7 Mitos Jawa Yang Wajib Kamu Baca


Nah di Indonesia banyak memang tentang mitos - mitos dan cerita rakyat, khususnya di daerah Jawa. Banyak orang yang mempercayai dengan kehidupan di Jawa ini. Tapi, taukah kalian, banyak mitos yang mengandung makna tersembunyi yang wajib kalian ketahui guys. lantas apa saja Mitos Jawa yang terdapat makna tersembunyi?



1. Jika Kita Tidak Menghabiskan Makanan Sampai Habis Nanti Ayam Kita Akan Mati.



Mitos Jawa kali yang satu ini lumayan populer dikalangan anak-anak. Ternyata dibalik mitos ini ada makna yang tersembunyi yaitu kita diajarkan untuk memakan-makanan sampai habis supaya kita tidak menyia-nyiakan makanan atau membuangnya.

2. Jika Menyapu Tidak Bersih Maka Istrinya Akan Brewokan.

Mitos ini bertujuan bagi perempuan agar menyapu rumah dengan sungguh-sungguh hingga bersih dan tidak malas-malasan dirumah. menurut orang jawa perempuan dahulu senang menyukai laki-laki yang wajahnya bersih. brewokan pada masa itu menggambarkan hal-hal yang tidak bersih, jadi perempuan malas membersihkan rumahnya, maka kelak mendapatkan laki-laki malas membersihkan dirinya pula. 

3. Jika Makan Dipinggir Pintu Depan Rumah Maka Bakal Tidak Mendapatkan Jodoh. 

Nah kalau mitos ini cukup unik, tetapi ada loh makna yang tersembunyi kalau kita ketahui. Tujuan mitos kali ini agar seseorang makan di meja makan atau didalam rumah. Menurut jaman dahulu makan didepan rumah menggambarkan etika buruk ketika kita makan. Jadi kalau ada orang makan didepan pintu rumah dan dilihat orang yang sedang lewat dirumah kita maka akan memberi kesan jelek pada diri kita, makanya tidak punya jodoh.

4. Jangan Keluar Pada Waktu Magrib Nanti Kamu Diambil Setan.


Kalau ini pasti kalian pernah mendengar cerita kayak gini. Tujuan mitos kali ini bertujuan agar anak-anak tidak keluar rumah saat magrib, sebab waktu magrib digunakan beribadah dan waktu yang pas untuk kumpul keluarga.

5. Saat Hujan Dilarang Berdiri Didepan Rumah Supaya Tidak Tersambar Petir.

Umumnya pada waktu musim hujan anak-anak ingin bermain hujan, atau ingin melihat hujan. Tujuan mitos kali ini supaya anak-anak tidak bermain hujan-hujan diluar yang bisa mengakibatkan sakit dan tidak digigit nyamuk pada saat melihat hujan sehingga anak disuruh masuk didalam rumah. 

6. Jangan Tidur Di Masjid Nanti Akan Dipindahkan Di Kuburan atau Diatas Atap Masjid.

Umumnya masjid digunakan untuk tempat beribadah. Nah makanya kita tidak boleh tidur di masjid sebab kalau kita tidur terus ngiler di tempat masjidkan membuat sholat orang lain tidak sah. hahaha.

7. Dilarang Mengambil Makanan Sebelum Orang Lebih Tua.


Mitos Jawa ini juga mengajarkan kesopanan lo. Orang jawa mengangap, jika mendahului orang yang lebih tua berarti tidak sopan. Tujuan mitos kali mengajarkan agar anak-anak menghargai orang yang lebih tua loo.






Baca Juga : Fakta Unik Tentang Alam Semesta Yang Terungkap





Belum ada Komentar untuk "7 Mitos Jawa Yang Wajib Kamu Baca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel