Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fakta Unik Kepulauan Cocos Yang Wajib Kalian Ketahui

Cocos island
Kepulauan Cocos

Mungkin dari Kalian yang membaca artikel ini baru tahu tentang keberadaan Kepulauan Cocos yang berada dekat sekali dengan negara kita. Namun apakah Kalian tahu, sebenarnya Kepulauan Cocos masuk di negara Indonesia ataukah masuk ke dalam wilayah negara lain? 

Nah dari sini, Kalian pasti penasaran sekali mencari informasi mengenai Kepulauan Cocos! Dari pada penasaran, kami akan memberikan info seputar fakta unik Kepulauan Cocos.



Apakah Kepulauan Cocos Milik Indonesia?

Walaupun Kepulauan Cocos berdekatan dengan wilayah Indonesia, akan tetapi fakta berkata lain, bahwa Kepulauan Cocos justru masuk ke pemerintahan Australia sebagai negara dependensi di Asia Tenggara.

Dependensi merupakan wilayah yang tidak dapat meraih kedaulatan atau kemerdekaan seperti layaknya sebuah negara.

Selain itu, dikutip dari situ wikipedia, bahwa Kepulauan Cocos terdiri dari 2 Atol dan 27 Kepulauan Koral.

Untuk penduduk di Kepulauan Cocos berjumlah sekitar 596 Orang (Dikutip Data Wikipedia Tahun 2009). Selain itu, untuk letak Pulau Cocos sendiri berada di tengah-tengah kawasan Samudra Hindia dan luas wilayahnya sekitar 14 km.

Mata uang di Kepulauan Cocos menggunakan Dolar Australian. Kode telpon di wilayah Kepulauan Cocos adalah +61. Ibukota dari Kepulauan Cocos yaitu berada di wilayah West Island.

Didominasi Keturunan Orang Jawa & Melayu

Wajah Orang Cocos
Source : iman787 blogspot

Jangan kaget jika Kalian menemukan banyak sekali orang-orang keturunan Jawa dan melayu. Sebab secara geografis, wilayah Kepulauan Cocos mirip sekali dengan pulau Jawa.

Selain itu, Kalian juga bisa menemukan budaya Jawa seperti "rewang", "mantenan", dan sebagainya. Untuk bahasanya pun mirip sekali dengan negara kita, atau lebih tepatnya kita kenal dengan sebutan melayu cocos. 

Sebab di Kepulauan Cocos atau Cocos Island, masih kental sekali akan budaya Jawa, bahkan banyak orang disana menggunakan Bahasa Indonesia 

Nama Jalan Di Kepulauan Cocos Cukup Unik

jalanan di pulau cocos

Jika Kalian amati di peta google maps, jalan di wilayah Ibu Kota Kepulauan Cocos sangatlah unik. 

Nama-namanya mirip dengan nama jalan di Indonesia, contohnya : Jln Melati, Jln Tanah Tinggi, Jln Bunga Mawar, Jln Sempit, Jln Rel, dan sebagainya.

Agama di Kepulauan Cocos (Cocos Island)

Fakta unik selanjutnya adalah seputar agama di Kepulauan Cocos. Mayoritas agama di Kepulauan Cocos yaitu Islam. Bahkan di sekitar wilayah Kepulauan Cocos terdapat bangunan masjid. 

Penemu Pertama Kepulauan Cocos

Fakta selanjutnya adalah mengenai penemu pertama Kepulauan Cocos. 

Perlu diketahui, pertama kali Kepulauan Cocos ditemukan oleh William Keeling. Seiring berkembangnya waktu, kepengurusan Kepulauan Cocos berpindah ke pemerintahan Australia.

Cara Menuju Pulau Cocos

Pernahkah Kalian berfikir, bahwa bagaimana sih, cara ke Kepulauan Cocos atau Cocos Island?

Umumnya, jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan wisatawan untuk menuju ke Pulau Cocos, diantaranya sebagai berikut,

Cara Pertama : 
Bandara Bali Indonesia - Bandara Pert Australia - Bandara Pulau Cocos/Cocos Island

Cara Kedua :
Bandara Bali Indonesia - Bandara Pert Australia - Bandara Pulau Natal/Christmas Island - Bandara Pulau Cocos/Cocos Island.


Menurut informasi yang ada, bahwa seminggu terdapat 2 kali penerbangan menuju pulau tersebut. Biasanya penerbangan dilakukan pada hari selasa dan jumat.

Untuk biaya menuju kesana, Kalian harus merogoh kocek sekitar belasan hingga puluhan juta. Untuk lebih lengkapnya, Kalian bisa mencari informasi tersebut di Youtube. 

Namun untuk berlibur kesini, pastikan Kalian menyiapkan berbagai syarat untuk menuju negeri orang seperti Visa dan dokumen lainnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari informasi di Google.

Banyak Tempat Wisata di Kepulauan Cocos

Pantai Kepulauan Cocos
Wisata Pulau Cocos

Fakta selanjutnya adalah bahwa Kepulauan Cocos memiliki belasan tempat wisata yang menakjubkan bagi para wisatawan mancanegara, diantaranya sebagai berikut :
  • Direction Island
  • Cocos Keeling Island Visitor Center
  • Scout Park
  • The Big Barge Art Centre
  • Pulu Keeling National Park
  • Cocos Dive Day Trips
  • Hingga Explore Holidays

Sekian pembahasan mengenai fakta unik kepulauan Cocos/Cocos Island. Semoga bermanfaat.