10 Misteri Dan Mitos Tentang Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung paling tertinggi di pulau jawa, selain itu gunung tertinggi ini menjadi favorit bagi para pendaki. Semeru memiliki ketinggia 3.676 mdpl. Pemandangan dari puncak semeru sangatlah indah dan manajubkan. Namun siapa sangka ternyata gunung semeru memiliki cerita misteri dan mitos yang sangat menegangkan untuk kita baca. Dari pada kalian penasaran langsung saja kita bahas di bawah ini.


1. Penampakan Dewi Misterius Di Ranu Kumbolo


Di gunung semeru terdapat danau yang biasanya disebut Ranu Kumbolo. Disamping danau tersebut terdapat dataran yang sangat luas dan biasanya dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi para pendaki. Namun menurut cerita yang beredar, banyak para pendaki yang sedang beristirahat melihat sesok wanita misterius yang mengejutkan bagi para pendaki. Wanita itu sering muncul saat bulan purnama dan pakaian yang dikenakan yaitu kebaya warna kuning.

Banyak masyarakat yang berpendapat, jika wanita misterius itu adalah Dewi yang sedang menjalankan tugasnya untuk menjaga atau menunggu danau Ranu Kumbolo. Kumunculannya biasanya diawali dengan kepulan asap atau kabut.

2. Memancing Ikan Mas


Ikan Mas memiliki cita rasa yang khas dan sangat enak kalau dimakan. Ettts, jangan senang dulu, sebab terdapat larangan memancing ikan mas yang berada di danau ranu kumbolo. Sebab, menurut cerita masyarakat bahwa ikan mas disini adalah jelmaan dari para dewi yang bertugas untuk menjaga dan melindungi danau Ranu Kumbolo. Benar tidaknya cerita ini masih menjadi perbincangan bagi para pendaki, karena masih banyak pendaki yang tetap memancing.

3. Mitos Tanjakan Cinta Yang Membuat Hati Berbunga-bunga

Gunung Semeru

Tanjakan ini sangatlah panjang dan medannya tidak terlalu terjal, namun tanjakan yang menarik ini dapat membuat badan terasa pegal-pegal. Mitos berbicara, jika seseorang berhasil melewati tanjakan tanpa berhenti dan tanpa menoleh kebelakang sedikitpun maka permohonan cintanya akan menjadi kenyataan. Tentunya tanjakan ini sering membuat para jomblo merasa bersemangat.

4. Juru Kunci Semeru Sebenarnya


Masyarakat sekitar gunung semeru terutama bagi para pendaki pasti kenal dengan juru kunci semeru yaitu mbah Dipo. Namun sekarang mbah Dipo sudah meninggal dunia. Konon juru kunci mempunyai kelebihan bisa mendengar pesan dari gunung ketika akan terjadi becana yang sangat menakutkan. Selain itu terdapat cerita yang sangat menarik dari masyarakat sekitar, Jika terjadi letusan gunung semeru larilah ke arah sungai janganlah kalian lari ke arah Gunung Sawur.

5. Kawasan Kelik

Gunung Semeru

Menurut kalangan masyarakat, kelik adalah kawasan atau tempat batu kenangan (in memoriam) yang menandakan bahwa di semeru terdapat orang meninggal. Salah satu batu yang banyak dikenal yaitu milik Soe Hok Gie.

Hal yang membuat bingung para pendaki disini adalah, kerap terjadinya kesurupan yang tak terduga dan membuat suasana hati menjadi berdebar-debar. Menurut cerita yang beredar, kesurupan itu terjadi akibat dirasuki roh manusia atau roh binatang.

6. Misteri Arcopodo


Kawasan Arcopodo sering sekali digunakan para pendaki untuk beristirahat karena tempatnya yang luas. Menurut cerita yang ada, konon terdapat 2 patung prajurit yang diduga berasal dari kerajaan majapahit, namun patung ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang atau tak kasat mata dan hanya orang tertentu yang bisa melihat misteri ini. Arcopodo juga memiliki arti dua penjaga atau bisa disebut dua arca. Menurut para kesaksian, ukuran patung seukuran anak kecil tetapi ada juga yang melihat patung itu seukuran raksasa.

7. Gunung Semeru Dan Gunung Agung


Gunung Semeru tenyata ada kaitannya dengan Gunung Agung, Menurut masyarakat bali gunung semeru merupakan bapak gunung agung. Tidak hanya itu, masyarakat bali sering melakukan upacara ritual atau sesaji kepada dewa-dewa yang berada di gunung semeru. Upacara ini dilakukan setiap 8-12 tahun sekali jika masyarakat bali mendengar menerima suara ghaib dan dewa dari gunung semeru.

8. Puncak Mahameru

Gunung Semeru

Puncak mahameru adalah puncak gunung semeru sekaligus puncak pulau jawa. Menurut kepercayaan zaman dahulu bahwa puncak tersebut merupakan tempat bersemayannya para dewa. Kono jika ingin mendengarkan suara-suara para dewa, seseorang harus bersemedi dahulu di puncak gunung semeru tersebut.

9. Jalur Danger


Jalur ini sangat ditakuti bagi para pendaki, sebab jalur ini sering memakan korban. Jalur berbahaya ini biasa disebut dengan jalur blank 75 karena jalur ini memiliki jurang yang sangat curam dengan kedalaman rata-rata 75 meter. Untuk itu para pendaki harus berhati-hati saat melewati jalur berbahaya ini.

10. Legenda Gunung Semeru


Menurut kepercayaan masyarakat Jawa Kuno, dahulu pulau jawa terombang ambing di lautan lepas, kemudian para dewa memakukan pulau jawa dengan memindahkan gunung meru di india ke atas pulau jawa. Menurut kitab kuno tersebut, bahwa dewa wisnu berubah menjadi kura-kura yang bertugas untuk mengendongnya, sedangkan Dewa brahma menjadi seekor ular yang melilitkan badannya ke gunung tersebut.

Fakta : 8 Misteri Dan Mitos Gunung Wilis Yang Ternyata..........

Belum ada Komentar untuk "10 Misteri Dan Mitos Tentang Gunung Semeru "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel