Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Heboh! Inilah Mitos Kelabang Masuk Rumah Terlengkap

Mitos Kelabang

Tahukah kalian bahwa kelabang merupakan hewan yang memiliki tubuh pipih seperti cacing akan tetapi memiliki banyak kaki dan di bagian depannya sangat beracun.

Kelabang atau lipan merupakan hewan yang bisa kita temukan di berbagai habitat seperti dibawah batu, kayu busuk, kulit kayu, seresah dedaunan, hingga berada di sekitar rumah kita. Hewan ini merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Maka tak heran jika kita sering menemui/melihat kelabang berkeliaran ketika malam hari.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kehadiran kelabang merupakan sebagai ancaman tersendiri bagi. Dengan fenomena ini, kelabang merupakan hewan yang sering di bunuh oleh manusia.

Selain itu, ada cerita unik yang membuat kita terheran-heran mengenai kelabang. Ada yang menganggap bahwa kelabang memiliki aura negatif jika masuk ke dalam rumah kita. 

Menurut orang jaman dulu, jika kelabang masuk rumah berarti penghuni rumah diingatkan akan ada sesuatu hal yang terjadi tanpa diduga-duga. Lantas pertanda apakah itu? Dari pada penasaran, berikut kumpulan mitos  kelabang masuk rumah secara lengkap.


Mitos Kelabang Masuk Rumah

Mitos Lipan Masuk Rumah
Jika kelabang masuk rumah berarti akan ada pertanda buruk bagi penghuni rumah, terutama yang melihatnya. Mitos ini didasari oleh primbon jawa.

Jadi apa saja mitos buruk kelabang masuk rumah? berikut penjabarannya.

1. Mitos Kelabang Masuk Rumah Pertanda Akan Terjadinya Musibah

Banyak yang beranggapan bahwa kelabang masuk rumah memiliki makna buruk seperti terjadinya musibah secara tiba-tiba di dalam waktu dekat. Jadi berhati-hatilah ketika beraktivitas.

2. Mitos Kelabang Masuk Rumah Pertanda Adanya Jelmaan Jin

Beberapa orang percaya, bahwa kelabang masuk rumah merupakan pertanda perwujudan jin atau siluman. Selain itu, hewan ini suka bersembunyi di tempat gelap dan lembab sehingga membuat aura mistis dari hewan ini sangat berbahaya.  

3. Kelabang Masuk Rumah Pertanda Kedatangan Santet

Orang terdahulu menduga-nduga, bahwa kelabang masuk rumah ketika malam hari memiliki arti buruk seperti kedatangan ilmu hitam atau santet. Selain itu, beberapa korban santet bercerita sebelum jatuh sakit sempat melihat kelabang. Entah dari mana mitos ini berasal, akan tetapi sangat menarik untuk kita bahas.

4. Kelabang Masuk Rumah Merupakan Pertanda Perwujudan Orang Meninggal

Beberapa orang percaya, bahwa kelabang masuk rumah di sinyalir sebagai perwujudan orang yang sudah meninggal. Akan tetapi, mitos ini jarang sekali dipahami, sehingga banyak orang yang membunuh kelabang.

Hukum Membunuh Kelabang Masuk Rumah Menurut Islam

Apa Hukum Membunuh Lipan Menurut Islam
Menurut islam, membunuh kelabang sangat dianjurkan akan tetapi dengan catatan, tidak membunuh kelabang dengan cara dibakar. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW, 

Lima Hewan Yang Kesemuanya Disebut Hewan Fasik Yang Boleh Dibunuh Di Tanah Halal Maupun Tanah Haram, Yaitu Burung Gagak, Al Hada-Ah, Tikus, Kalajengking dan Anjing Galak.

Di dalam hadist tersebut juga termasuk kedalam perintah membunuh semacam hewan mengganggu.


Lipan Masuk Rumah

Mitos Kelabang Kecil Masuk Rumah

Lipan Kecil Masuk Rumah
Kebalikannya dari kelabang besar, bahwa mitos anak kelabang atau kelabang kecil menandakan bahwa akan terjadi berbagai musibah dalam waktu dekat akan tetapi ujian yang dihadapi sangat kecil.

Penyebab Kelabang Masuk Rumah

Penyebab Lipan Masuk Rumah
Secara ilmiah, kelabang masuk rumah di sebabkan beberapa faktor seperti berikut.

1. Terdapat Ruang Lembab di Lingkungan Rumah
Jika kita lihat dari sudut pandang ilmiah, kehadiran kelabang bisa terjadi jika ada tempat lembab di rumah. Kalian bisa menemukannya di tempat tempat tertentu seperti :
  • Dibawah wastafel atau tempat cuci piring
  • Berada di sudut-sudut pojok selokan ataupun got.
  • Gudang yang berada di sekitar pipa air.

2. Terdapat Sumber Makanan Yang Dibutuhkan Kelabang
Penyebab lainnya kelabang masuk rumah yaitu terdapat sumber makanan seperti laba-laba, serangga, hama tanaman, hingga cacing

3. Kelabang Kehilangan Tempat Tinggal
Penyebab lainnya, bisa jadi kelabang kehilangan tempat tinggal aslinya sehingga mau tak mau kelabang berinisiatif untuk mencari tempat tinggal baru seperti di rumah kalian. Kebetulan area di sekitar rumah kalian sangat cocok dijadikan tempat tinggal kelabang, contohnya :
  • Tumpukan daun kering di sekitar halaman rumah,
  • Tumpukan kayu di sekitar garasi maupun halaman,
  • Tempat perkakas bekas yang tidak pernah terpakai,
  • Rerumputan yang tumbuh tinggi tanpa pernah di rapikan atau dipangkas.   

Cara Ampuh Mengusir Kelabang 

Cara Mengusir Lipan 
Bagi yang belum tentang cara mengusir kelabang masuk rumah, kalian bisa menerapkan tips berikut ini. 

  • Tangkap Kelabang Dengan Menggunakan Toples
  • Siramlah Kelabang Dengan Air Panas
  • Gunakan Kapur Serangga Agar Kelabang Tidak Berani Masuk Ke Rumah Kalian.
  • Taburlah Garam Dapur Di Area Tertentu
  • Jauhkan Benda-Benda Yang Bersifat Lembab.
  • Tutup Celah Rumah Atau Lantai Yang Terbuka
  • Gunakan Lem Perangkap Atau Jebakan


Nah itu saya pembahasan mengenai mitos kelabang masuk rumah terlengkap dan terupdate. Namun perlu digaris bawahi lagi, bahwa mitos belum bisa dibuktikan kebenarannya. Jadi kalian tidak usah terlalu memikirkan berlebihan ya sob. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita dijauhkan dari segala mara bahaya yang ada.