10 Fakta Gila Tentang Lubang Hitam (Black Hole)

Lubang Hitam


Black Hole atau Lubang Hitam, pasti kalian tidak asing mendengar tentang fenomena unik tersebut yang saat ini masih menjadi misteri bagi para ilmuan. Namun tahukah anda, ternyata lubang hitam memiliki gravitasi yang sangat kuat yang dapat menarik semua benda yang berada di dekatnya. Hingga saat ini manusia masih penasaran dan ingin tahu apa saja yang terjadi pada lubang hitam dan apa saja pengaruh bagi kehidupan di alam semesta. Setelah membahas banyak tentang lubang hitam, berikut ini adalah fakta menarik tentang lubang hitam yang wajib anda tahu.

1} Sejarah Lubang Hitam atau Black Hole.

Teori lubang hitam sangat populer ketika John Archibald Wheeler mengunakannya pada saat ceramah pada tahun 1967, Namun pertama kali teori ini diajukan pada abak ke-18 oleh John Michell dan Pierre-Simon Laplace, seiring berjalannya waktu teori ini dikembangkan oleh para astronom seperti Karl Schwarzschild pada tahun 1916.

2} Dahsyatnya Gravitasi Lubang Hitam.

Lubang hitam memang memiliki gravitasi yang sangat besar yang mampu mendistorsi ruang dan waktu di sekitarnya. Semakin kita berjalan di dekat lubang hitam maka semakin lambat pula waktu berjalan. Benda-benda yang berada di sekitar lubang hitam akan tersedot atau dihisap masuk dan tidak pernah bisa lepas.

3} 3 Lubang Hitam.

Lubang hitam yang hingga saat ini ditemukan adalah lubang hitam stellar, lubang hitam miniatur, dan lubang hitam super masif. Lubang hitam terbesar saat ini adalah lubang hitam supermasif yang terletak di jatung semua galaksi termasuk galaksi bima sakti. Sedangkan lubang hitam yang berukuran kecil adalah lubang hitam stellar, walaupun ukuran yang kecil namun massanya 3 kali lipat massa matahari.

Lubang Hitam

4} Bentuk Lubang Hitam.

Kita memang mengira bahwa lubang hitam berbentuk lubang, namun faktanya lubang hitam itu berbentuk seperti planet atau bisa dikatakan bulat dan yang sering kita lihat di gambar-gambar lainnya ternyata dipengaruhi oleh gaya gravitasi yang membuat mata kita seolah-olah berbentuk lubang.

5} Suara Lubang Hitam.

Menurut penelitian Science Advances ditemukan bahwa lubang hitam memiliki suara, hal ini terjadi ketika lubang hitam memakan benda yang berada di sekitarnya. Memang di ruang hampa gelombang suara tidak bisa merambat, namun penelitian menunjukan bahwa suara yang dihasilkan lubnag hitam seperti Tv atau Radio yang sedang konslet atau rusak.

6} Membuat Suatu Objek Memanjang.

Perlu kita ketahui bahwa lubang hitam ternyata terdapat fenomena yang sangat langka yang biasanya disebut Spaghettification yang mampu membuat benda-benda apapun memanjang bila berada di lubang hitam tersebut. Fenomena langka tersebut ada kaitannya dengan gaya kerja gravitasi dengan jarak.

Lubang Hitam

7} Tumbuh Tak Terhingga.

Lubang hitam ternyata dapat tumbuh dan memiliki kekuatan seperti layaknya superhero yang berada di film, kekuatannya di peroleh dari semua benda-benda atau materi yang dihisapnya sehingga membuat lubang hitam memiliki massa yang besar dan gravitasinya bertambah besar hingga seterusnya hingga tak terhingga. Itu tergantung materi atau benda-benda yang dihisap.

8} Lenyapnya Lubang Hitam.

Lubang hitam tenyata bisa mati layaknya seperti manusia, menurut proses Radiasi Hawking. Proses ini sangat simpel seperti hilangnya bagian per bagian dari lubang hitam atau bisa disebut radiasi thermal, seiring berjalannya waktu lubang hitam terus mengecil yang ahkirnya mengalami ledakan sangat besar, tapi lubang hitam memiliki massa yang sangat besar sehingga tidak memungkinkan kita untuk melihat ledakan tersebut.

9} Lubang Hitam Memiliki Accretion disk.

Acretion disk atau bisa yang disebut piringan akresi adalah struktur materi yang mengorbit benda yang sangat besar yang memiliki gravitasi besar. Ternyata fenomena Acretion yang memancarkan cahaya yang sangat terang dan memancarkan sinar X.

10} Banyaknya Lubang Hitam.

Ada 10 juta hingga miliaran lubang hitam yang ternyata suda diperkirakan oleh para astronom. Massa lubang hitam tersebut diperkirakan tiga kali massa matahari, di bima sakti.

Baca Juga : 22 Fakta Unik Terbaru Tentang Matahari.

Belum ada Komentar untuk "10 Fakta Gila Tentang Lubang Hitam (Black Hole)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel