Tak Diduga, Inilah 5 Fakta Mengejutkan Tentang Tawon


Tawon merupakan hewan yang dapat menyengat ketika digangu oleh musuhnya. Jadi kalian pasti pernah merasakan sengatan tawon yang cukup membuat tubuh kita kesakitan. Tapi tenang, selama kita tidak mengangu tawon tersebut, kita tidak akan merasakan sengatannya. Perlu kalian ketahui tawon berbeda dengan lebah, sengatan tawon lebih terasa. Jadi jangan sekali-kali mengangu tawon ya guys. 

Ngomong-ngomong tentang tawon, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas faktanya. Beriku fakta menarik tentang tawon yang cukup menarik untuk kita kupas di artikel ini.


1 | Tawon Terbesar Di Dunia

Siapa sangka, ternyata di asia timur terdapat tawon terbesar di dunia. Tawon yang sangat besar ini bernama Vespa mandarinia. Tawon ini memiliki panjang tubuh sebesar 45 mm, bentang sayap sebesar 75 mm, dan alat yang digunakan untuk menyengat sepanjang 6 mm. Tentu kalian bisa membayangkan bahwa tawon ini sangat berbahaya karena suntikan racunnya dapat mengeluarkan banyak racun, tak heran kalau tawon Vespa mandarinia dijuluki sebagai tawon pembunuh.

Biasanya tawon vespa bertempat tinggal di hutan dan pengunungan pada ketinggian rendah. Anehnya tawon vespa memakan serangga yang lebih besar dan madu dari kolon lebah madu.

2 | Meninggal Akibat Tawon


Kasus Mengejutkan tentang tawon pernah terjadi di Klaten, Jawa Tengah. Serangan tawon ternyata menewaskan 7 orang sekaligus. Tentu kejadian ini tidak terduga, pasalnya kejadian ini sangat langka di klaten. Menurut Hari selaku pakar serangga LIPI mengatakan, jika tawon tersebut mempunyai nama ilmiah Vespa Affinis karena bisa dilihat dari bentuk tengah tubuhnya yang khas. Gimana ada yang mau masih berani sama tawon.

3 | Berbahaya Untuk di Dekati

Sengatan tawon memang sangat menyakitkan untuk kita rasakan apalagi dinikmati. Tahukah kalian bahwa racun yang dikeluarkan tawon mengandung feromon yang menyebabkan tawon lain menjadi lebih agresif. 

Yang perlu kalian ketahui sengatan tersebut akan hilang dalam waktu 24 jam, tetapi racun bagi orang-orang tertentu bisa mengakibatkan syok anafilaksis yang dapat berakibat fatal. Jadi jangan sekali-kali kalian mengangu tawon ya, apalagi bermain dengannya.

4 | Pengendali Hama

Tawon secara umum bukanlah sebagai penghasil madu melainkan sebagai predator atau pemangsa. Satu hal yang perlu kalian ketahui, bahwa tawon berperan sebagai pengendali hama hayati. Peran tersebut terkait dengan sifat tawon sebagai pemangsa ulat atau larva serangga lain, yang sering kali merupakan hama bagi tanaman pertanian atau perkebunan. 

5 | Perbedaan Tawon Dengan Lebah


Tawon = Tubuhnya relatif ramping, memiliki rahang untuk mengigit, rambutnya sangat tipis, larvanya umumnya memakan daging, dan kakinya berukuran sama

Lebah = Tubuhnya gemuk, Tidak memiliki mandibula (rahang), rambutnya tebal, larvanya memakan madu, kaki belakangnya lebih besar dan pipih.


Baca Juga :  Melihat Candi Sukuh, Pusaka Nenek Moyang di Lereng Gunung Lawu 

Belum ada Komentar untuk "Tak Diduga, Inilah 5 Fakta Mengejutkan Tentang Tawon "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel