Waspadalah, Ternyata Inilah 5 Dampak Bermain Game pada Smartphone


Game merupakan sesuatu permainan yang cukup menarik dan seru untuk kita lakukan, apalagi game tersebut terdapat di gadget kalian. Di zaman sekarang, permainan yang ada di smartphone sangatlah digandrungi anak-anak bahkan sampai orang dewasa sekaligus. Memang game membuat pemainnya senang apalagi dilakukan bersama tema-teman. Tapi, apakah kalian tahu? bahwa game di smarphone kalian bisa menimbulkan dampak kurang baik di tubuh kalian. Bahkan bisa terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan lo..., apa saja itu?. Berikut dampak bermain game di Smartphone. 


1| Sikap Tidak Peduli


Sebagai orang tua, kita harus selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya setiap hari. Salah satunya bermain game pada smartphone, ini yang menyebabkan seorang anak tidak peduli hal apapun di sekitar lingkungannya dan lebih parahnya kecanduhan bermain game tiap hari. Yang perlu kalian ketahui, tanda-tanda kecanduan game ternyata dapat dideteksi, berikut tanda-tandanya.
a. mudah sekali marah dan gelisah ketika seorang anak tersebut tidak diijikan bermain game.
b. pikiran si anak tersebut hanyalah tentang permainan game, jadi ketika orang tua berbicara atau mengobrol yang dibahas si anak hanyalah tentang game.
c. sangat susah disuruh berhenti bermain game dan inginya hanyalah bermain game.
d. menggalami migrain dan mata lelah karena sering kali memandang layar komputer dan gadget.
e. Ini salah satunya yang perlu kita ketahui yaitu anak tidak peduli dengan orang-orang sekitar bahkan enggan bersosialisasi dengan teman-temanya.

Ada cerita dari ikon teknologi yaitu Steven Jobs dan Bill Gates bahwa mereka memiliki cerita yang cukup menarik untuk kita ketahui. Pendiri Apple dan Microsoft justru melarang anaknya untuk bermain game. Bill Gates melarang karena dikhawatirkan anaknya nanti sibuk sendiri dan sering sibuk memandang layar smartphone sehingga kehidupan anaknya tergangu. Bill Gates memperbolehkan anaknya memiliki smartphone ketika anaknya berumur 14 tahun. Sedangkan Steven Jobs melarang anaknya karena takut kalau anaknya nanti kehilangan masa kecilnya. Begitu mengerikan bukan jika anak kalian sudah kecanduan game pada smartphone, bahkan pendiri teknologipun juga sangat khawatir dampak
pada bermain game smartphone tersebut.

2| Kesehatan Terganggu


Mata merupakan alat tubuh kita yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika mata tidak dijaga dengan baik, maka aktivitas sehari-hari kalian akan tergangu bukan? salah satu penyebabnya adalah bermain game pada smartphone. Mengapa hal itu bisa terjadi? sebab jika kalian terlalu lama menatap layar smartphone akan mengakibatkan kesehatan mata menurun, mulai dari mata lelah, mata minus, sampai merusak saraf mata kalian.

Selain itu dampak bermain game pada smartphone dapat menganggu kemampuan motorik seseorang, karena seseorang tersebut jarang bergerak. Sehingga jika hal tersebut terjadi pada anak-anak, bisa-bisa akan menghambat pertumbuhannya, sehingga pertumbuhan si anak akan terganggu dan bisa menyebabkan obesitas.

3| Mudah Lupa


Menurut penelitian yang ada, bahwa game pada smartphone dapat membuat sesorang mudah lupa atau sulit berkonsentrasi. Mengapa? Ketika seseorang asyik bermain game setiap hari, lama-kelamaan akan terjadi perubahan struktur dendrit sel-sel di dalam otaknya. Selain itu paparan radiasi di smartphone ternyata bisa juga melemahkan konsentrasi seseorang. Berbahaya bukan!!

4| Dapat Memicu Perbuatan Di Luar Dugaan


Game pada smartphone sangatlah asyik untuk dimainkan, tapi jangan sampai kalian melakukan hal ini. Ternyata game pada smartphone dapat mempengaruhi perbuatan atau tingkah laku seseorang. Contoh, jika seseorang bermain game yang berisi tentang kekerasan maka dapat menyebabkan pemainnya menjadi peka terhadap kekerasan.

5| Pengaruh Masa Depan


Jika anak bermain game berjam-jam, bisa-bisa berdampak negatif pada anak tersebut di lingkungan sekolahnya. Hal itu bisa terjadi karena sang anak bermain hingga larut malam sehingga anak tersebut di sekolah tidak bisa belajar dengan optimal karena kelelahan. Jika sekolahnya terganggu bisa saja masa depan anak tersebut bisa terganggu pula.

Baca Juga : 7 Fakta Menarik Mobile Legends Yang Wajib Kalian Ketahui

Belum ada Komentar untuk "Waspadalah, Ternyata Inilah 5 Dampak Bermain Game pada Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel