20 Fakta Aneh Tentang Planet Merkurius Yang Mengejutkan

Fact About Mercury

Siapa yang tidak kenal planet yang satu ini? ya tentu, ini adalah planet merkurius. Planet merkurius adalah planet yang menempati urutan pertama karena planet tersebut mempunyai jarak yang cukup dekat dari matahari dibandingkan dari planet-planet lainnya. Planet ini juga sangat sulit dilihat pada waktu tertentu dari bumi dengan menggunakan teropong. Kalian mungkin sangat ingin tahu tentang apa saja yang terjadi pada planet yang satu ini. Langsung saja, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai planet merkurius.

(1) Planet merkurius adalah planet yang terdekat dengan matahari dan terkecil dalam sistem tata surya kita.

(2) Setahun di planet kita atau bisa disebut bumi setara dengan 365 hari. sedangkan setahun di planet merkurius adalah 88 hari dan sehari disana sama dengan 176 hari di bumi.

(3) Planet ini mempunyai kecerahan berkisar di antara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak.

(4) Planet merkurius bisa dilihat atau diamati dari bumi, yaitu pada waktu magrib atau waktu subuh tanpa menggunakan teropong.

(5) Seperti yang terjadi pada bulan, permukaan merkurius menghadap ke matahari hampir sama atau tetap, ini disebut tidal locked namun ini tidak tetap karena hanya berotasi 3 kali samapai 2 orbit.

(6) Merkurius memiliki jarak 57,91 juta km dari matahari, sedangkan jarak 92 juta km dari matahari.

(7) Sinar yang memancar dari matahari ke merkurius 7 kali lebih besar dari bumi.

(8) Sejauh ini medan magnet merkurius lebih kecil dari bumi, yakni sekitar 1%. Namun faktanya, bahwa satu juta tahun planet merkurius mungkin memiliki medan magnet yang sangat kuat, bahkan mungkin sekuat medan magnet bumi.

(9) Kalian pasti mengira bahwa planet merkurius adalah planet terpanas di tata surya kita. Tapi faktanya planet merkurius memiliki suhu yang bervariasi. Pada saat siang hari suhu planet ini 427 derajat celcius dan pada malam hari suhu bisa menurun yakni -173.

(10) Terdapat kutub es yang ditemukan di planet merkurius yang terdapat di kutub bagian utara yang terhindar dari panas sinar matahari.

(11) Merkurius tidak memiliki atmosfer seperti bumi, ini yang membuat merkurius memiliki suhu yang bervariasi.

(12) Merkurius mudah sekali dihantam asteroid-asteroid, ini karena merkurius tidak memiliki atmosfer. Bentuk kawah-kawah yang berada di planet merkurius membuktikan bahwa planet ini pernah dihantam asteroid.

(13) Bulan yang sering kita lihat bisa dikatakan hampir sama dengan planet merkurius, ini terjadi karena merkurius memiliki diameter 4.879 km.

(14) Planet saturnus mempunyai bulan yang disebut Titan dan bulan yang berada di planet jupiter disebut Ganymede, keduanya ini lebih besar dari pada planet merkurius.

(15) Merkurius dan Venus merupakan planet yang tidak memiliki bulan di tata surya, ini dikarenakan kurangnya atmosfer dan cicin di planet tersebut.

(16) Dahulu planet pluto adalah planet terkecil, namun semenjak pluto dihapus dari nama-namap planet, merkurius menjadi planet terkecil di tata surya.

(17) Tahukah kalian Teleskop Luar Angkasa Hubble?, tentu ini adalah teleskop yang digunakan untuk mengidentifikasi jarak planet-planet dan planet yang hampir tidak terlihat. Tahukah mengapa planet merkurius jarang dilihat Teleskop Luar Angkasa Hubble?, Ini dikarenakan jarak palnet merkurius yang jaraknya dekat dengan matahari dan bila teleskop dihadapkan ke arah planet tersebut maka akan merusak optik dan elektronik pada teleskop tersebut.

(18) Ternyata jika kita berada di planet merkurius bisa mengurangi berat badan. Contoh : jika memiliki berat badan 100 kg, maka jika kita berada di merkurius bisa menjadi 38 kg. Hal ini terjadi karena gravitasi bumi lebih kuat dari pada gravitasi yang berada di merkurius.

(19) Planet merkurius adalah planet terpadat ke 2 setelah bumi yang tersusun dari logam dan batuan.

(20) Hanya terdapat 2 pesawat ruar angkasa yang pernah mampir ke planet mars yaitu Mariner 10 pada tahun 1974-1975 dan Messenger pada tahun 2004.

Baca Juga : 10 Fakta Gila Tentang Lubang Hitam (Black Hole).

Belum ada Komentar untuk "20 Fakta Aneh Tentang Planet Merkurius Yang Mengejutkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel