6 Fakta Menarik Astronot Yang Jarang Kamu Katahui

Astronot

Antariksawan atau biasa kita sebut astronot merupakan seseorang yang telah menjalani latihan untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa dalam misi atau program penerbangan antariksa. Astronot sangat berjasa dalam mengembangkan ilmu astronomi, supaya kita tahu bahwa diluar bumi terdapat hal-hal baru yang belum diketahui manusia. Lebih dari 32 Negara sudah mengirimkan astronot ke luar angkasa, tentu ini membuktikan bahwa di luar bumi sana sangat menarik untuk di pelajari. Untuk lebih lanjutnya, berikut fakta-fakta mengenai astronot yang cukup menarik untuk kita ketahui.

1| Fakta Tentang Astronot di Dunia

Astronaut

Banyak sekali negara-negara yang telah mengirimkan astronotnya dalam misi penerbangan antariksa, lebih dari 32 astronot dikirim ke luar angkasa. Hingga April 2007, tercatat sembilan belas astronot telah tewas dalam misi perjalanannya dan setidaknya sepuluh astronot meninggal dalam kecelakaan latihan darat. Untuk itu jika kalian ingin menjadi astronot, persiapkan dirimu ya guys (Sumber Wikipedia).

Tak lengkap jika kita tak membahas astronot pertama di dunia yang lebih dulu mencicipi indahnya pemandangan di luar angkasa. Manusia pertama kali melihat dan merasakan  keindahan di luar angkasa yaitu bernama Yuri Gagarin dengan menggunakan pesawat luar angkasa bernama Vostok 1 pada tanggal 12 April 1961. Etts... tunggu dulu, ternyata terdapat astronot wanita lo, wanita pertama ke luar angkasa pertama bernama Valentina Vladimirovna Tereshkova menggunakan pesawat luar angkasa Vostok 6. Yang satu ini tidak kalah keren namanya, dan kalian pasti tahu. Ya dia adalah Neil Armstrong, manusia pertama sekaligus astronot pertama yang pernah menginjak kakinya di bulan. Bayangkan jika kalian yang kesana, apa jadinya ya...... hahahaha.

2| Nama-Nama Panggilan Antariksawan

Antariksawan atau yang kita kenal astronot merupakan bahasa yang sering kita gunakan sehari-hari untuk manusia yang sedang berada di luar angkasa. Tahukah kalian, ternyata sebutan astronot berbeda lo dengan kita, negara manakah itu? 

a. Astronot : Biasanya yang kita kenal ternyata merupakan panggilan untuk antarikasawan di negara Amerika.
b. Kosmonot : Panggilan antariksawan di negara Uni Soviet maupun Rusia.
c. Taikonot : panggilan tidak resmi untuk antariksawan oleh Republik Rakyat Tiongkok.
d. Spasionot : Panggilan ini biasanya berada di negara oleh Prancis.
e. Angkasawan : panggilan ini digunakan di negara Malaysia.

3| Syarat Umum Menjadi Astronot

Di dunia ini terdapat sejumlah tempat dimana kalian bisa mendaftar menjadi astronot, salah satunya adalah perusahaan asal Amerika yaitu Nasa yang hingga saat ini masih menjadi perusahaan terbesar dan terfavorit. Siapa yang ingin jadi astronot, ternyata ada syaratnya lo, apakah kalian tertarik untuk menjadi astronot? yuk kita baca syarat umumnya.

a. Patang  Menyerah
Hal yang perlu kalian ketahui untuk menjadi astronot yaitu mempunyai jiwa pantang menyerah. Banyangkan di luar sana, banyak calon-calon astronot yang sudah putus asa, karena astronot yang dibutuhkan di seluruh dunia sangatlah sedikit. Dilihat dari 2016, ada sekitar 18.300 orang yang melamar ke NASA agar dapat mendapatkan beberapa tempat disana. Prosedur aplikasi NASA tidak hanya mengadakan untuk menemukan orang-orang yang berkualitas, tetapi mereka dibuat sedemikia sulit untuk membatasi pelamar pada jumlah yang dapat dikelola, maka dari itu kalian harus unggul dalam segala hal.

b. Syarat Khusus
Jika kalian ingin menjadi astronot kalian harus menguasai akademis dan fisik. Secara akademis kalian harus memiliki gelar sarjana teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu komputer atau matematika. Seorang astronot harus bisa dan lancar berbahasa Inggris karena bahasa yang digunakan nantinya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan astronot di berbagai negara. Tidak hanya itu, umur kalian harus berkisar 26-46 tahun, dan mempunyai tinggi badan 153 sampai 190 (Bagi laki-laki dan perempuan). Selanjutnya kalian akan menempuh tes fisik dan cek fisik. Baca Selengkapnya

Yang perlu kalian ketahui, bahwa untuk menjadi astronot merupakan pekerjaan yang sangat berbahaya dan bukan untuk orang yang berjiwa lemah. Seorang astronot harus disiplin dalam melakukan sesuatu, karena jika astronot ceroboh, konsekuensinya bisa sangat serius. Jadi jika kalian ingin menjadi astronot, belajarlah dengan giat saat ini juga ya guys.

4| Larangan Astronot Di Luar Angkasa

Bukan hanya dibumi saja yang terdapat larangannya, ternyata terdapat juga larangan-larangan astronot ketika berada di luar angkasa. Larangan-larangan itu adalah Berhubungan intim, mabuk alkohol, memakai parfum, makan pizza, dan mencuci baju dan masih banyak lagi. Tujuan larangan-larangan ini demi keselamatan para astronot dalam menjalankan misinya.

5| Jejak Kaki

Astronot Di Bulan

Fakta menarik selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah jejak kaki astronot di bulan. Jejak kaki para astronot di bulan tidak hilang sekejap seperti di bumi bahkan jejak tersebut dapat dilihat hingga 100 juta tahun kedepan. Kok Bisa?

Hal ini terjadi akibat beberapa faktor yang berbeda dengan halnya di bumi. Faktornya adalah jika di bumi terdapat atmosfer namun bulan tidak memilikinya. Kehampaan atmosfer dibulan juga disertai dengan tidak adanya angin dan air di permukaan Bulan, sehingga tidak ada faktor alam seperti angin dan air yang bisa menyebabkan hilangnya jejak kaki para astronot di Bulan.

6 | Gaji Para Astronot

Uang

Mungkin kalian sering mendengarkan gaji pengusaha, kantoran, dan lainnya, tapi kalian jarang sekali mendengarkan gaji para astronot bukan. Ternyata gaji mereka tergantung tingkatan mereka. Tingkatan Gaji mereka biasanya berada di level GS-12 dan GS-13. Jika astronot berada di GS-12 Tahap 1 mendapatkan gaji sekitar USD 63.600 (Rp 863 juta) per tahun dan jika berada di tahap GS-12 tahap 10 akan mendapatkan USD 82.680 (Rp 1,1 miliar) per tahun. Pada GS-13 tahap 1 dan 3 masing-masing akan mendapatkan gaji USD 75.628 (Rp 1,02 miliar) dan USD 98.317 (Rp 1,3 miliar) per tahun. Tapi itu bisa naik jika astronot melanjutkan karirnya sampai level GS-15 tahap 10. Bagiamana masih ingin mau jadi astronot? lumayan lo, gajinya besar dan ilmu pun bertambah banyak.


Baca Juga : 6 Fakta R.A Kartini, Sesosok Perempuan Tangguh Dikenal Dunia

Belum ada Komentar untuk "6 Fakta Menarik Astronot Yang Jarang Kamu Katahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel