua kalangan, karena bungkusnya kecil dan warna-warni. Bagi yang ingin mencicipi jajanan yang satu ini, kalian bisa membelinya di tempat oleh-oleh di sekitaran Madiun.


5 Pentol Corah

Pentol Corah


Pentol Corah merupakan makanan yang sangat menarik bagi kaum muda mudi di Madiun. Saking populernya, pentol corah menjadi makanan khas Madiun.

Rasa dari pentol corah cukup enak, kenyal, dan lebih menggoda dengan sambalnya yang super pedas. Bagi yang ingin mengincipi makanan yang super pedas ini, kalian bisa datang ke kecamatan Rejomulyo, Kec Kartoharjo, Kota Madiun. Karena disana terdapat kampung corah yang sangat enak dan legend.

Etss... bagi yang tidak suka pades, kalian bisa memesan pentol corah dengan sambal tidak pedas ya sob.


6 Kue Manco

Roti Manco

Kue manco sendiri terbuat dari gula jawa, tepung beras, dan tepung ketan. Setelah menjadi bahan adonan dan dijemur. Adonan tadi, kemudian di bentuk dan kemudian di jemur lagi. 

Jika adonan sudah kering, maka adonan manco digoreng hingga mengembung. Kue Manco yang sudah matang diatasnya dilumuri gula dan ditaburi wijen atau kacang. Menurut masyarakat Madiun, makanan tersebut sudah ada sejak jaman kerajaan di Madiun. Kue yang satu ini sangat enak dan sering dijadikan oleh-oleh khas Madiun.

Baca Juga : 4 Tempat Pusat Oleh-Oleh Khas Madiun | Terbaik dan Terlengkap

7 Lempeng/Kerupuk Puli

Lempeng Puli


Lempeng/Kerupuk Puli merupakan makanan yang memiliki citra rasa yang gurih dan enak. Selain itu, kerupuk puli sendiri berbentuk persegi panjang atau bulat tak beraturan dengan warna kekuningan. 

Makanan yang satu ini sangat cocok jika di gabungan dengan makanan khas Madiun lainnya, yaitu Nasi Pecel.


8 Bluder Cokro

Kue Bluder Cokro Madiun


Bluder yang terkenal dan terenak sendiri di Kota Madiun adalah Bluder Cokro. Bahkan orang-orang dari luar Madiun, pasti membeli makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh. 

Selain itu, rasa yang disediakan Bluder Cokro cukup banyak. Apakah kalian tertarik dengan makanan yang satu ini?


Posting Komentar untuk "8 Makanan Khas Asli Madiun, Pendatang Wajib Tau!"