10 Kegunaan Pohon Jati Dalam Kehidupan Masyarakat

Konten [Tampil]
Kegunaan Pohon Jati Bagi Masyrakat


Pohon jati merupakan pohon sejenis penghasil kayu berkualitas tinggi yang masih bisa ditemui masyarakat hingga saat ini. Pohon jati dapat tumbuh di kawasan dengan curah hujan 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C. Selain itu, pohon jati bisa tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Dalam kehidupan masyarakat sendiri, pohon jati merupakan tanaman yang sangat berguna bagi masyarakat sekitar. Maka banyak masyarakat memanfaatkan pohon jati untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun apakah kalian tahu, apa saja kegunaan pohon jati dalam kehidup masyarakat, yuk simak informasi berikut ini.



1| Sebagai Bahan Pembuatan Rumah

Kayu yang dihasilkan dari pohon jati memang bermutu tinggi, sehingga banyak masyarakat yang menggunakan kayu jati untuk bahan pembangunan rumah.

Dari waktu ke waktu, harga kayu jati semakin meningkat yaitu berkisar 500 ribu - 1,5 juta per meternya. Selain itu, kayu jati bisa dijadikan dinding pada rumah yang indah dan tahan lama.


2| Untuk Membuat Jembatan Darurat

Jika terdapat jembatan putus di daerah pedesaan, terkadang kayu jati bisa dijadikan bahan alternatif dalam pembuatan jembatan darurat di pedesaan.

Karena memiliki bahan yang kuat, maka jembatan yang terbuat dari pohon jati bisa dilewati oleh berbagai kendaraan. Sehingga pohon jati bisa dijadikan sebuah solusi darurat di masyarakat.


3| Pembungkus Makanan

Tahukah kalian, ternyata daun pohon jati bisa digunakan sebagai pembungkus makanan loh. Hal ini disebabkan, karena daun jati memiliki bau wangi yang khas, sehingga apabila daun jati dijadikan sebagai pembungkus makanan, maka makanan tersebut akan terasa lebih nikmat dan sedap.

Selain bau yang khas dari daun jati, ternyata daun jati merupakan pembungkus makanan yang sehat. Hal ini bisa dilihat, jika makanan yang menggunakan pembungkus lainnya biasanya mengandung bahan kimia. Jika dicampur dengan dengan makanan, hal tersebut bisa membahayakan bagi kesehatan. Namun berbeda dengan daun jati, yang justru bisa menghindari makanan dari bahan kimia.

Tertarik dengan pembungkus makanan dari pohon jati? 


4| Digunakan Sebagai Kerajinan

Pohon jati dapat digunakan sebagai pembuatan kerajinan bagi masyarakat sekitar. Mulai dari akar hingga ranting pohon jati, semuanya bisa digunakan sebagai kerajinan yang memiliki seni tinggi bagi masyarakat. Tak heran jika pohon jati mendapatkan julukan sebagai pohon 1001 manfaat bagi kehidupan.

Kerajinan yang bisa dibuat dari pohon jati diantaranya meja ukir, lemari, hingga miniatur yang unik. Bahkan dari pengrajin tersebut memperoleh keuntungan ratusan dari hasil jualan kerajinan tersebut.


Baca Juga : 12 Fakta Unik dan Menarik Lebaran yang Ada Di Indonesia


5| Sebagai Bahan Lokomotif

Di jaman dahulu, ternyata kayu jati digunakan sebagai bahan bakar lokomotif uap. Karena pada jaman dahulu masih tidak secangih kereta sekarang. 

Sekarang ini, kereta lokomotif uap dengan bahan bakar kayu jati masih bisa dijumpai di pabrik gula khususnya didaerah jawa.


6| Dijadikan Media Pembelajaran

Selain memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat, ternyata di kehidupan pohon jati bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran atau penelitian bagi anak sekolah hingga mahasiswa.

Karena pohon jati sejatinya merupakan pohon yang dapat memiliki banyak manfaat yang tersembunyi dan memiliki keunikan yang jarang ada di pohon-pohon lainnya. Maka dari itu, pohon jati sangat cocok untuk media pembelajaran.


7| Pewarna Alami

Banyak yang belum mengetahui, jika daun jati bisa dijadikan sebagai pewarna alami bagi para pengrajin batik. Tentu ini merupakan terobosan yang sangat bagus bagi para pengrajin batik dalam menghemat bahan bakar.

Dengan memanfaatkan kandungan senyawa antosianin pada daun jati, nantinya akan menghasilkan pewarna alami yang tentu sangat aman bagi kesehatan bahkan lingkungan sekitar. 


8| Tempat Wisata

Jika memiliki hutan jati yang sangat luas, seseorang bisa mengunakan lahan tersebut sebagai tempat wisata. Karena pemandangan pohon jati yang indah dan udara yang sejuk, membuat pohon jati menjadi alternatif menjadi tempat wisata. Biasanya kawasan hutan jati ini bisa dijadikan sebagai desa wisata bagi masyarakat sekitar. Dengan begitu, nilai ekonomi di suatu desa tersebut akan meningkat.


9| Kompor Alami

Tahukah kalian, banyak masyarakat tertentu menggunakan ranting hingga kayu jati untuk dijadikan sebagai pembakaran untuk memasak. Umumnya, hal ini sering dilakukan oleh masyarakat pedesaan.

Memasak menggunakan bahan pembakaran ranting/kayu jati menjadi alasan dalam penghematan biaya bagi kehidupan masyarakat.


10| Sebagai Obat

Menurut penelitian yang ada, pohon jati bisa digunakan sebagai media pengobatan. Pengobatan tersebut diantaranya mengurangi gejala asma, mengobati cacingan, perawatan kulit, hingga mempercepat penyembuhan luka


Baca Juga : 1001 Manfaat Pohon Jati Dalam Kehidupan Masyarakat

Belum ada Komentar untuk "10 Kegunaan Pohon Jati Dalam Kehidupan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel