Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Karakter Orang Ponorogo Asli | Kalian Wajib Tau!

Karakter Orang Ponorogo

Ponorogo terkenal dengan pertunjukan seninya yaitu Reog Ponorogo. Kesenian asli tersebut ternyata sudah terkenal di berbagai wilayah di Indonesia. Maka tak heran, Ponorogo terkadang menjadi tempat jujugan para wisatawan lokal untuk menikmati keseruan yang ada di Kota Reog ini.

Ngomong-ngomong tentang keseniannya, ada cerita menarik yang patut kita bahas mengenai ciri-ciri karakter orang Ponorogo. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini.



Orangnya Ramah

Tahukah kalian pada umumnya orang Ponorogo memiliki sifat yang ramah. Jika kalian mempunyai saudara atau teman dari Ponorogo dan kemudian berkunjung disana, maka orang-orang ponorogo akan menyambut dengan senang hati dan tentu kalian akan di suguhkan (hidangkan) berbagai macam makanan. Selain itu, kalian akan diajak berbincang-bincang dengan si tuan rumah. 

Perlu kalian ketahui, jika seseorang menolak makanan yang di hidangkan maka orang Ponorogo sangatlah kecewa dan tidak suka. Jadi jika kalian berada di Ponorogo, jangan menolak suguhan dari tuan rumah ya sob.

Dengan memiliki watak seperti itu, orang Ponorogo sangat disukai banyak orang di daerah lain


Tegas dan Tidak Suka Basa Basi

Walaupun orangnya ramah-ramah, ternyata masyarakat Ponorogo juga dikenal dengan sifat tegasnya. Selain itu, orang Ponorogo tidak mau berbicara manis tetapi berdusta di belakang orang. Jadi orang Ponorogo sangat suka berbicara apa adanya.

Maka dari itu, orang Ponorogo akan selalu ingat jika ada orang yang pernah menyakitinya baik dalam ucapan maupun tindakan.


Baca Juga : 6 Misteri dan Mitos Mengejutkan Telaga Ngebel Terbaru


Ciri Bahasa/Logat Orang Ponorogo

Sebenarnya logat orang Ponorogo hampir sama dengan daerah di sekitarnya seperti Madiun, Magetan, Hingga Pacitan. Namun ada ciri khas tersendiri dari logat orang Ponorogo yang bisa kita ketahui. 

 Contoh : 

  • "WENGKE wis madang po GUNG". Jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah Kamu sudah makan apa Belum.
  • "Wis Juk Ngendi?". Jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah "Kamu Sudah Sampai Mana?".
  • "Untal Mbaung/Untal Baung". Kata tersebut memiliki makna yang sangat keras atau berisi umpatan daerah tersebut yang bisa kita artikan seperti anjing, siluman, dan kata kasar lainnya.


Seni Reog Ponorogo Menjadi Andalan Orang Ponorogo

Reog Ponorogo sekarang ini menjadi ikon daerah yang mendunia, jadi pantas saja orang Ponorogo sangat jago dalam melakukan seni pertunjukan ini. 

Bahkan setiap tahunnya/setiap Suro/1 Muharram terdapat festival Reog Ponorogo di Ponorogo. Pesertanya bermacam-macam mulai dari daerah Malang, Kalimantan, Yogyakarta, Hingga Jakarta. Jadi apakah kalian tertarik berteman dengan orang Ponorogo.


Baca Juga : 5 Fakta Unik dan Menarik Pasar Legi Ponorogo

Posting Komentar untuk "Mengenal Karakter Orang Ponorogo Asli | Kalian Wajib Tau!"