1001 Manfaat Pohon Jati Dalam Kehidupan Masyarakat.


Kalian pasti tidak asing mendengar pohon jati karena sering kalian temui di sekitar rumah anda atau di pinggir jalan. Mungkin anda memanggap pohon jati memiliki manfaat sedikit dalam kehidupan sehari-hari, ternyata pohon jati memiliki manfaat yang banyak loh yang perlu kalian ketahui. Nah berikut ini adalah manfaat kayu jati dalam kehidupan masyarakat.

(1) Sebagai Bahan Kerajinan.



Kayu jati saat ini memilki nilai jual yang sangat tinggi dan sangat mengutungkan jika benar-benar di manfaatkaan, salah satunya sebagai profesi pengrajin.  Pengerajin patung, pengerajin meja dan lainya adalah salah satu contoh sukses yang mampu meraup keuntungan dari hasil pengerajin kayu jati. Banyak yang sukses jika benar-benar memanfaatkan dengan penuh ketekunan. 

(2) Sebagai Bahan Bangunan.



Dalam membuat bangunan rumah, dibutuhkan bahan yang sangat kuat untuk membuat kualitas rumah yang bagus. Yah, kali ini pohon jati memilki kualitas kayu yang sangat kuat untuk dijadikan bahan bangunan yang mudah dan dapat ditemui di sekitar kita. Maka dari itu banyak yang memilih kayu jati digunakan sebagai bahan bangunan rumah dikalangan masyarakat. 

(3) Sebagai Bungkus Makanan.



Tahukah anda nasi jamblang dan nasi pecel, ternyata makanan ini menggunakan bungkus daun pohon jati. Selain mudah didapat bungkus pohon jati memilki ciri khas yang dapat membuat makanan menjadi lebih alami dan disukai banyak masyarakat sekitar. Hingga saat ini masih banyak penjual lainnya menggunakan bungkus daun jati untuk membungkus makanan. Apakah anda tertarik dengan yang satu ini? coba sekarang dirumah anda.

(4) Sebagai Pembakaran Ketika Memasak. 



Bagi ibu rumah tangga dalam kondisi ekonomi yang terbatas, rating kayu jati ini adalah solusinya. Bagaimana tidak, rating pohon jati sangat berguna dalam hal urusan masak-memasak selain itu, dapat mengurangi pengeluaran uang sehari-sehari. Biasanya pohon jati digunakan untuk memasak atau dijadikan kompor alami yang mudah didapat di sekitar kita. 

(5) Sebagai Pewarna Alami. 



Tentu banyak yang belum tahu tentang daun jati yang dijadikan sebagai pewarna alami dalam membuat batik. Warna yang dihasilkan pohon jati ini adalah warna merah kecoklatan pada batik. Tentu ini adalah terobosan baru bagi pengrajin batik untuk menghemat biaya yang dikeluarkan atau untuk menghemat anggaran yang dikeluarkan, sehingga daun jati berguna bagi masyarakat sekitar.  

(6) Sebagai Hiasan Rumah.

 


Rumah memang terasa hampa jika tidak terdapat hiasan yang dapat membuat orang yang memandang lebih nyaman. Namun tahukah anda bahwa kayu jati dapat dijadikan hiasan di rumah anda salah satunya adalah ukiran dan pajangan hiasan rumah yang dibuat dari bahan dasar kayu jati. Contoh : ukiran dinding, pigura foto, ukiran pada pintu dan lain-lain.  


Belum ada Komentar untuk "1001 Manfaat Pohon Jati Dalam Kehidupan Masyarakat. "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel