12 Fakta Unik dan Menarik Lebaran yang Ada Di Indonesia

Ketupat Lebaran

Bulan suci ramadhan sangatlah dinanti-nanti bagi umat islam di dunia karena pada saat bulan suci ramadhan memiliki keutamaan atau manfaat yang banyak. Di bulan suci ramadhan kita diwajibkan berpuasa dan menahan hawa nafsu dalam diri kita. Selain itu, yang perlu kalian ketahui, kebanyakan masyarakat menantikan Hari Raya Idulfitri atau hari Lebaran karena terdapat hal unik dan menarik yang jarang kita ketahui. Dari pada kalian penasaran, yuk langsung saja kita bahas di bawah ini.


1| Tradisi Bagi Bagi Uang

Uang

Di indonesia bagi-bagi rejeki biasanya dilakukan oleh masyarakat ketika lebaran tiba. Bagi-bagi rejeki ini biasanya berupa amplop berisi uang. Jumlah uang yang ada di amplop bervariasi, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 100.000. Etss tunggu dulu, biasanya bagi-bagi uang ini berlaku untuk anak kecil dan anak yang masih sekolah ya guys, jika untuk orang tua atau sudah memiliki pekerjaan biasanya yang memberikan amplop kepada anak-anak tersebut. Tradisi tersebut, ternyata berlaku di negara Indonesia saja ya guys.

2| Serba Baru

Baju

Di hari lebaran, salah satu kebiasan unik masyarakat di negara kita yaitu membeli sesuatu dengan nuansa serba baru. Barang-barang yang dimaksud biasanya berupa baju, celana, sepatu, sandal, dan masih banyak lagi. Menurut masyarakat, jika tidak membeli barang baru tersebut rasanya kurang lengkap. Kita bisa lihat di Mall ketika mendekati hari lebaran, biasanya orang-orang ramai membeli baju dan pakaian baru, bahkan rela berdesak-desakan untuk memilih baju yang orang-orang sukai.

Selain pakaian yang baru, ternyata masyarakat sekitar memiliki kebiasaan yang cukup unik yaitu tukar uang baru. Entah dari mana tradisi ini mucul. Tetapi kebanyakaan orang melakukan hal tersebut.

3| Mudik Seru

Bila kalian berada di Indonesia, pasti tidak asing dengan kata "mudik". Ngomong-ngomong tentang mudik, apa kalian tahu bahwa arti kata mudik? Yah, mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya, biasanya identik dengan tradisi tahunan yaitu lebaran. 

Di hari-hari menjelang mudik, biasanya tiket bus dan kereta api, ludes terjual. Tidak hanya itu, kota-kota besar seperti jakarta nampaknya terasa sepi. Hal itu dikarenakan  banyaknya orang yang mudik sekaligus liburan ke luar kota atau luar negeri.

4| Berkah Penjual Ketupat

Tradisi ketupatan sangatlah digandrungi kebanyakan masyarakat ketika lebaran tiba. Momen ini justru dimanfaatkan sebagai orang untuk berjualan ketupat, mengingat banyak orang yang mencari ketupat untuk di jadikan makanan yang pas untuk orang tercinta ketika datang di rumah pada saat lebaran. Biasanya orang-orang memasak rendang atau opor dan pelengkapnya adalah ketupat, tak heran jika pedagang ketupat ketika lebaran keuntungaannya meningkat dua kali lipat. Apakah kalian ingin mencobanya.

5| Ater-Ater

Makanan

"Ater-ater" adalah bahasa khas yang sering diucapkan oleh orang-orang jawa ketika menjelang lebaran. Ater-ater sebuah tradisi ketika seseorang mengirimkan makanan kepada keluarga, tetangga, saudara, atau bisa dikasihkan kepada orang-orang yang belum beruntung. Hal unik dari tradisi jawa ini, ketika anak kecil mengirimkan makanan tersebut, orang yang menerima makanan tersebut akan memberikan uang jajan kepada anak tersebut. Yang perlun kalian ketahui, tradisi ater-ater mengajarkan kita untuk selalu berbagi kebaikan kepada sesama dan menjalin silaturahmi dengan para kerabat dan yang lainnya. Dengan begitu hubungan baik akan tetap terjaga. Biasanya orang-orang mengirimkan makanan pada waktu sore hari.

6| Takbir Keliling 

Ketika lebaran orang-orang akan menyambutnya dengan takbir sebagai tanda kemenangan setelah menjalankan puasa selama sebulan penuh. Ketika takbir berkumandang di berbagai tempat, kalian akan melihat momen dimana kebersamaan masyarakat terlihat sangat baik. Hal unik ini bisa kita lihat ketika masyarakat turun ke jalan dan merayakannya di sana, baik itu menggunakan kendaraan ataupun sekedar berjalan kaki beramai-ramai. Momen ini pasti sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat ketika lebaran tiba.

7| Petasan Seru Tapi Kamu Harus Tahu

Kembang Api

Tidak lengkap jika petasan tidak dinyalakan oleh masyarakat sekitar ketika menyambut lebaran. Tradisi petasan ketika lebaran sebenarnya sangat berbahaya jika dilakukan, sebab secara resmi penggunaan petasan telah dilarang oleh pemerintah. Namun, karena sudah menjadi tradisi masyarakat, sangat sulit jika kita menghilangkan kebiasaan tersebut.

Untuk mengganti tradisi petasan ketika lebaran, maka kebanyakan orang memilih bermain kembang api karena tidak menimbulkan ledakan. Tapi walaupun kalian bermain kembang api, kalian juga harus berhati-hati ya ketika bermain.

8| Tradisi Sungkem

Halal Bihalal

Tradisi Sungkeman kepada orang tua atau orang yang lebih tua dari kita dalam keluarga, ternyata hingga sekarang masih dilakukan oleh masyarakat ketika lebaran tiba. Tujuan dari sungkeman sendiri adalah meminta maaf atas kesalahan apa yang pernah kita lakukan kepada orang yang lebih tua dari kita. Maka dari itu, acara sungkeman dapat merontokan dosa-dosa yang pernah kita lakukan, sebab sesudah sungkeman tidak ada rasa dendam yang tersembunyi dan fikiran kembali bersih lagi.

9| Halal Bihalal 

Halal bihalal hampir sama dengan sungkeman, jika sungkeman bersama keluarga kalau halal bihalal dengan semua orang yang kita kenal, baik dari kepada sanak saudara dan juga teman-teman. Halal bihalal biasanya dilakukan setelah momen lebaran berlalu atau ketika kita sudah melakukan aktivitas seperti biasa. Maka dari itu, tempat yang biasa kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti di sekolah, di kantor, atau tempat lainnya, dijadikan sebagai tempat halal bihalal. Pada acara halal bihalal tersebut, menjadikan momen yang tepat bagi setiap orang untuk saling memaafkan.

10| Ziarah Makam 

Ziarah Makam atau orang jawa sering menyebutnya "Nyekar" sering dilakukan oleh sebagian masyarakat ketika lebaran tiba. Tradisi tersebut biasanya dilakukan setelah shalat Idul Fitri. Pada saat tiba di makam, orang-orang akan memanjatkan doa bagi keluarga dan juga kerabat yang telah pergi meninggalkan dunia.

11| Bersenang-Senang

Momen libur lebaran pasti orang-orang memanfaatkannya untuk bersenang-senang alias rekreasi. Karena pada saat itu merupakan kesempatan emas untuk berkumpul dan bepergian bersama dengan anggota keluarga. Maka dari itu, kebanyakan orang tidak  menyia-nyiakan momen tersebut.

12| Status Hari Idul Fitri

Handphone

Pada saat Lebaran datang, banyak orang yang membuat status di Whatsapp, Instagram, dan Twiter yang isinya ucapan selamat hari raya idul fitri. Tradisi ucapan dari media sosial tersebut menjadi tren hingga saat ini dan banyak dilakukan oleh kaum millennial.

Baca Juga : Merinding, Berikut 8 Misteri dan Mitos Gunung Agung 

Belum ada Komentar untuk "12 Fakta Unik dan Menarik Lebaran yang Ada Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel