Fakta Unik Tentang Alam Semesta Yang Terungkap

Fakta Alam Semesta

Ilmu astronomi sudah dipelajari manusia sejak ribuan tahun yang lalu, namun orang masih banyak yang belum tau tentang apa yang ada di alam semesta ini. hingga saat ini para astronom di dunia masih terus mengeksplorasi, mereka belajar demi menemukan lebih banyak pelajaran tentang bintang, planet, dan galaksi sedetail mungkin, meskipun beberapa proses masih tetap membingungkan. Misteri pasti akan terhapuskan karena itulah kerja sains, tetapi akan memakan waktu lama dalam mengungkapkan hal tersebut. berikut ini adalah fakta unik tentang astronomi.

1. Fakta Tentang Bintang Jatuh

Biasanya banyak sekali orang yang bilang kalau ada kilatan dilangit berarti terdapat bintang jatuh. Dalam hal astronomi itu bukanlah bintang jatuh. Lantas apa sih yang dimaksud bintang?. Bintang adalah bola gas super panas yang mengeluarkan cahaya, panas dan biasanya memiliki fusi yang terjadi di dalamnya.

Fenomena Bintang Jatuh

Nah kalau yang disebut sebut bintang jatuh oleh kebanyakan orang biasanya hanya partikel debu yang kecil yang jatuh melalui atmosfer bumi yang menguap karena gesekan panas dengan gas atmosfer. Hal itu disebabkan bumi terkadang melewati orbit komet. Saat komet berjalan mengelilingi matahari, komet meninggalkan jejak debu. Ketika bumi bertemu debu itu, bergerak menuju atmosfer bumi dan kemudian terbakar.

2. Fakta Tentang Planet Terdekat Dengan Matahari

Kalian pasti berfikir planet terpanas di galaksi kita adalah planet merkurius. Walaupun planet terdekat dengan matahari bukan itu lo jawabnya. Justru di planet merkurius memiliki suhu -280 derajat F di permukaannya.

Planet Merkurius

Bagaimana ini bisa terjadi? karena merkurius hampir tidak memiliki atmosfer, sehingga tidak ada panas yang terjebak di dekat permukaanya. Jadi sisi gelap merkurius (sisi yang menghadap jauh dari matahari) menjadi sangat dingin. Justru Venus lebih panas dari merkurius, meskipun jauh dari matahari. Ketebalan atmosfer menahan panas didekat permukaan planet.

Venus juga berputar sangat lambat pada sumbunya dibanding planet lainnya di tata surya. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di bumi. Bahkan lebih anehnya Venus berputar kebelakang pada sumbunya dibandingkan dengan planet lainnya di tata surya.

3. Fakta tentang Dark Energy dan Dark Matter.

Tahukah anda di alam semesta ini terdapat materi gelap 25% dari alam semesta dan materi normal mencapai 5%, dan bagaimana yang 70% lainya?. Para astronom berfikir bahwa sisanya adalah "energi gelap" yang cukup kuat menghancurkan seluruh alam semesta. Sementara materi gelap tampakanya menyatukan galaksi,dan energi gelap juga ingin mendorong semuanya menjadi terpisah. tahukah anda materi gelap itu apa? dan apakah itu energi gelap?. Materi gelap adalah materi yang tidak dapat dideteksi atau penyerapan radiasi yang datang ke materi tersebut, sedangkan energi gelap adalah energi yang mengisi suatu ruangan yang memiliki tekanan negatif yang kuat.

Teori Lubang Hitam

Kita semua tahu bahwa alam semesta sedang meluas, dan lebih cepat dari seharusnya, sehingga para ilmuan berfikir bahwa energi gelap adalah penyebabnya. Tapi dari mana energi gelap itu berasal?
beberapa percaya bahwa itu dihasilkan dari tabrakan antar partikel kuantum, tetapi tidak ada yang tahu pasti.

Baca Juga : 23 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Planet Venus.


Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Tentang Alam Semesta Yang Terungkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel