Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengupas Tuntas Desa Wisata Wonomulyo Magetan (New Zealandnya Indonesia)

Desa Wisata Wonomulyo

Pernah ke Magetan? Magetan sering kali dijadikan jujukan para wisatawan lokal maupun internasional dalam segi parawisatanya. Kabupaten Magetan sendiri terletak di provinsi Jawa Timur.

Gunung Lawu sendiri terletak di bagian barat Magetan dan disitu juga terdapat berbagai wisata menarik yang patut kita kunjungi. Dari banyak wisata di Magetan, Dusun Wonomulyolah yang patut kita eksplore lebih dalam. Pasalnya, potensi wisata di desa yang satu ini cukup besar, bahkan banyak orang yang menyebutnya sebagai Nepal Van Javanya Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Desa Wisata Wonomulyo Magetan, simak informasi berikut ini.



Asal Usul Dusun Wonomulyo

Di berbagai daerah pulau jawa pasti memiliki cerita legenda atau asal-usul yang menarik untuk kita bahas, tak terkecuali di Dusun Wonomulyo Magetan. Dusun Wonomulyo termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Geni Langit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. 

Menurut berbagai sumber, dulunya desa wisata ini merupakan hutan belantaran yang sangat angker. Dikutip dari kanal Youtube Kabar Desa, Mbah Jono (sesepuh desa) Mengatakan, jika dahulu orang yang bertempat tinggal di desa wisata wonomulyo ini mempunyai tinggi badan yang cukup tinggi dan besar-besar.

Menurutnya, orang jaman dahulu hidupnya berpencar-berpencar di sekitaran puncak Jogo Larangan (Wonomulyo). Para penduduk tersebut, ternyata memiliki seorang pemimpin yang bernama Mbah Teko Kusumo.

Dan suatu hari, datanglah utusan dari Keraton Surakarta yang bernama Eyang Ki Hajar. kemudian, Ki Hajar sendiri meminta ijin kepada Mbah Teko untuk membabat hutan disana.

Nah dari sini, Mbah Teko memberi pesan kepada Ki Hajar, bahwa hutan tersebut dihuni berbagai jin sakti. Alasan itu juga yang membuat Mbah Teko tidak berani membabat hutan, padahal sudah lama tinggal di daerah tersebut.

Akhirnya, dengan kesaktian yang dimiliki Ki Hajar, jin-jin tersebut berhasil di taklukkan. Jin penguasa tersebut berjumlah 4, diantaranya Heroniti, Basarani, Basaranti dan Wonosekti. 

Jin tersebut kemudian di beri mandat oleh Ki Hajar untuk menjaga Desa Wonomulyo dari empat penjuru. Dan akhirnya, Dusun Wonomulyo bisa ada sampai sekarang.


Baca Juga : 4 Lagu Terpopuler Asli Magetan


Penemuan Situs Arca

Dilansir dari situs suryamalang.com, pada tahun 2017, di kawasan hutan Wonomulyo ditemukan situs arca kuno. Menurut berbagai cerita, diduga situs arca tersebut sudah ada sejak zaman kerajaan dan bentuknya seperti pintu masuk gapura kerajaan dulu.

Namun warga setempat tidak mengetahui, kerajaan tersebut berasal dari mana. Diduga, masih ada situ-situs lainnya yang sudah tertimbun di sekitaran hutan tersebut.


Pesona Wisata Wonomulyo

Nah.. tak lengkap jika kita tak membahas wisata Wonomulyo. Sebenarnya yang paling terkenal wisata disini adalah Bukit Wonomulyo. Bermacam-macam orang menamai desa wonomulyo sebagai New Zealandnya Indonesia hingga Nepal Van Javanya Jawa Timur.

Memang sekilas, pesona desa yang satu ini hampir mirip dengan wisata yang ada di luar negeri sana. Maka dari itu, banyak sekali wisatawan luar kota yang berdatangan di Wonomulyo.

Untuk mengetahui lebih banyak, berikut daftar wisata yang ada di kawasan Wonomulyo :

  • Bukti Wonomulyo (Biasa di sebut New Zealandnya Indonesia hingga Nepal Van Java).
  • Air Terjun Tirto Sari.
  • Air Terjun Tirto Jiwo.
  • Air Terjun Lembah Geni Langit.
  • Air Terjun Pongangan.
  • Goa Nggolangu.
  • Dan Masih Banyak Lagi.

Posting Komentar untuk "Mengupas Tuntas Desa Wisata Wonomulyo Magetan (New Zealandnya Indonesia)"