Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Tempat Wisata Gratis di Kota Madiun


Kota Madiun memiliki beragam julukan diantaranya kota pecel, kota gadis, hingga kota pesilat. Berbagai sejarah dan budaya yang ada, membuat orang di daerah luar madiun mengunjungi tempat ini.

Namun tak lengkap jika tidak membahas tempat wisata di kota pecel ini. Pasalnya, tempat wisata di kota pecel ini kebanyakan gratis, sehingga membuat banyak orang merasa puas ketika berada di kota ini.

Maka dari itu, saya akan merekomendasi tempat wisata gratis yang ada di Kota Madiun.


1| Pahlawan Street Center

Tempat Wisata Pahlawan Street Center Madiun

Wisata pahlawan street center dahulu merupakan jalan biasa yang cukup ramai di kota madiun, karena daerah tersebut menjadi pusat perbelanjaan masyarakat Madiun.

Karena menyimpan potensi menjadi tempat wisata di kota madiun, akhirnya Jalan pahlawan di sulap menjadi tempat wisata seperti tempat wisata di jogja yaitu Malioboro.


Namun tahukah kalian, jika pahlawan street center merupakan tempat wisata gratis terfavorit yang ada di Kota Madiun.

Di sini kalian bisa melihat patung merlion (seperti patung ikan berkepala singa di singapura) dan melihat mushola berbentuk kabah. 

Selain itu, terdapat 2 taman yang membuat orang betah berlama-lama disini. Tanaman tersebut bernama taman sumber wangi dan taman sumber umis.

Namun jika membawa kendaraan pribadi ke tempat ini, kalian akan dikenakan tarif parkir.

Pahlawan street center merupakan wisata yang sangat cocok dinikmati ketika bersama keluarga, teman, komunitas, bahkan pacar.


2| Kali Bantaran Madiun

Tempat Wisata Kali Bengawan Madiun


Kali bantaran merupakan wisata gratis selanjutnya yang terletak di pinggiran sungai bengawan madiun. Kali bantaran merupakan tempat santai untuk menikmati indahnya sungai bengawan madiun.

Ketika hari minggu tiba, kali bantaran madiun dijadikan sunday market, maka tak heran jika hari tersebut selalu ramai. Sunday market sendiri merupakan kegiatan rutin yang di gagas pemerintah Kota Madiun seperti tempat jualan para umkm di Madiun.

Di kali bantaran, kalian bisa melihat taman, taman bermain untuk anak-anak, tempat wisata kuliner, bahkan bisa melihat mini sirkuit. 


3| Proliman Joyo



Proliman Joyo salah satu tempat wisata gratis selanjutnya yang biasanya digemari anak mudah di kota pecel. Disini kalian bisa menikmati indahnya kota madiun di malam hari dan bisa menikmati patung pesilat disini.

Bahkan sampai terkenalnya proliman joyo, denny caknan dan soepardi aye menciptakan lagu tersebut. Dengan populernya tempat ini, proliman njoyo semakin dikenal oleh masyarakat dalam dan luar kota madiun.


Baca Juga : 22 Fakta Unik Wisata Pahlawan Street Center Madiun


4| Lapangan Gulun


Lapangan Gulun merupakan sebuah lapangan sepak bola yang terletak di tengah-tengah Kota Madiun. Lapangan gulun merupakan tempat yang sangat cocok untuk kalian yang ingin berolahraga disini. Jogging di sekitar lapangan gulun merupakan hal yang wajib kalian kunjungi ketika berada di tempat ini.

Selain itu, ketika malam hari kalian bisa menikmati wisata kuliner dan permainan anak-anak di sekitaran lapangan gulun. Maka tak heran, jika akhir pekan tiba lapangan gulun sangat ramai pengunjung.

Tertarik berkunjung kesini?


5| Taman Hijau Demangan

Taman Hijau Demangan Kota Madiun

Taman Hijua Demengan (THD) merupakan wisata gratis yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Demangan, Taman, Kota Madiun.

Banyak masyarakat madiun yang hanya sekedar jalan-jalan untuk menikmati udara sejuk di sekitar kawasan THD. Hal ini karena di tempat ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan bunga-bunga yang rimbun.

Selain itu, kalian juga bisa bermain permainan olahraga seperti futsal, bola basket hingga jogging.


6| Masjid Taman

Masjid Kuno Yang Ada di Madiun

Masjid taman merupakan termasuk cagar budaya yang ada di Kota Madiun. Masjid taman sangat cocok sebagai tempat wisata religi bagi masyarakat. 

Arsitektur khas masjid taman masih terjaga dari dulu hingga sekarang. Selain itu, pada 1 muharam masjid taman masih melaksanakan tradisi seperti pembacaan Al-Quran, seni gembrung bahkan tumpengan ketika peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tiba.

Di sekitaran masjid taman, juga terdapat makam toko-toko penting yang ada di madiun.


7| Masjid Kuncen

Masjid tertuan di kota madiun

Seperti masjid taman, masjid kuncen ternyata memiliki keunikan yang jarang kita temui di masjid-masjid di Kota Madiun. Masjid kuncen salah satu masjid tertua di Kota Madiun.

Pernahkah kalian menemui acara televisi swasta yaitu "mister tukul jalan-jalan". Ternyata acara televisi tersebut pernah mengulas tentang masjid tersebut.

Tidak hanya itu saja, ternyata masjid kuncen memiliki keunikan dari sisi arsitektur bangunannya yang hingga dulu sampai sekarang masih terjaga.

Tempat wisata gratis ini ternyata sudah dikenal di berbagai daerah di luar kota madiun. Selain itu masjid kuncen madiun sangat cocok digunakan unutk wisata religi.


Baca Juga : 8 Tempat Rekomended di Kota Madiun Saat Akhir Pekan Tiba

Posting Komentar untuk "7 Tempat Wisata Gratis di Kota Madiun"