9 Misteri Dan Mitos Gunung Wilis Yang Ternyata..........


Gunung Wilis merupakan gunung yang terletak diantara 6 kabupaten yang berada di provinsi jawa timur. Ketinggian gunung tidur ini terletak di ketinggian 2.552 mdpl, yang pasti sangat cocok untuk para pendaki. Namun, banyak yang belum tahu tentang keberadaan gunung wilis yang indah ini. Gunung wilis memiliki kawasan yang masih asri atau belum banyak untuk dikunjungi banyak orang.

Tahukah kalian ternyata gunung wilis terdapat cerita misteri atau cerita mistis yang membuat anda penasaran sekaligus membuat jantung anda berdebar-debar. Berikut adalah misteri gunung wilis yang wajib kamu ketahui.

1. Ular Penjaga Gunung Wilis


Menurut cerita yang ada, kono terdapat ular yang sangat besar berkeliaran di sekitar gunung wilis. Anehnya, Ular ini tidak bisa dilihat sembarang orang atau tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Ular ini sering berjalan di sekitar lereng sampai puncak gunung. Ular tak kasat mata ini, dianggap sebagai penjaga gunung wilis.

2. Misteri Goa Tak Kasat Mata

Sungguh aneh jika mendengar cerita yang satu ini, karena menurut cerita masyarakat yang ada, terdapat goa gaib yang membuat bulu kita merinding. Konon goa gaib yang memiliki nuansa mistis ini terletak di antara dua air terjun. Namun di goa tersebut, terdapat seseorang yang sedang bertap atau bersemedi. Seseorang tersebut seperti laki-laki yang menyerupai seekor munyuk atau monyet dengan wajahnya yang hitam. Seperti halnya ular wilis tadi, Goa gaib dan seseorang tersebut hanya dapat dilihat dengan orang tertentu dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata.

3. Sesosok Putri Misterius


Digunung wilis terdapat sesosok putri yang kono berasal dari kerajaan mataram. Kesaksian ini banyak dilihat dari warga setempat, dimana putri misterius itu memakai pakaian yang menyerupai kerajaan mataram. Pada saat menampakan dirinya sesosok putri tersebut memakai jarik dengan menggunakan motif coklat muda dan ada motif kain klitik kuning gading. Konon pakaian tersebut hanya digunakan para bangsawan atau putri yang berasal dari kerjaan mataram.


4. Kisah Ki Ageng Ngaliman


Ki Ageng Ngaliman adalah pendiri padepokan sadepok di kawasan puncak gunung wilis. Pembangunan padepokan tersebut dilakukan pada zaman penjajahan belanda. Di padepokan tersebut Ki Ageng Ngaliman melatih para muridnya, termasuk juga dengan pelatihan mental, fisik, dan pelatihan spiritual. Pelatihan ini dilakukan guna melawan para penjajah yang telah ikut campur dengan urusan kerajaan surakarta.

5. Jendral Sudirman


Pada saat melakukan perlawanan pada penjajah di yogyakarta, ternyata Jendral Sudirman memakai jalur perjalanannya di gunung wilis pada tanggal 11 Maret. Jalur yang dilewati berada di tempat pendakian kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

6. PKI


Lereng Gunung Wilis merupakan saksi peristiwa PKI yang sangat menyeramkan bagi masyarakat sekitar pada zaman dahulu. Sejarah yang menyeramkan itu telah diabadikan dengan bagunan monumen kresek yang berada di Kabupaten Madiun. Bila mengunjungi monumen tersebut, kalian akan merasakan kejadian-kejadian peristiwa PKI seperti zaman dahulu.

7. Tarzan Di Gunung Wilis


Tidak hanya di film saja, ternyata di gunung wilis terdapat manusia tarzan. Manuisa tarzan itu bernama samidi warga kecamata wungun, Madiun. Samidi sangat senang berkeliaran di hutan sehingga dijuluki warga sekitar sebagai manusia tarzan di lereng gunung wilis.

8. Bangunan Mirip Candi


Penemua bangunan mirip candi di lereng gunung wilis membuat heboh warga sekitar. Bangunan ini diperkirakan memiliki panjang 10 meter dan lebar 9 meter atau seukuran Candi Ngentos. Penemuan tersebut berada di kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

9. Terciptanya Manusia Jawa Kuno

Dalam literatur kalsik jawa, ternyata Gunung Pawinihan atau biasa kita sebut Gunung Wilis memiliki peran penting dalam terciptanya manusia jawa kuno. Pengambaran ini bersumber dari  Jagad Gumelar – Manusia Tercipta yang di tulis oleh Agung Bimo Sutejo dan Timmy Hartadi. Berikut kisahnya.

  Adalah Sang Hyang Batara Brama yang pertama kali menciptakan manusia, diambil dari tanah dan dibuat dengan kepalan tangannya, karena Sang Hyang Batara Brama adalah Dewa Api maka wujud manusia yang dibuat terlalu gosong, makanya kemudian disebut dengan Bangsa Keling. Proses penciptaan manusia pertama itu terjadi di daratan Jawa di Gunung Bromo, dan manusia yang diciptakan saat itu suhunya sangat panas untuk tinggal di dataran rendah sehingga mereka hanya dapat hidup di ketinggian yang suhunya lebih dingin.
  Kemudian Sang Hyang Batara Wisnu juga menciptakan manusia dan terwujudlah sosok manusia yang lebih baik dan sempurna [seperti manusia sekarang ini], kejadian itu masih di daratan Jawa di Gunung Pawinihan [sekarang Gunung Wilis]. Tetapi saat itu manusia ciptaan Sang Hyang Batara Wisnu kondisi suhunya masih sama karena hanya mampu tinggal di tempat dingin. Manusia ciptaan itu menjadi rebutan dari para Hapsara dan Hapsari untuk dimomong oleh mereka.
     Maka diaturlah agar manusia mempunyai keturunan dulu dan kemudian anak-anak mereka langsung di bawa oleh para Hapsara dan Hapsari untuk kemudian wajahnya dibentuk sesuai dengan wajah dari para Hapsara dan Hapsari yang memomongnya. Hal ini dilakukan agar Arcapada dapat dipenuhi oleh manusia untuk keseimbangan alam semesta.

Baca Juga : 7 Misteri Dan Mitos Gunung Lawu, Bikin Kamu Geleng-Geleng

Belum ada Komentar untuk "9 Misteri Dan Mitos Gunung Wilis Yang Ternyata.........."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel