5 Misteri Dan Mitos Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung yang masih aktif hingga sekarang ini dan sangat berbahaya di Indonesia. Tercatat bahwa Merapi sudah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548. Gunung ini memiliki ketinggian 2930 mdpl dan letaknya berada di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ternyata Gunung yang berada di tengah-tengah pulau jawa tersebut, mempunyai cerita misteri dan mitos yang cukup menarik untuk kita bahas, untuk itu langsung saja kita bahas di bawah ini.

1 | Pasar Tak Kasat Mata

Menurut cerita yang beredar, di bawah puncak gunung terdapat pasar tak kasat mata atau biasanya orang-orang menyebut Pasar Bubrah. Menurut kepercayaan masyarakat, siapa saja yang datang atau melewati pasar bubrah supaya menjaga ucapannya dan berperilaku sopan sebab jika itu dilanggar, maka mahkluk ghaib yang berada disana akan mencelakai orang tersebut bahkan membawanya ke alam lain (alam ghaib).

Menurut cerita orang yang pernah melewati pasar bubrah tersebut, terdapat suara-suara aneh di sekitar tempat itu dan suara tersebut sangat ramai dan tentu seperti aktivitas pasar. Keadaan pasar bubrah cukup datar dan didominasi dengan bebatuan-bebatuan sisa letusan terdahulu.

2 | Penampakan Batu Mahkluk Asing

Gunung Merapi

Peristiwa letusan gunung merapi pada tahun 2010 menyebabkan batu-batu di gunung menerjang pemukiman warga sekitar. Namun, diantara batu yang tersebut, terdapat batu aneh seperti wajah Alien. Hingga saat ini batu tersebut tidak bisa dijelaskan oleh masyarakat sekitar dan tetap hingga menjadi misteri. Batu yang misterius itu, kini telah menjadi objek daya tarik masyarakat.

3 | Lukisan Petruk di Atas Gunung Merapi

Gunung Merapi

Lukisan awan di atas gunung merapi kala itu menggambarkan wajah petruk. Fenomena tersebut terjadi sebelum gunung merapi meletus pada tahun 2010. Menurut cerita yang beredar, konon jika terdapat mbah petruk menampakan diri maka gunung merapi akan meletus. Percaya atau tidak, hal itu telah terjadi dan tidak dapat dijelaskan dengan nalar manusia biasa.

4 | Tradisi Kraton 

Gunung Merapi
http://www.misterifaktadanfenomena.com/

Menurut cerita masyarakat dahulu, konon Sultan Agung meminta batuan pada Ratu Pantai Selatan untuk menolong tentang masalah kejayaannya. Namun, itu ada syaratnya yaitu keturunan kesultanan harus memberikan sesaji dan penghormatan secara turun-temurun. Hal itu bisa dilihat, Sri Sultan Hamengkubuwono selalu menjalankan ritual selamatan setahun sekali di sekitar Merapi. Percaya atau tidak tergantung pada kalian yang membaca.

5 | Gunung Wutoh 

Gunung Wutoh diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat yang cukup angker untuk dikunjungi. Menurut cerita yang ada gunung wutoh dijaga oleh mahkluk tak kasat mata bernama Nyai Gadung Melati. Nyai Gadung Melati adalah pemimpin keraton merapi dan mempunyai tugas untuk melindungi hewan dan lingkungan dikawasannya. Terkadang Nyai Gadung Melati sering menampakan dirinya di dalam mimpi penduduk sekitar dengan memakai pakaian berwarna hijau dan melati. Jika mimpi itu terjadi esoknya ada letusan terjadi di gunung merapi. Percaya atau tidak ini hanyalah mitos dan misteri masyarakat.

Dari artikel diatas, misteri dan mitos itu tergantung pada kalian yang mempercayai atau tidak, tapi intinya kita harus berfikir postif dan mengambil setiap pelajaran dibalik sebuah peristiwa yang terjadi. 


Baca Juga : Misteri Dan Mitos Gunung Wilis

Belum ada Komentar untuk "5 Misteri Dan Mitos Gunung Merapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel