10 Fakta Mengejutkan Tentang Hujan Terbaru

Hujan

Hujan adalah rahmat yang diberikan Tuhan kepada kita dan wajib kita syukuri. Hujan juga memiliki manfaat bagi mahkluk hidup di bumi. Sampai sayangnya dengan hujan, manusia juga membuat lagu yang berjudul tentang hujan. Dari pada kalian bertanya-tanya tentang hujan, langsung saja kita bahas fakta menarik tentang air jatuh tersebut.

1. Bau Unik Dan Khas

Hujan

Selain bau kringat yang kalian keluarkan dari tubuh, ternyata hujan juga memiliki bau yang khas. Bau yang khas ini tenyata bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Bau hujan bisa menyenangkan bagi manusia dikarenakan tumbuhan mengeluarkan minyak yang nantinya diserap oleh batuan dan tanah, selanjutnya minyak tersebut akan dilepas di udara bersama senyawa yang memiliki nama Geosmin. Bau yang khas ini dinamakan Petrichor.

2. Secepat Hujan


Hujan adalah air yang jatuh dari langit yang membuat basa kuyup jika kita terkena. Hujan juga memiliki kecepatan 8-10 km/jam. Kecepatan hujan ini tergolong rendah, jika hujan turun dengan kecepatan tinggi nanti akan membuat atap rumah kalian hancur lebur. Tentu kecepatan yang dimiliki hujan jarang kita bahas dalam kehidupan sehari-hari maka dari itu kalian harus tahu tentang hal ini.

3. Membuat Tanaman Lebih Segar


Mungkin hati kalian belum secerah tetesan air hujan. Hujan kali ini memiliki manfaat lho bagi tanaman. Salah satunya membuat tanaman secerah dan sebersih wajah kalian. Hal ini bisa terjadi karena tetesan hujan memiliki kandungan nitrogen dan tentu tanaman yang sebelumnya galau akan menjadi ceria saat hujan turun.

4. Inspirasi Hujan


Ternyata hujan dapat menghipnotis seperti pesulap. Kalau biasanya para pesulap belajar, untuk kali ini hujan memiliki kekuatan sulap yang sangat alami. Bahkan ilmuan meneliti bahwa hujan dapat meresonansikan ingatan manusia yang terjadi di masa lalu. Maka dari itu hujan dapat menghipnotis manusia sehingga saat terjadi hujan kita sering mendapat inspirasi atau ide-ide yang positif.

5. Tetesan Air Hujan 

Hujan


Diamater yang dimiliki tetsan hujan sangatlah berbeda-beda yaitu antara 0,02 sampai 0,031 inci. Selain itu, ketinggian minimal Awan hujan sekitar 10.000 meter. 16 juta ton air menguap dari permukaan dan setiap detik pula akan turun sebagai hujan.

6. Bayangan Unik


Bayangan yang ini sangatlah unik, biasanya hujan ini terjadi di daerah yang panas seperti gurun. Hujan bayangan disebut juga Phantom Rain karena hujan yang turun menguap terlebih dahulu sebelum menyentuh tanah. Seperti seseorang yang jatuh cinta, tapi di tolak sembunyi-sembunyi hahaha.

7. Mitos aneh


Ketika ada hujan angin terjadi, banyak orang jawa mempercayai kalau membuang nasi di depan rumah mereka dan membacakan doa maka hujan tersebut akan kembali tenang. Mitos ini boleh kalian percayai boleh tidak.

8. Hujan Di Planet Lain

Hujan

Hujan di planet lain dengan hujan yang ada di bumi sangatlah berbeda. Seperti halnya dengan planet Venus. Di planet ini hujan terbuat dari asam sulfat sedangkan di bulan Titan curah hujannya lebih mengandung metana dari pada air.

9. Hujan Berwarna


Hujan berwarna ternyata bisa terajdi lho. Namun perlu kalian ketahui hujan ini mengandung cukup banyak debu yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang dan harus diamati dengan menggunakan alat pembesar. Hujan ini pernah terjadi di daerah Kottayam di Kerala.

10. Hujan Buatan 

Hujan


Cinta manusia kadang-kadang dibuat-buat ternyata hujan pun bisa dibuat lho. Hujan buatan ini bisa terjadi ketika bahan-bahan kimia ditaburkan di ketinggian 4000-7000 kaki untuk mempengaruhi terjadinya awan.

Baca Juga : 10 Fakta Tentang Petir Yang Mencengangkan

Belum ada Komentar untuk "10 Fakta Mengejutkan Tentang Hujan Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel