Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Fakta Unik dan Menarik Pasar Legi Ponorogo

Pasar Legi Songgolangit Ponorogo

Tidak ada habisnya jika kita membahas seputar pasar tradisional maupun modern di Provinsi Jawa Timur, tak terkecuali di Pasar Legi Kabupaten Ponorogo. Selain unik dan menarik, ternyata pasar yang sudah ada sejak dahulu tersebut memiliki cerita yang belum banyak diketahui masyarakat sekitar. Untuk mengupasnya lebih dalam, berikut fakta unik dan menarik mengenai pasar legi Ponorogo.



1| Sejarah Pasar Legi Ponorogo

Ketika jaman dahulu, di dekat pasar legi terdapat stasiun kereta. Namun setelah itu stasiun kereta tersebut tidak beroperasi lagi, maka dari itu bangunan stasiun beralih fungsi menjadi pasar. Tidak hanya itu, pasar tersebut diperluas dan hingga saat ini kita kenal dengan sebutan Pasar Legi Songgolangit.

Sejarah Nama Pasar Legi Songgolangit 

Dalam bahasa Indonesia, nama Songgolanggit memiliki arti menyangga langit. Songgolanggit sendiri diambil dari nama seorang putri dari Kerajaan Daha yang berada di dekat wilayah Kediri yang bernama Dewi Songgolangit. Dewi Songgo langit sendiri, termasuk ke dalam cerita asal usul Reog Ponorogo. Jadi tidak asal menamai ya sob.

2| Lokasi Pasar Legi Songgolangit

Pasar Legi Ponorogo terletak di Jalan Soekarno Hatta , Banyudono, Kabupaten Ponorogo. Jalan untuk mencapai Pasar Legi Songgolangit ini sangat mudah karena letaknya sangat strategis di Ponorogo. Jadi jangan lupa mampir ya ketika berada di Ponorogo.


3| Pernah Terjadi Kebakaran Hebat

Tahukah kalian, ternyata pada tahun 2017 pasar legi songgolangit ponorogo pernah mengalami kebakaran hebat, sehingga menimbulkan kerugian yang cukup besar. Namun setelah kejadian kebakaran tersebut, pasar legi ponorogo di renovasi dan menjadi lebih bagus yang bisa kalian lihat saat ini.

Perlu diketahui, sebelumnya pasar legi songgolangit ini pernah mengalami kebakaran juga, lebih tepatnya pada tahun 2002. Jadi jika di total, pasar songgolangit pernah mengalami 2 kali kebakaran. 

4| Diklaim Menjadi Pasar Tradisional Berkonsep Ramah Lingkungan dan Megah

Pasar Legi Songgolangit Ponorogo Sekarang

Di kutip dari solopos.com, jika Pasar Legi Songgolangit Ponorogo diklaim sebagai pasar tradisional pertama yang menerapkan konsep ramah lingkungan dan megah menurut Bupati Ponorogo. Alasan menjadi pasar berbeda dari yang lain karena di pasar legi songgolangit Ponorogo memiliki sistem ventilasi dari lantai ke lantai cukup bagus. Selain itu, suasana sejuk yang ada di dalam pasar tidak pengap walaupun tidak menggunakan penyejuk. Jadi sangat keren sekali ya pasar tradisional ini.


Posting Komentar untuk "5 Fakta Unik dan Menarik Pasar Legi Ponorogo"