Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Menikmati Nasi Pecel Yang Benar

Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan makanan khas daerah yang bisa kita temui di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk nasi pecel favorit si penulis sih, nasi pecel Madiun. Karena bumbu nasi pecel Madiun sangat terasa, sehingga membuat lidah si penulis bergetar-getar.

Selain enak, ternyata nasi pecel merupakan makanan merakyat dengan harga terjangkau. Jadi sangat ramah di kantong kita di hari tua. 

Nasi pecel sendiri, merupakan makanan yang menyehatkan bagi tubuh kita. Bagi yang belum tau, nasi pecel terdiri dari nasi, sambal kacang, dengan tambahan sayuran, lalu ditambah lauk pauk (ayam, tempe, rempela, dll), lalu tak lupa dilengkapi dengan rempeyek atau kerupuk.

Namun perlu kalian ketahui, ada cara menikmati makanan nasi pecel dengan benar. Untuk lebih lengkapnya, simak tips berikut ini.


1 Makan Nasi Pecel Dengan Peyek atau Kerupuk

Bagi masyarakat Jawa, makan tidak akan terasa nikmat jika tidak menggunakan kerupuk. Nah.. salah satu ciri khas kerupuknya nasi pecel ialah rempeyek atau peyek. 

Rempeyek sendiri terbuat dari olahan tepung beras yang dicampur dengan air sehingga membentuk sebuah adonan kental. Agar semakin nikmat, rempeyek ditambahkan dengan isian kacang kedelai, ikan teri, atau kacang tanah.

Rasa enak dari nasi pecel, ditambah dengan krenyes-krenyes rempeyek membuat kenikmatan nasi pecel lebih terasa. Jadi usahakan ada rempeyek ya sob, ketika menikmati nasi pecel.

2 Makan di Pagi Hari atau Malam Hari

Perlu diketahui, waktu yang pas ketika menikmati nasi pecel ialah di pagi hari dan malam hari. Waktu tersebut dipilih karena suasananya masih sejuk dan dingin ketika malam hari. Jadi ketika masih hangat-hangatnya, nasi pecel terasa nikmat.

Maka tak heran, jika banyak pendagang nasi pecel yang berjualan di pagi hari dan malam hari. Apakah kalian setuju dengan tips yang satu ini?


3 Makan Nasi Pecel Bersama-Sama

Makan Bersama Keluarga

Tak lengkap jika makan nasi pecel dimakan sendirian. Nah, agar suasana lebih cair, kalian bisa lo mengajak saudara, teman-teman, hingga kekasih untuk menikmati nasi pecel. 

Menurut filosofi masyarakat Jawa, jika makan bersama-sama membuat kita semakin akrab dengan orang-orang. Jadi agar nikmat, usahakan makan bersama-sama ya sob.

4 Minuman Pendamping Nasi Pecel

Makan nasi pecel di dampingi minuman yang pas, akan membuat citra rasa nasi pecel semakin meningkat. Ada beberapa pilihan minuman yang sering dijadikan pendamping ketika makan nasi pecel, minuman tersebut diantaranya : 
  • Es Jeruk
  • Jeruk Hangat
  • Kopi
  • Es Teh
  • Hingga Teh Hangat
Menu minuman tersebut, umumnya ada di berbagai warung atau depot nasi pecel. Jadi, apakah kalian sudah mencobanya?

5 Menggunakan Bungkus Alami

Nah beberapa orang menganggap, jika nasi pecel akan terasa alami jika menggunakan pembungkus alami, seperti daun pisang dan daun jati. Daun alami tersebut dipercaya dapat menambah kenikmatan nasi pecel itu sendiri dan dapat menjaga kehangatan makanan tersebut.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menikmati Nasi Pecel Yang Benar"