Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bikin Heboh! Berikut 7 Mitos Burung Perkutut Paling Fenomenal

Burung Derkuku

Burung perkutut atau biasa dikenal burung perkutut jawa merupakan burung yang gemar makan biji-bijian. Menurut ciri-cirinya, burung perkutut memiliki tubuh yang kecil, ramping, dan berekor panjang. Burung perkutut ini sering kita jumpai di sekitar lingkungan kita. Tak jarang juga, burung perkutut dijadikan sebagai hewan peliharaan rumah.

Namun dibalik itu semua, ternyata burung perkutut memiliki cerita mitos yang cukup unik untuk kita kupas. Dari pada kalian penasaran, cus langsung saja kita bahas dibawah ini.



1. Burung Perkutut Merupakan Hewan Gaib

Banyak yang mengatakan jika burung perkutut merupakan hewan jelmaan para dewa. Asal muasal mitos tersebut mungkin berasal dari cerita yang satu ini.

Pada jaman dahulu, burung perkutut merupakan hewan peliharaan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Namun konon, burung peliharaan tersebut merupakan jelmaan Pangeran Padjajaran yang bernama Joko Mangu.


2. Burung Perkutut Bisa Memberi Tanda Adanya Santet

Menurut mitos yang beredar dikalangan masyarakat, hampir semua jenis burung peliharaan mampu memberikan tanda adanya santet. Burung itu juga termasuk burung perkutut. 

Mitos mengatakan, konon jika burung perkutut mati secara tiba-tiba tanpa adanya penyebab yang jelas, bisa saja keluarga kalian baru saja di serang ilmu hitam seperti santet.

Menurut berbagai cerita, burung yang mati tersebut bisa saja menjadi penangkal ilmu hitam juga.


3. Burung Perkutut Dapat Mendatangkan Keberuntungan

Ada sebuah perkataan mitos, jika peliharaan burung perkutut bisa cocok dengan pemiliknya, maka si pemilik akan mendapatkan keberuntungan yang luar biasa.


Baca Juga : Mencengangkan! Berikut 6 Mitos Bunga Bougenville yang Wajib Kalian Ketahui


4. Burung Perkutut Mengundang Malapetaka

Ada sebuah mitos yang mengatakan, jika burung perkutut merupakan hewan yang dapat membawa malapetaka. Hal itu berdasarkan gambaran bentuk fisik yang tidak jelas. Entah dari mana mitos ini berasal, namun sangat unik untuk kita kupas juga.


5. Burung Perkutut di Anggap Sebagai Hewan Pesugihan

Karena sering dikaitkan dengan hal-hal gaib, burung perkutut sering dijadikan sebagai hewan pesugihan. Pesugihan ini biasanya dikenal dengan sebutan "Pesugihan Kutut Manggung".

Pesugihan ini, bertujuan memperlancar karier dan kekayaan seseroang. Jenis burung perkutut yang biasa digunakan mitos tersebut adalah perkutut songgo ratu.


6. Hewan Yang Setia

Menurut mitos, burung perkutut dianggap sebagai burung paling setia. Konon jika kandang burung dibuka, maka burung perkutut tidak akan kabur dari pemiliknya.

Tapi jangan sekali-kali kalian coba, karena mitos ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya.


7. Mitos Berdasarkan Jenis Burung Perkutut 

Ada beberapa mitos menurut jenis burung yang bisa kalian ketahui, diantaranya : 

Mitos Burung Perkutut Hitam

  • Jika memelihara perkutut hitam maka sang pemilik burung akan mendapatkan keberuntungan yang sangat kuat.

Mitos Burung Perkutut Daringan

  • Jika memelihara perkutut daringan maka sang pemilik burung akan mendapatkan rezeki yang tak pernah putus sampai tujuh turunan.

Mitos Burung Perkutut Lurah

  • Jika memelihara perkutut lurah maka sang pemilik akan dianugerahi kewibawaan dan penghormatan yang tinggi dari lingkup sekitar.

Mitos Burung Perkutut Songgo Ratu  

  • Jika memelihara perkutut songgo ratu maka sang pemilik akan terhindar dari serangan ilmu hitam.

Mitos Burung Perkutut Putih

  • Jika memelihara perkutut perkutut putih maka sang pemilik akan mendapatkan kekayaan yang sangat melimpah.



Perlu diingat, bahwa mitos tidak bisa dibuktikan dengan kebenarannya. Jadi kalian bisa percaya ataupun tidak.

Posting Komentar untuk "Bikin Heboh! Berikut 7 Mitos Burung Perkutut Paling Fenomenal"