Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Cara Mudah Mengatasi Kebiasaan Berkata Kotor Atau Kasar


Pernahkah kalian berkata kasar/kotor di suatu tempat secara tidak sengaja? Banyak orang yang pernah mengalami kejadian seperti ini. Berkata kotor biasanya disebabkan oleh sesuatu yang menyebabkan kita marah, kesal, hingga sedih. Namun, umumnya berkata kasar membuat orang lain risih dan bisa saja menimbulkan masalah yang merugikan diri sendiri. 

Sebenarnya, berkata kotor/kasar bisa di minimalisir, bahkan bisa dicegah oleh suatu tindakan tertentu. Namun, apakah kalian tau tips agar seseorang bisa berhenti berkata kotor. Dari pada penasaran, yuk simak tips berikut ini.



1 Rajin Beribadah

Salah satu cara agar kalian terhindar dari perkataan kotor adalah dengan ibadah. Seseorang yang belajar beribadah dengan baik, pasti nantinya akan tau apa saja larangan yang tidak boleh dilanggar, salah satunya dengan tidak berkata kotor.

Dengan ilmu agama, kita bisa tau bahwa berkata kotor merupakan suatu tindakan dosa. Dengan begitu, seseorang tidak akan berkata kotor lagi.

2 Hindari Lingkungan Yang Sering Berkata Kotor

Di lingkungan bahkan teman kita sekitar pasti pernah menjumpai seseorang yang sering kali berkata kotor. Nah lingkup seperti itulah yang membuat kalian terpancing untuk berkata kotor juga.

Agar kalian terhindar dari perkataan kotor, sebaiknya kalian tidak bergaul dengan lingkup semacam itu.


3 Kurangi Berkata Kotor Dari Hari Ke Hari

Berkata kotor memang sangat nikmat jika sering di ucapkan. Namun untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut perlu proses yang tidak mudah. 

Nah.. maka dari itu, seseorang dianjurkan untuk mengurangi berkata kotor dari hari ke hari.

Contohnya, jika hari ini kalian berkata kotor 20 lebih, untuk esok harinya kalian tidak boleh berkata kotor 10 lebih, harus dibawahnya. Dan tentu harus kalian target ya sob.

4 Cari Teman Yang Bisa Membantu

Jika susah berhenti berkata kotor, sebaiknya kalian meminta bantuan teman atau pasangan anda. Usahakan, carilah teman yang jarang sekali berkata kasar.

Manfaat yang bisa kalian dapatkan diantaranya,
  • Kalian bisa mendapatkan pengawasan dari teman anda
  • Dan saling mengingatkan satu sama lainnya agar tidak berkata kotor.

5 Cari Tau Penyebabnya

Jika ingin mengatasi masalah, seseorang perlu mencari tau sebab akibat masalah tersebut itu muncul. Hal semacam itu, sama saja ketika kita mencari solusi untuk tidak berkata kotor. 

Ketika sudah tau apa saja penyebab, langkah selanjutnya adalah menjauhi situasi yang menyebabkan kita berkata kotor.

Seperti halnya ketika kita kalah bermain game online, menunggu antrian, hingga mengalami macet di jalan, kejadian seperti itu terkadang membuat kita kesal sehingga kita terpacu untuk berkata kotor/kasar.

Maka dari itu, kenali dulu penyebabnya ya sob, agar kalian bisa menjauh dari situasi tersebut. Jika kita tau apa saja penyebabnya, langkah berikutnya adalah menghindarinya.

6 Menghindari Konten Media Yang Mengandung Kata-Kata Kasar/Kotor

Agar lebih istiqomah dalam mengatasi perkataan kotor, sebaiknya kalian melihat media atau konten yang tidak mengandung kata-kata kotor. Pengaruh tersebut biasanya berasal dari musik, televisi, film, dan media lainnya. 

Jika konten yang dilihat mengandung kata-kata kotor, sebaiknya kalian mengganti konten tersebut. 


7 Berfikir Positif

Berfikir secara positif, merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari perkataan kotor. Memang cara yang satu ini terlihat mudah, tapi belum tentu semua orang bisa melakukan cara ini. Jika terlihat sulit, tidak salahnya kita mencobanya.

Setiap kali ingin berkata kasar, berfikirlah positif dan kalau perlu kalian tari nafas dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan.


Semoga cara tersebut bisa menghentikan kebiasaan berkata kotor atau kasar di dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah, jangan sekali-kali berkata kotor atau kasar di hadapan anak kecil, karena ucapan tersebut bisa ditiru di kemudian hari.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mudah Mengatasi Kebiasaan Berkata Kotor Atau Kasar"