Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Mitos Mengejutkan Danau Tolire

Misteri Danau Tolire

Danau tolire merupakan danau yang terletak di bawah kaki Gunung Gamalama atau lebih tepatnya berada di Ternate, Maluku Utara. Danau tolire memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Sehingga banyak para wisatawan yang tertarik datang kesini.

Dibalik keindahannya, ternyata danau tolire menyimpan berbagai cerita mitos yang jarang anda ketahui. Untuk mengupasnya lebih dalam, simak infromasi berikut ini.



1 Misteri Harta Karun

Menurut mitos, di dalam danau tolire diyakini menyimpan sebuah harta karun yang sangat melimpah. Harta karun tersebut berasal dari kesultanan dan masyarakat ternate ketika jaman penjajahan Portugis. 

Alasan masyarakat membuang harta berharga ke danau adalah untuk menghindari perampasan harta yang dilakukan penjajah Protugis.

Menurut kepercayaan masyarakat, diyakini di dalam dasar danu tolire menyimpan berbagai harta karun yang sangat melimpah. Namun hingga sekarang ini, belum ada bukti yang cukup kuat untuk membuktikan mitos tersebut.


2 Kedalaman Danau Misterius

Selain misteri harta karun, terdapat juga misteri mengenai kedalaman danau tolire. Pasalnya, tidak ada orang satupun yang bisa menjelaskan kedalama danau tolire.

Tentu hal ini menimbulkan spekulasi-spekulasi misteri sendiri di tengah-tengah masyarakat sekitar. Ada yang mengatakan, bahwa kedalaman danau ini tidak terhingga dan ada pula yang mengatakan di dalam danau tolire terdapat bangsa jin yang bersembunyi. 


Baca Juga : Mitos Membuang Rambut Wanita Sembarangan


3 Mitos Melempar Batu

Umumnya, jika seseorang melempar batu ke air, maka akan terdengar suara pantulan. Namun lain halnya dengan danau tolire. Ada sebuah mitos yang mengatakan, bahwa danau tolire sebenarnya sangat jauh dengan kehidupan nyata kita. Dan penglihatan manusia saja yang membuat danau tolire terasa dekat.

Selain itu, alasan mitos tersebut muncul karena jika seseorang melempar batu maka kita tidka akan pernah mendengarkan suara pantula. Tentu hal ini menjadi misteri bagi kita semua.


4 Mitos Buaya Putih

Tak asing bagi masyarakat setempat mengenai mitos buaya putih. Banyak yang meyakini jika danau tolire dijaga oleh sesosok siluman buaya putih.

Namun berbeda dengan siluman-siluman lainnya, masyarakat meyakini jika sesosok buaya putih tersebut sangat baik kepada manusia dan bias menjembatani manusia dengan makhluk tak kasat mata.


5 Cerita Legenda Danau Tolire

Ada sebuah cerita yang mengatakan jika danau tolire terbentuk dari hubungan terlarang sedarah (inses) yaitu ayah (pemimpin) dan anaknya. Hubungan tersebut ternyata menghasilkan kandungan yang dialami sang anak. Akibat perbuatannya, mereka pun dihukum sosial dan mendapat kutukan.

Kutukan tersebut mengakibatkan gempa yang dahsyat yang merupakan cikal bakal terbentuknya danau tolire kecil maupun besar. Hingga sekarang ini, mitos tersebut masih dipercayai sebagian orang.


Baca Juga : Bikin Heboh! Berikut 7 Mitos Burung Perkutut Paling Fenomenal

Posting Komentar untuk "5 Mitos Mengejutkan Danau Tolire"