7 Fakta Meteor Terbesar Yang Pernah Jatuh Ke Bumi

Meteor Jatuh

Meteor merupakan penampakan jatuhnya meteoroid ke atmosfer yang biasanya kita sebut bintang jatuh. Tahukah kalian, bahwa jagat raya ini sangat luas dan memiliki objek-objek yang banyak. Tidak heran, kalau penampakan meteorid juga bisa dilihat oleh manusia. Meteor sering kali menghantam bumi, namun kebanyakan meteor tersebut habis terbakar ketika melewati atmosfir.  Tetapi fenomena meteor yang satu ini berbeda, yaitu meteor yang pernah jatuh ke bumi. Berkut adalah fakta mengenai meteor yang pernah jatuh ke bumi.


1 Vredefort

Meteor Jatuh

Terdapat kawah yang berada di Afrika Selatan yang memiliki diameter sekitar 300 km. Diperkirakan kawah ini merupakan pembentukan dari tabrakan meteor yang sangat besar yang terjadi empat miliar tahun yang lalu. 

2 Willamette

Meteor Jatuh

Willamette merupakan salah satu meteorit terbesar di dunia yang berada di Museum Sejarah Alam Amerika di New York. Meteor willamette memiliki berat 15.000 Kg dan diklarifikasi sebagai meteorit besi tipe III. Peneliti memperkirakan bahwa meteorit ini jatuh di Kanada atau Montana. Penemu batu meteorit willamette bernama Ellis Hughes.

3 Mbozi

Mbozi atau kimondo ditemukan oleh para peneliti pada tahun 1930. Meteorit ini memiliki tinggi 1 meter, panjang 3 meter, dan diperkirakan memiliki berat mencapai 25 Ton. Tidak ada bekas kawah yang terjadi ketika jatuh ke bumi. Batu Meteorit Mbozi bisa kalian lihat di Tanzania.

4 | Sudbury

Menurut para peneliti bahwa sejak 1,8 miliar tahun yang lalu bahwa cekungan yang berada di sudbury terjadi akibat hataman meteorid. Akibat hataman tersebut cengkungan yang berada di sudbury memiliki luas sekitar 130 kilometer dan termasuk kawah terbesar setelah Vredefort.

5 | Bacubirito

Meteor Jatuh

Batuan meteor yang pernah menghantam bumi terjadi di meksiko dengan mempunyai berat 20 ton. Dalam sepanjang sejarah penemuan meteorit merupakan penemuan terbesar di meksiko.

6 | El Chaco

Meteor yang pernah mendarat di bumi dengan membentuk kawah seluas 60 meter merupakan fenomena langka terjadi di bumi. Batu meteor El Chaco dijuluki sebagai batu meteor kedua terbesar di dunia. Selain itu, batu ini memiliki berat 37 Ton yang membuat was was jika kita tertimpa batu tersebut.

7 | Hoba

Meteor Jatuh

Berada di Namibia, Meteorit yang mempunyai berat 60 ton ini merupakan meteorit yang diperkirakan jatuh sejak 80.000 tahun yang lalu. Dari dahulu hingga sekarang batu ini tidak biasa dipindahkan, hingga saat ini batu meteorit mempunyai panjang 6,5 meter persegi.

Baca Juga : Mengungkap Fenomena Menarik Tentang Alien

Belum ada Komentar untuk "7 Fakta Meteor Terbesar Yang Pernah Jatuh Ke Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel