Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Haaa! Jadi Ini Mitos Kayu Nangka

Kayu Nangka Asli

Banyak orang yang mengetahui buah nangka karena rasa yang dihasilkan dari buah ini cukup nikmat. Dengan kenikmatannya, buah nangka menjadi buah favorit bagi banyak orang.

Selain buah nangka, ternyata Pohon Nangka juga memiliki manfaat tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya adalah kayu atau ranting pohon nangka yang biasanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar untuk memasak.

Berbicara mengenai pohon nangka, ternyata ada sebuah cerita mitos yang cukup unik untuk kita bahas mengenai kayu nangka. Dari pada penasaran, yuk simak informasi berikut ini.



1 Larangan Menggunakan Kayu Nangka Untuk Bahan Bangunan

Ada suatu mitos yang beredar di wilayah pulau bali, jika seseorang dilarang menggunakan kayu nangka untuk bahan bangunan. Menurut kepercayaan yang ada, jika kayu nangka hanya boleh digunakan untuk membangun tempat suci.

Selain itu, mitos juga mengatakan, siapa saja yang melanggar larangan tersebut maka penghuni rumah atau yang melanggar akan bernasib sial.

Jika dilihat dari fakta, kayu nangka juga memiliki keistimewaan untuk bahan bangunan, seperti kebal terhadap jenis serangga, rayap, hingga ketahanannya. Sehingga banyak orang yang membeli kayu nangka sebagai bahan bangunan atau mebel. Jadi kalian tim mitos atau tim fakta sob,


Baca Juga : 7 Mitos Mengejutkan Seputar Ular Weling


2 Tidak Boleh di Buat Trampa atau Drampol

Masih tentang bahan bangunan, ada suatu kepercayaan yang mengatakan bahwa kayu nangka tidak boleh dibuat Trampa atau Drampol, yaitu bagian bawah kusen pintu. Sebab, jika orang melangkahi kayu nangka tersebut bisa terkena penyakit kuning. 

Entah dari mana mitos ini berasal namun beberapa orang masih mempercayai mitos tersebut.


3 Tabu Membuat Furniture dari Kayu Nangka

Ada beberapa mitos dari para orang tua di daerah Jepara jika kayu nangka tidak boleh digunakan untuk kerajinan furniture yang dipakai duduk seseorang seperti kursi, bangku, dipan, dan lain-lain. Walaupun Jepara terkenal dengan kerajinan furniture dari berbagai jenis kayu, akan tetapi mitos tersebut masih dipercayai beberapa pengrajin.

Biasanya orang Jepara lebih menggunakan kayu nangka dalam pembuatan kerajinan furniture seperti pintu, jendela, kusen, dan lain-lain.


Baca Juga : Jangan Asal Petik! Berikut Mitos Bunga Edelweiss Terpopuler

Posting Komentar untuk "Haaa! Jadi Ini Mitos Kayu Nangka"