Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Misteri dan Mitos Mengejutkan Seputar Danau Toba

Mitos Danau Toba


Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Selain itu, Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan memiliki kedalaman 505 meter. Di sekitaran Danau Toba juga terdapat sejumlah wisata yang cukup menarik bagi pengunjung. Maka tak heran, jika Danau Toba merupakan wisata danau terbaik di Indonesia.

Disamping itu, ternyata Danau Toba memiliki cerita misteri dan mitos untuk kita ketahui. Dari sini, apakah kalian tau atau mendengar tentang misteri dan mitos Danau Toba? Jika belum, yuk sama-sama kita bahas di bawah ini.



1 Mengucapkan "Santabi Oppung"

Danau Toba merupakan danau purbakala yang melewati masa-masa yang cukup panjang. Di sekitar Danau Toba juga sering terjadi banyak sekali kejadian-kejadian yang baik maupun buruk. Nah dari situ, ada mitos cukup unik yang sering dibicarakan masyarakat sekitar danau toba.

Mitos tersebut berkata, Jika seseorang ingin menuju Toba ataupun berada di sekitaran Danau Toba harus mengucapkan kata "Santabi Oppung". 

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bahwa di antara jalan yang berliku dan lembah-lembah ketika menuju danau toba, terdapat goa misterius. Konon ketika kendaraan melewati goa tersebut, mesin kendaraan akan mati tanpa alasan yang cukup jelas.

Maka dari itu, jika seseorang ingin aman sampai tujuan harus mengucapkan "Santabi Oppung". "Santabi Oppung" sendiri jika kita artikan ke dalam bahasa indonesia berarti Permisi.

2 Misteri Ikan Besar Penunggu Danau

Menurut cerita, di sekitaran Danau Toba terdapat ikan mas raksasa yang konon merupakan penunggu danau. Selain itu ikan tersebut diyakini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Menurut masyarakat Danau Toba, terdapat 3 ekor ikan mas besar yang berwarna merah, hitam, dan putih. 

Menurut pengakuan nelayan sekitar, ikan tersebut kerap kali merusak jaring penangkap ikan sehingga membuat gelisah nelayan. Maka dari itu, masyarakat sekitar melarang seseorang menangkap ikan mas di sekitaran danau.


3 Tangisan Misterius

Masyarakat setempat ternyata pernah mendengar tangisan misterius di sekitaran Danau Toba. 

Menurut mitos, suara misterius itu berasal dari arwah korban tenggelam di sekitaran Danau Toba yang sekarang ini masih belum ditemukan. 

4 Misteri Begu Ganjang

Selain danaunya, misteri dan mitos Toba juga berlaku di perbukitannya. Mitos mengatakan, jika di perbukitan terdapat penunggu Begu Ganjang atau biasanya disebut sebagai si pencabut nyawa.

Menurut mitos, konon jika ada seseorang yang menebang pohon di sekitaran Danau Toba nyawa orang tersebut akan dicabut juga. Maka tak heran, jika masyarakat Danau Toba benar-benar menjaga kelestarian alamnya hingga sekarang ini.


5 Misteri Penunggu Wisma Pengasingan

Di tahun 1948 ternyata Bung Karno menjalani pengasingan selama 22 hari oleh pemerintah Belanda di gubug reyot. Kemudian gubug reyot sekarang ini menjadi wisma megah yang berfungsi menyambut para tamu penting yang datang di danau toba.

Seiring berjalannya waktu, wisma pengasingan tersebut memunculkan cerita-cerita mistis. Menurut ceritanya, di ruang pertemuan yang pernah digunakan Sang Proklamator sering terdengar suara langkah kaki misterius. Bahkan konon pengunjung yang menginap pernah diganggu oleh makhluk tak kasat mata. 


6 Si Kakek Tua Misterius

Ketika di pinggir sekitaran Danau Toba pasti kalian pernah menemukan sesajen seperti daun sirih, tembakau, hingga rokok. 

Menurut cerita masyarakat, sesajen tersebut sengaja diberikan untuk si kakek tua. Selain itu, masyarakat memperingatkan kepada pengunjung atau seseorang agar tidak menginjak sesajen. 

Konon masyarakat setempat pernah menemukan salah satu pengunjung yang di ganggu si kakek tua misterius karena melanggar larangan tersebut.


7 Naga Penjaga Danau Toba

Terdapat cerita dari salah satu warga sekitar danau toba, jika pernah melihat penampakan naga misterius. Warga menduga, jika naga tersebut merupakan anak dari Pak Toba yang kemudian berubah menjadi naga sekaligus menjadi penunggu di Danau Toba. 

Entah dari mana mitos ini berasal, namun sekali lagi mitos tersebut tidak bisa dibuktikan kebenarannya.


Posting Komentar untuk "7 Misteri dan Mitos Mengejutkan Seputar Danau Toba"