7 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Awan Di Dunia

Awan

Jika kita membahas langit tentu tidak lengkap kalau kita belum membahas awan. Awan bagaikan pelengkap langit yang selalu menghiasi siang dan malam. Massa yang memiliki warna putih ini, setiap hari kita jumpai walaupun kita tidak bisa menyentuhnya. Tahukah kalian, awan memiliki keunikan yang tersembunyi dan tentunya sangat menarik untuk kita ketahui. Dari pada kalian penasaran, berikut fakta tentang awan yang unik dan menarik.

1. Tanda-Tanda Warna Gelap


Awan identik dengan warna putih, Jika berwarna gelap maka tanda-tanda akan turun hujan. Tapi bukan berarti kalau awan sedang mendung akan terjadi hujan, bisa terjadi awan itu hanya lewat tertiup angin. Berikut penjelasan mengapa awan bisa berwarna gelap.

Di dalam awan terdapat uap air yang mempengaruhi warna awan. Jika uap air terdapat di awan sedikit maka uap air tersebut memantulkan sinar matahari sehingga awan yang terjadi berwarna putih atau terang. Namun, Jika uap air di awan sangat banyak, maka yang terjadi uap air menyerap cahaya matahari dan mengakibatkan awan berwarna gelap.

Biasanya awan yang gelap atau biasa kita sebut awan mendung ini biasanya siap menjadi hujan. 


2. Bentuk Awan


Awan


Tentu kali ini kita jarang membahas, apa sih bentuk awan sebenarnya. Awan sebenarnya memiliki 3 bentuk yang berbeda-beda yaitu kumulus, strartus dan cirrus. Kumulus memiliki arti kecil jika dilihat dengan mata telanjang seperti kapas kecil kecil.

Sedangkan stratus memiliki bentuk awan bergumpal yang cukup unik jika kita lihat dan cirrus memiliki bentuk awan yang bertingkat yang dapat diamati ketika awan tersebut bergerak diatasnya juga terdapat awan lagi yang cukup unik.

Nah, jadi awan yang sering kalian lihat itu ternyata mempunyai nama yang jarang kita ketahui.

3. Kok bisa?


Awan bisa bergerak dikarenakan awan memiliki massa yang dapat dilihat dan didalamnya memiliki uap air yang sangat ringan sehingga awan dapat di tiup angin dan berpindah tempat.

4. Fenomena Lukisan Awan


Awan
https://www.brilio.net/wow/15-awan-ini-bentuknya-sangat-aneh-pertanda-apa-ya-1604256.html

Tak hanya manusia, awan juga bisa menggambarkan atau melukiskan fenomena yang cukup unik untuk kita ketahui. Banyak fenomena lukisan awan ini tertangkap kamera dan membuat gambaran yang bermacam-macam. Gambaran tersebut bisa berbentuk manusia, hewan, bentuk benda dan masih banyak lagi. bagi kalian yang melihat fenomena tersebut tentu kalian sangat beruntung.

5. Awan Dan Kabut 

Awan


Kalian pasti bertanya, "apakah awan dan kabut berbeda?", tentu berbeda. Jika dilihat dari arah geraknya awan selalu bergerak mengikuti arah angin dengan kecepatan tertentu, sedangkan kabut bergerak secara konstran dengan kecepatan yang lambat dari awan. Ada juga perbedaan lainnya yaitu ketinggiannya. Jadi kesimpulannya bahwa kabut menyentuh tanah sedangkan awan tidak.

6. Proses Terbentuknya Awan 


Penguapan air dilaut, sungai, dan danau menguap yang disebabkan oleh panas matahari. Penguapan tersebut naik dan mulai berkondensasi membentuk kembali butiran-butiran air. Butiran-butiran air tersebut yang berada di langit akan menjadi awan.

7. Awan Putih

Awan

Putih merupakan warna yang khas yang dimiliki oleh awan. Ternyata warna putih ini disebabkan oleh uap air yang berubah menjadi kristal es menyebar yang berukuran sangat besar sehingga dapat menghasilkan cahaya yang terdiri dari 7 gelombang. gelombang tersebut memiliki warna MEJIKUHIBINIU (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu). 7 gelombang tersebut menghasilkan satu warna yaitu putih. Maka dari itu warna awan identik dengan warna putih.

Baca Juga : 8 Fakta Mengejutkan Tentang Pelangi Terbaru 

Belum ada Komentar untuk "7 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Awan Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel