21 Fakta Unik Dan Menarik Planet Neptunus Terbaru


Neptunus merupakan planet yang cukup menarik untuk kita pelajari dan perlu kita ketahui. Planet yang menempati posisi terahkir ini, ternyata cukup indah jika kita amati karena warna yang unik dan tentu membuat kita ingin mempelajari apa saja yang ada di planet neptunus. Selain itu, ternyata planet neptunus memiliki satelit yang cukup banyak jika kita bandingkan dengan bumi. Dari pada kalian penasaran langsung saja, berikut adalah fakta unik dan menarik planet neptunus.

Planet Neptunus

1. Tahukah kalian, bahwa dahulu terdapat planet terjauh dari matahari yaitu planet pluto, seiring berjalannya waktu, pluto digolongkan sebagai planet katai dan akhirnya neptunus menjadi planet terjauh dari matahari hingga saat ini.

2. Neptunus menempati posisi ke delapan dari matahari setelah planet uranus.

3. Dengan warna biru yang memancarkan dari planet tersebut, uranus dinamai dewa air atau laut yang berasal dari kepercayaan Romawi Kuno.

4. Neptunus merupakan planet terbesar ke 4 di tata surya setelah uranus, sedangkan planet terbesar pertama adalah jupiter.

5. Planet tersebut ditemukan pada tanggal 23 september 1846, yang perlu anda ketahui ternyata planet neptunus ditemukan melalui prediksi matematika.

6. Neptunus ditemukan oleh Urbain Le Verrier dan Johann Galle.

7. Ternyata neptunus mempunyai gravitasi yang sangat kuat kedua di tata surya setelah jupiter.

8. Medan magnet yang dimiliki planet neptunus 27 jauh lebih kuat dari bumi.

Planet Neptunus

9. Untuk mengorbit matahari Neptunus membutuhkan waktu 165 tahun dan orbit neptunus berada pada jarak 4.450 juta km atau 30,1 SA.

10. Tak disangka-sangka ternyata planet neptunus memiliki cicin seperti yang dimiliki planet jupiter, sayangnya cicin yang dimiliki planet ini sangat redup.

11. Neptunus memiliki 14 satelit yang sangat menarik untuk diteliti. Bulan terbesar yang dimiliki planet neptunus adalah Triton sedangkan bulan terjauh adalah Nereid.

12. Bulan ke 14 neptunus ditemukan pada tanggal 1 juli 2013.

13. Jika kita berada di planet neptunus, kita akan merasakan suhu yang sangat dingin karena suhu disana berkisar -214 derajat celcius sampai -353 derajat celcius.

14. Satu hari di bumi membutuhkan waktu 24 jam, sedangkan di neptunus membutuhkan 16 jam perhari. Hal tersebut terjadi karena rotasi dari planet neptunus sangatlah cepat.

15. Karena jaraknya yang jauh, neptunus tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, jika kita ingin mengamati dari bumi.

16. Usia Neptunus ternyata sama dengan usia matahari yaitu 4,5 miliar tahun.

17. Sejak ditemukan pada tahun 1846, neptunus sudah menyelesaikan satu kali orbit terhadap matahari pada 11 juli 2011.

Planet Neptunus

18. Tahukah kalian, awan atas neptunus memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Tentu ini fenomena yang sangat unik, bahkan ilmuan tertarik untuk memahami, bagaimana bisa planet yang dingin ini mempunyai awan yang sangat cepat. Di neptunus juga terdapat awan yang bergerak setiap 16 jam, Awan ini disebut Scotter.

19. Neptunus memiliki badai yang sangat kuat yang bernama Great Dark Spot, badai tersebut terjadi di atmosfer selatan neptunus. Selain itu terdapat bintik kecil di dekat Dark spot, badai ini bernama Wizard's Eye yang merupakan badai intensif kedua di planet neptunus.

20. Atmosfer di planet neptunus terdiri dari hidrogen, helium, dan metana.

Planet Neptunus

21. Sampai sekarang hanya ada satu pesawat luar angkasa yang menjelajahi neptunus untuk mengambil data-data yang penting, peswat tersebut bernama Voyager 2.

Baca Juga : 22 Fakta Unik Dan Menarik Planet Uranus

Belum ada Komentar untuk "21 Fakta Unik Dan Menarik Planet Neptunus Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel