7 Fakta Terlengkap Jendral Soedirman | Orang Indonesia Wajib Tahu

Jendral Soedirman

Jendral Soedirman merupakan tokoh pahlawan Indonesia yang hingga kini masih dikenang oleh masyarakat dan jasa-jasanya sangat besar bagi negara tercinta ini. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah kegigihan Jendral Soedirman melawan penjajah, tak heran jika di sekolah-sekolah pasti membahas tokoh yang satu ini. Karena jasanya bagi bangsa indonesia yang besar, sampai-sampai produksi film mengangkat kisah soedirman melawan penjajah. Untuk itu, kita sebagai generasi bangsa yang hebat harus mengetahui lebih dalam tentang Tokoh Jendral Soedirman. Ingin tahu apa saja fakta tentang Jendral Soedirman? yuk langsung saja kita bahas di bawah ini.




1| Asal Usul Jendral Soedirman

Biografi Jendral Soedirman

Jendral Besar Raden Soedirman lahir pada tanggal 24 Januari 1961, di Purbalingga, Hindia Belanda. Soedirman lahir dari pasangan  Karsid Kartawiraji dan Siyem. Ketika itu, Soedirman diasuh oleh pamanya yang merupakan seorang priyai. Soedirman dikenal sebagai anak yang rajin, dan aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolahnya. Paman Jendral Soedirman itu bernama Raden Cokrosunaryo. Hal yang harus kalian ketahui, ternyata jendral soedirman tidak diberi tahu bahwa Cokrosunaryo bukanlah ayah kandungnya sampai ia berusia 18 tahun. Setelah Cokrosunaryo pensiun dari camat, jendral soedirman pergi ke cilacap untuk mengikuti keluarganya, disana jendral soedirman tumbuh besar. Tak disangka ternyata sang jendral juga memiliki saudara bernama Muhammad Samingan. Tak lama, Siyem menitipkan kedua anaknya kepada saudara iparnya dan kemudian siyem pergi ke kampung halamannya.

2| Tokoh Panutan 

Sejak kecil sampai besar, Soedirman selalu dimotivasi cerita-cerita kepahlawanan dan tata karma priyayi serta etos kerja dan kesederhanaan rakyat kecil. Tak heran Soedirman dikenal sebagai anak yang taat beribadah dan ia dipercaya mengumandangkan adzan dan iqamat. Saat di sekolah, jendral soedirman dikenal sebagai seseorang yang rajin, pintar dan tekun dalam belajar. Dalam pelajaran kaligrafi jawa jendral soedriman lemah untuk memahami, namun dibidang matematika, ilmu alam, dan menulis, baik bahasa Belanda maupun Indonesia kepintarnya tidak bisa ditanya lagi. Dalam organisasi, Soedirman sangatlah aktif dalam kegiatan apapun. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mencontoh prilakunya ya......

3|  Profesi Jendral Soedirman 

Jendral Soedriman dikenal sebagai kepimpinan yang sangat kuat, itu dapat dilihat dari masa mudanya. Setelah lulus dari wirotomo, Soedirman melanjutkkan ke jenjang pendidikan tinggi di sekolah khusus guru yang dikelolah muhammadiyah di surakarta yang bernama Kweekscool. Akan tetapi karena terkendala dengan biaya dalam menempuh pendidikan tersebut, lalu akhirnya Soedirman memutuskan untuk berhenti. Setelah itu, sang jendral kembali ke cilacap untuk mengajar di sekolah dasar muhammadiyah. Disana pula Soedirman menemukan sang pujaan hatinya yang bernama Alfiah yang pernah menjadi temannya sekolah dan kemudian mereka menikah.

Sebagai guru, Jendral Soedirman mengajarkan kepada murid-muridnya tentang pelajaran moral yang diambil dari kisah-kisah rasul dan kisah wayang tradisional. Menurut salah satu muridnya, jendral soedirman dikenal sebagai sesosok guru yang adil dan sabar, selain itu dalam pelajarannya, Soedirman mencampurkan humor dan nasionalisme kepada murid-muridnya.

4| Masa Penjajahan Jepang

Masa Muda Jendral Soedirman

Pada masa penjajahan jepang, sekolah yang sehari-hari digunakan untuk mengajar oleh Jendral Soedirman sempat ditutup oleh Jepang, untuk dijadikan sebagai pangkalan militer. Kemudian setelah Jendral Soedirman meyakinkan pemerintah jepang, akhirnya sekolah tersebut dibuka. Memang pada saat itu pemerintahan di nusantara sangat kacau dan kehidupan warga non jepang menderita dan terdapat pelanggaran hak asasi manusia yang dilakuakan jepang.

Pada waktu itu Jendral Soedirman menjadi anggota PETA yang merupakan tentara bentukan jepang. Pada saat itu jendral soedirman ditunjuk sebagai komandan dan mempunyai tugas untuk merekrut pemuda pribumi untuk dijadikan anggotanya. Tujuan dalam pembentukan PETA sendiri yaitu agar mampu berperang dan menghalau tentara Sekutu yang mulai gencar memburu Jepang di mana saja mereka berada.

Pada waktu itu, jabatan Jendral Soedirman sebagai komandan PETA berlalu tanpa ada banyak peristiwa, hingga pada tanggal 21 April 1945, pemberontakan terjadi ketika pasukan PETA yang dikomandani oleh kusaeri melancarkan pemberontakan kepada jepang dan membuat satu tentara jepang meninggal. Mengetahu hal ini, Jendral Soedirman meminta agar jepang tidak membunuh anak buahnya sebagai syarat agar pemberontakan itu dapat diredam. Jepang akhirnya menyetujui perjanjian tersebut, akan tetapi jepang tetap mengirim mereka ke kamp konsentrasi dan dipekerjakan secara kasar.


5| Jiwa Sang Pemimpin 

Setelah mendengar bahwa kota Hiroshima dan Nagasaki di bom atom oleh sekutu dan diikuti dengan kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Jendral Soedirman melarikan diri ke jakarta untuk menemui Soekarno. Soekarno meminta agar Jendral Soedirman memimpin perlawanan terhadap pasukan Jepang di kota. Karena tidak terbiasa dengan lingkungannya di jakarta, akhirnya jendral soedirman menolaknya. Tak lama kemudian Jendral Soedirman menjabat sebagai Badan Keamanaan Rakyat (BKR) yang berada di Banyumas. Kegigihan dan jiwa kepimpinan yang kuat membuat Jendral Soedirman disejajarkan dengan para petinggi militer yang lebih senior darinya. Tak heran, jika Jendral Soedirman salah satu orang yang dipercayai oleh Presiden pertama Indonesia.

6| Perang Gerliya 

Perang Gerliya

Siapa yang tak mengetahui tentang perang gerliya yang dilakukan oleh jendral soedirman, ya.. perang gerliya yang dilakukannya sudah diakui dunia, bahwa strategi tersebut sangat baik. Tapi kalian juga harus tahu, disaat Soedirman memimpin perang pun, kebiasaan yang tidak bisa di tinggalkan adalah selalu berwudhu sebelum berperang, selain itu sang jendral tidak pernah meninggalkan sholatnya, dan prilaku yang harus dicontoh ialah, bahwa sang jendral memiliki hati yang tulus dan ikhlas dalam menjalani perang demi kepentingan rakyat, bangsa dan negara kita yaitu Indonesia.

Pada saat itu juga, Jendral soedirman menggalami sakit TBC yang sangat parah dan membuat paru-paru satunya hilang, namun sang jendral tetap memimpin perang gerliya tersebut. Kerja keras dan strategi yang jitu membuat jendral soedirman menggalahkan Belanda. Belanda baru sadar bahwa Indonsia memiliki strategi yang sangat hebat, dan akhirnya, berkat hasil kerja keras dan perjuangan Jendral Soedirman disambut hangat oleh masyarakat sekitar. Bayangkan jika tidak ada perang tersebut, bisa-bisa Indonesia nasibnya akan semakin parah bukan....

7| Penghargaan Jendral Soedirman 

Mata Uang Jendral Soedirman

Jendral Soedirman wafat di Magelang pada tanggal 29 Januari 1950, ketika itu sang jendral berusia masih sangat muda. Untuk mengenang jasa-jasanya, Pemerintah meletakan gambar Jendral Soedirman pada salah satu mata uang Indonesia.

Patung Jendral Soedirman di Jepang

Tak hanya di Indonesia saja, patung jendral soedirman juga berada di negara Jepang looo. Patung tersebut terletak di kota Tokyo, yang lebih tepatnya berada di depan kementrian pertahanan Tokyo. Jika kalian ingin tahu lebih detailnya bisa datang kesana ya...



Baca Juga : Mengejutkan, Berikut 7 Fakta Orang Kurang Pintar Alias Bodoh

Belum ada Komentar untuk "7 Fakta Terlengkap Jendral Soedirman | Orang Indonesia Wajib Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel