Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Ampuh Mengatasi Adik yang Nakal | Pasti Nurut!

adik laki-laki nakal
Source: Pixabay

Di dalam sebuah keluarga, pasti terdapat sebuah anggota keluarga entah itu adik, kakak, bapak, ibu, hingga nenek dan kakek. Bagi yang mempunyai adik penurut, berperilaku baik, maupun sopan, kita akan merasakan senang.

Namun lain halnya dengan kita yang mempunyai adik bandel atau nakal. Pasti kita akan merasa jengkel di dekatnya. Tentu ini menjadi tantang sendiri, jika anda di posisi sebagai kakak. 

Nah ada sebuah solusi yang bisa anda terapkan untuk menghadapi masalah tersebut dan untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak informasi berikut ini.



1 Sering Ajak Berkomunikasi

Nah mungkin kita tidak tau, jika adik bertingkah nakal atau kurang ajar pasti ada penyebabnya. Entah dari teman, lingkungan, bahkan tontonan yang sering dilihatnya.

Sebagai kakak yang baik, kita bisa mengajaknya berkomunikasi. Biarkan adik berbicara apa adanya dan tanggapi apa yang dibicarakan. Selain itu, sisipkan suntikan motivasi kepada sang adik agar menjadi orang yang benar. 


2 Jangan Ladeni Jika Adik Menjengkelkan

Jika adik kalian bandel dan sulit diatur, mungkin anda perlu mengabaikannya dan lebih baik diam. Walaupun cara yang satu ini tidak efektif untuk jangka panjang, tapi bisa jadi cara ini efektif untuk anda semua. 

Mengabaikan bukan berarti lemah, justru dengan cara ini sang adik lama-kelamaan akan kesal sendiri dan kemudian menyerah.


Baca Juga : Lakukan 16 Langkah Ini Untuk Menjadi Kakak Yang Baik


3 Biasakan Untuk Melakukan Tugas Sendiri

Di dalam kehidupan sehari-hari, biasakan sang adik melakukan tugas sendiri. Contoh, jika adik tidak bisa mengerjakan tugas jangan langsung memberikan jawabannya, melainkan memberikan petunjuk untuk mengerjakannya.

Hal ini bisa memunculkan rasa kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi. Hal ini bertujuan agar sang adik bisa mengasah sifat seperti itu. Dengan begitu, adik tidak akan manja dan anda tidak akan direpotkan adik yang menimbulkan jengkel.


4 Jangan Memberi Contoh yang Buruk

Penyebab adik berperilaku buruk bisa juga disebabkan oleh tingkah laku kalian yang buruk. Apalagi jika adik kalian masih kecil, pasti sangat mudah melakukan hal seperti itu.

Maka dari itu, jangan sekali-kali anda melakukan hal yang buruk di depan sang adik. Kalau perlu, ajari adik menjadi seorang yang baik.


Contoh : 

  • Ajarkan cara membuang sampah pada tempatnya.
  • Ajarkan untuk selalu berbagi kepada sesama.


5 Biasakan mengucapkan hal yang baik 

Mengucapkan hal yang baik ternyata memberikan efek yang sangat positif kepada orang banyak, termasuk anda sebagai kakak. Ada beberapa ucapan yang harus dimiliki adik, diantaranya :

  • Mengucapkan Terima Kasih Memberikan Sesuatu.
  • Mengucapkan Minta Maaf Ketika Apa yang Dilakukannya Keliru.

Posting Komentar untuk "5 Cara Ampuh Mengatasi Adik yang Nakal | Pasti Nurut!"