Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gagahnya Menara Mercusuar Pantai Puger, Jawa Timur

Mercusuar
Mercusuar Pantai Puger, Puger

Pernah melihat bangunan tinggi seperti tower/menara akan tetapi berada di pinggir pantai. Jika kalian tidak tau, maka itulah yang dinamakan mercusuar, menara suar, menara api, ataupun menara angin. Tapi lebih umumnya, menara tinggi ini disebut dijuluki sebagai Mercusuar.

Nah, pemandangan seperti ini ternyata ada di pantai selatan Pulau Jawa yang berada di Provinsi Jawa Timur, yaitu Jember.

Menara yang ada di Jember tersebut dinamakan adalah Mercusuar Pantai Puger. Untuk letak detailnya, mercusuar pantai puger berada di Manderan II, Puger Kulon, Kec. Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68164.

Selain itu, mercusuar tersebut berada di dekat Pantai Puger atau Pancer Puger. Jika ingin melihatnya dengan mudah, Kalian bisa melintasi Jalur Lintas Selatan (JLS) Jember. 

Untuk lebih detailnya, Kalian bisa melihat peta google maps dibawah ini.



Mercusuar Pantai Puger 

Mercusuar Pantai Puger merupakan salah satu destinasi wisata alternatif lainnya yang ada di Kabupaten Jember. Jika kalian berada dari pusat kota Jember, maka jaraknya sekitar 45 km.

Akan tetapi, tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam Mercusuar Pantai Puger, sebab hanya para petugas saja yang bisa masuk. Tapi tenang, untuk menikmati menara mercusuar ini, kalian bisa menikmati dari depan kantor Menara Mercusuar Pantai Puger.

Menurut informasi yang ada, Mercusuar Pantai Puger berada di ketinggian 55 meter di atas permukaan laut.


Sebagai Spot Foto Wisatawan

Perlu diketahui bahwa masyarakat sekitar maupun luar sering menjadikan lokasi di sekitar Menara Mercusuar Pantai Puger menjadi objek selfie atau spot foto kece.

Jadi, jika sudah menikmati pantai puger, jangan lupa foto-foto di depan menara mercusuar pantai puger ya guys.


Waktu Yang Pas Menikmati Mercusuar Pantai Puger

Ada beberapa tips yang perlu Kalian ketahui untuk menikmati suasana dan pemandangan di Mercusuar Pantai Puger yaitu pagi hari atau sore hari.

Sebab di waktu tersebut, udara masih sangat segar dan untuk mengabadikan foto terbaik di waktu tersebut sangatlah bagus.

Jika waktu siang, maka rasa panaslah yang didapatkan dan al hasil, menikmati pemandangan menara suar jadi terganggu.


Baca Juga : Indanya Pantai Watu Papak | Private Beachnya Pacitan


Apakah Ada Tiket Mercusuar Pantai Puger

Perlu kalian ketahui, jika kalian berada di sekitar mercusuar pantai puger, tidak ada tiket masuk alias gratis. Jadi kalian bisa menikmati pemandangan mercusuar pantai puger kapan saja ya guys.


Manfaat Adanya Menara Mercusuar di Sekitar Pantai Puger 

Menara Mercusuar Jember
Menara Suar Jember

Ada beberapa fungsi Mercusuar Pantai Puger dibangun, diantaranya sebagai berikut.

  1. Sebagai menara navigasi bagi para kapal khususnya kapal nelayan di malam hari.
  2. Mencegah terjadinya kapal bertabrakan dengan kapal lainnya, daratan, bahkan karang, sebab adanya cahaya dari menara  mercusuar.
  3. Sebagai penentu lokasi dan arah berlayar. 


Itulah pembahasan mengenai Mercusuar Pantai Puger, so kapan Kalian datang kesini.


Baca Juga : Pesona Pantai Pancer Puger Bikin Terngiang-Ngiang Wisatawan