Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma | Sering Dianggap Bunga Sakti!

Bunga Wijaya Kusumo

Bunga Wijaya Kusuma termasuk ke dalam jenis tanaman kaktus. Tanaman tersebut dapat hidup di daerah beriklim sedang hingga beriklim torpis. Dalam bahasa jawa kuno, Wijayakusuma berasal dari 2 kata, yaitu Wijaya (Kemenangan/Keberhasilan) dan Kusuma (tegak).

Di balik keindahan bunga wijaya kusuma, ada sebuah mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat mengenai bunga tersebut. Dari pada kalian penasaran, yuk simak informasi berikut ini.



1| Dianggap Sebagai Bunga Asli Indonesia

Banyak orang yang mengira jika bunga wijaya kusuma berasal dari Indonesia. Namun perlu diketahui, ternyata tanaman ini berasal dari Negara Meksiko, Amerika Utara. Menurut sejarah, bunga wijaya kusuma dibawa pertama kali oleh para pendagang Tiongkok di Indonesia melalui jalur laut pada saat jaman kerajaan Majapahit.


2| Bunganya Para Raja dan Ratu

Dahulu kala terdapat sebuah mitos yang mengatakan jika kerajaan yang mempunyai bunga wijaya kusuma, maka kerajaan tersebut dianggap sebagai kerajaan yang makmur. Disamping itu juga, bunga wijaya kusuma dipakai sebagai hadiah romantis sang raja kepada ratu. Jadi untuk menemukan bunga ini, raja dan pengawalnya rela pergi jauh ke dalam hutan.


3| Bunga Kesayangan Ratu Pantai Selatan

Banyak yang beranggapan, jika tanaman wijaya kusuma ini disukai Nyi Roro Kidul. Menurut mitos, masyarakat menganggap bahwa bunga wijaya kusuma diciptakan khusus sebagai sesajen untuk penguasa ratu pantai selatan.


Baca Juga : Jangan Asal Petik! Berikut Mitos Bunga Edelweiss Terpopuler


4| Pembawa Keberuntungan

Seperti yang dijelaskan tadi, bahwa kata wijaya kusuma memiliki arti kemenangan yang tegak/kokoh. Nah dari sini, ada mitos yang mengatakan bahwa siapa saja yang melihat bunga wijaya mekar di malam hari, maka hidupnya akan selalu tertimpa keberuntungan secara beruntun. Entah dari mana mitos ini berasal, namun sangat unik untuk kita bahas ya sob.


5| Mengangkat Derajat Seseorang 

Ada mitos yang mengatakan, jika siapa saja yang memelihara tanaman wijaya kusuma maka derajat seseorang akan meningkat. Banyak orang yang beranggapan bahwa bunga wijaya kusuma adalah bunga para raja dan ratu. Bagi orang yang mempercayai mitos tersebut menganggap jika dirinya lebih bersinar bak raja dan ratu dari pada orang yang tidak memeliharanya.


6| Mitos dari Cilacap Jawa Tengah

Ada suatu cerita mitos unik yang berasal dari Cilacap Jawa Tengah. Dahulu terdapat putri yang mengasingkan diri di pantai selatan untuk menghindari pernikahan yang tidak diinginkan. Agar hati bisa tentram, maka sang putri terjun ke dalam laut dan kono menikah dengan makhluk tak kasat mata. Dari pernikahan tersebut, anak yang dihasilkan terlahir cacat, dan penggambaran sosoknya adalah kelopak bunga wijaya kusuma.


7| Mitologi Jawa

Bagi masyarakat Yogyakarta dan Solo pasti tak asing dengan mitos ini. Bahwa sebuah raja yang akan naik tahta harus memiliki bunga wijaya kusuma. Selain itu, bunga yang satu ini dianggap sebagai pusaka kraton.

Selain itu, menurut mitologi jawa, dahulu kala tanaman wijaya kusuma dianggap sebagai pohon yang sakti dan bisa menghidupkan orang meninggal.

Bagaimana dengan kalian semua, apakah percaya dengan mitos tersebut?


Baca Juga : Haaa! Jadi Ini Mitos Kayu Nangka

Posting Komentar untuk "7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma | Sering Dianggap Bunga Sakti!"