10 Fakta Tentang Petir Yang Mencengangkan

Petir

Kalian pasti pernah mendengar suara yang sangat keras dan menggelegar ketika terjadi hujan di sekitar rumah kalian. Bahkan sampai takutnya, semua orang berlindung di dalam rumah. Dia yang kita bicarakan itu adalah petir. Petir bisa kita lihat pada umumnya pada saat terjadi hujan. Terdapat berita-berita yang memberitakan orang yang tersambar petir. Namun apakah kalian tahu ternyata banyak fakta yang belum kalian ketahui. Dari pada kalian penasaran berikut adalah fakta menarik tentang petir.

1 ]  Petir Membunuhmu


Tidak hanya rokok yang menyebabkan orang meninggal, Ternyata petir juga bisa. Petir memiliki kekuatan 15.000 sampai 20.000 derajat celcius. Bayangkan ketikan orang tersambar petir apa yang terjadi. Pasti kalian tidak ingin membayangkan hal tersebutkan. Untuk itu berhati-hatilah ketika terjadi hujan disertai petir. Perlu kita ketahui bahawa setiap tahun sekitar 2.000 orang mati meninggal akibat serangan petir.

]  Manusia Petir

Petir

Aneh tapi nyata, itu adalah kata-kata yang pas untuk kejadian yang unik ini. Ternyata ada beberapa orang yang masih hidup setelah tersambar petir. Bahkan terdapat orang-orang yang beberapa kali tersambar petir namun masih hidup. Contoh orang tersebut seperti Jim Lamey, Alexander Mandon, Bill Cowern, dan Walter Summerford. Namun, kalian di rumah jangan sekali-kali menantang petir atau ingin disambar petir karena itu sangat berbahaya.

]  Apa Definisi Petir ?


Petir bisa disebut kilat atau halilintar ini mempunyai arti kejadian-kejadian alam di saat langit memunculkan kilatan cahaya yang sangat silau yang terjadi ketika saat musim hujan atau ketika awan mendung. Petir terjadi karena tabrakan awan atau bisa terdapat aliran elektron panas yang jauh lebih panas dari permukaan matahari. 

4 ]  Kandungan Tersembunyi Halilintar


Banyak dari kalian pasti belum tahu, apa yang ada di dalam petir tersebut. Menurut ilmuan rusia yang mengemukakan pendapat bahwa di dalam petir terdapat muatan Neutron. Hal ini diketahui ketika, sebuah detector neutron mendeteksi bahwa ada peningkatan muatan neutron ketika badai mendekat dan melintasi alat detector tersebut.

5 ]  Manfaat Petir


Tidak hanya menyeramkan saja, ternyata petir juga memberi manfaat bagi kehidupan manusia lo. Manfaat yang dihasilkan antara lain menghasilkan sumber energi listrik, dapat membunuh kuman dan bakteri, dapat menyehatkan atau menyuburkan tanaman, dan berperan penting untuk lapisan ozon (O3).

6 ]  Badai Petir Ganas

Petir

Badai yang satu ini dapat membuat jantung kita berdebar-debar. Badai ini terjadi di seluruh dunia bahkan di kutub bisa terjadi badai petir. Badai yang sangat gila dengan kekuatan yang sangat besar ini pernah terjadi di Amerika Serikat tepatnya di Midwest. Namun dizaman yang modern terdapat alat penangkal petir yang sangat berguna bagi manusia. Tahukah kalian, ternyata penemu penangkal petir adalah Bejamin Franklin.

7 ]  Petir Menurut Sejarah


Menurut kepercayaan romawi kuno, Dewa Zeus adalah dewa langit dan petir. Selain itu Zeus merupakan rajanya segala dewa yang ada di kepercayaan romawi kuno tersebut.

8 ]  Kecepatan Yang Super Cepat


Tentu pada saat hujan, kita pasti pernah melihat kilatan petir yang sangat cerah. Kilatan tersebut mempunyai kecepatan yang sangat cepat yaitu 670.000.000 mph. Jika kita bayangkan butuh 55 menit untuk perjalanan dari bumi ke bulan.

9 ]  Energi Petir


Tidak hanya kilatan saja yang kita lihat, ternyata di dalamnya terdapat energi yang dihasilkan. Energi yang dihasilkan setara dengan menghidupkan lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan berturut-turut.

10 ]  Kilatan Gunung Berapi (Petir Vulkanik)

Petir


Fenomena ini terjadi akibat serpihan bebatuan, partikel abu, dan partikel es dalam tiang vulkanik saling bertabrakan sehingga memproduksi tegangan statis.

Baca Juga : 8 Fakta Mengejutkan Tentang Pelangi Terbaru 

Belum ada Komentar untuk "10 Fakta Tentang Petir Yang Mencengangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel