Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Mitos Tanaman Bambu Terupdate Di Kalangan Masyarakat

Misteri Tanaman Bambu

Dalam bahasa jawa bambu disebut dengan istilah dengan sebutan Pring. Dikutip dari situ Wikipedia Bambu merupakan tanaman yang beruas dan berongga di bagian batangnya. Selain itu, bambu tergolong tanaman jenis rerumputan dengan pertumbuhannya yang sangat cepat.

Bambu masih banyak dijumpai di negara kita dan sering dimanfaatkan sebagai atap rumah, jembatan, hingga berbagai kerajinan di dalam kehidupan di masyarakat sekitar. Namun perlu anda ketahui semua, bahwa bambu ternyata memiliki cerita mitos yang sangat menarik untuk kita bahas. Untuk mengupasnya lebih dalam, berikut beberapa mitos tanaman bambu yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar.



1 Tanaman Bambu Sebagai Rumah Hantu

Bambu sering kali kita jumpai di daerah pedesaan dan umumnya jauh dari rumah pemukiman warga seperti di pinggir sungai, dekat kuburan, hingga di sekitar hutan. Menurut berbagai cerita masyarakat, khususnya di pulau jawa, tanaman bambu sering dijadikan persembunyian atau rumah bagi mahkluk tak kasat mata.

Bambu yang dimaksud biasanya berada di dekat sungai atau di dekat kuburan dengan ukuran tanaman yang cukup tinggi. Maka tak heran, banyak orang yang takut berada di sekitar tanaman bambu ketika malam hari.

Apakah mitos tanaman bambu tersebut sama seperti cerita yang ada di sekitar tempat tinggal kalian?


2 Hutan Bambu Sebagai Sarang Jin

Selain dikenal sebagai rumah hantu, hutan bambu sering kali dianggap beberapa orang sebagai sarang jin. Suasana yang singgup terkadang menjadi salah satu ciri-ciri bahwa jin tersebut sedang berada di tempat ini. 


Baca Juga : Ritual Cingcowong Bikin Orang Penasaran | Anda Wajib Tau!


3 Melangkahi Bambu = Diculik Makhluk Tak Kasat Mata

Ada beberapa mitos bambu yang unik untuk kita bahas seperti yang satu ini. Mitos mengatakan, jika seseorang melangkahi bambu maka mereka akan diculik makhluk tak kasat mata. Mitos ini sering kali ditujukan kepada anak-anak.

Jika kita cermati, mitos tersebut bertujuan agar anak-anak tidak bermain di sekitar tanaman bambu.


4 Mitos Bambu Kuning Sebagai Pagar Makhluk Tak Kasat Mata

Jika kalau tadi kita membahas mengenai bambu yang berwarna hijau, sekarang kita akan membahas mengenai mitos bambu kuning di kalangan masyarakat sekitar. 

Perlu kalian ketahui, ada mitos yang mengatakan jika tanaman bambu kuning dipercayai bisa mengusir makhluk tak kasat mata yang ingin mengganggu penghuni rumah.

Tak hanya itu saja, bambu kuning dipercaya bisa menghindari serangan santet atau ilmu hitam lainnya.


5 Mitos Bambu Kuning Sebagai Jimat

Ada beberapa orang yang memanfaatkan bambu kuning sebagai jimat. Menurutnya, bambu kuning mampu memberikan keamanan dimanapun kalian berada. Selain itu, jimat bambu kuning umumnya disimpan di dompet hingga saku celana.

Namun menurut berbagai sumber, tidak sembarang bambu yang bisa digunakan. Hanya bambu dengan cabang ruasanya saling bertemu satu sama lain yang bisa digunakan sebagai jimat.

Perlu kalian ketahui, bambu kuning tidak hanya digunakan sebagai jimat namun bisa juga dijadikan sebagai penglaris.


6 Mitos Bambu Kuning Sebagai Pengusir Ular

Tak hanya dikenal sebagai tanaman hias, ternyata bambu kuning dipercaya sebagai tanaman yang mampu mengusir ular. Mitos yang satu ini ternyata sangat populer di kalangan masyarakat. Konon tanaman bambu digunakan sebagai alat guna ular menunjukkan wujud aslinya.


7 Mitos Bambu Kuning Sebagai Pengusir Maling dan Pembawa Keberuntungan

Selain dikenal dengan mitos mistisnya, tanaman bambu kuning dikenal juga sebagai pengusir maling dan pembawa keberuntungan bagi penghuni rumah. Mitos ini berasal dari kepercayaan Feng Shui. Jadi apakah kalian tahu mitos bambu tersebut.


Perhatian :

Mitos ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya, maka dari itu kalian bisa mempercayai dan juga bisa tidak. 


Baca Juga : 4 Mitos Belalang Masuk Rumah Terlengkap dan Terbaru


Posting Komentar untuk "7 Mitos Tanaman Bambu Terupdate Di Kalangan Masyarakat"