Tips dan Trik | Cara Ampuh Menemukan Ide Dengan Cepat

Idea

Sebuah Ide terkadang mucul tak diduga-duga oleh seseorang, tetapi jika seseorang membutuhkan ide, terkadang cukup sulit untuk memunculkannnya. Sebagian orang terkadang sangat sulit untuk menemukan ide di dalam fikirannya, karena ada beberapa faktor yang belum terpenuhi. Tetapi sekarang kalian tidak usah bingung, karena artikel ini akan memberikan solusi agar kalian dapat menemukan ide kreatif dan cemerlang. Berikut tips dan triknya untuk kalian semua.

1| Melihat Keadaan Sekitar

Sendiri

Dengan melihat, kita biasanya dapat mengamati dan menganalisis keadaan sekitar. Biasanya ide seseorang muncul ketika kalian mengamati sesuatu hal yang terkadang tidak kalian amati sebelumnya. Maka dari itu, mulailah mengamati lingkungan sekitar dahulu, kemudian analisis dan buatlah sebuah gagasan-gagasan tentang apa yang kalian amati untuk memunculkan ide yang cemerlang.

2| Ide Buruk 

Ide pertama seseorang terkadang muncul dengan kualitas buruk. Itu memang hal yang wajar dialami seseorang ketika berusaha mencari ide. Namun yang perlu kalian ketahui untuk menghasilkan ide cemerlang, butuh sebuah proses yang panjang. Bahkan Gerry Graf dari Barton F. Graf 9000 mengatakan jika timnya butuh 4000 ide buruk dahulu sebelum menghasilkan ide yang sangat bagus. Maka dari itu, ide buruk yang kaufikirkan jangan langsung kau buang begitu saja, tulislah ide tersebut walaupun buruk, karena ide yang buruk bisa disempurnakan untuk menghasilkan ide yang sangat bagus. 

3| Buku Catatan

Membaca Di Ruang Terbuka

Buku catatan merupakan hal yang sangat penting untuk menuliskan sebuah ide-ide kita di saat ide itu muncul dengan sendirinya. Seperti jika kita mengamati suatu kejadian di suatu perjalanan dan kemudian kita menemukan ide. Pada saat itu juga kita menulis ide tersebut agar ide yang muncul tidak hilang di fikiran kita. Untuk itu, bawalah buku catatan kemana-mana ya. 

4| Sering Membaca

Buku adalah jembatan ilmu, jika kalian malas membaca buku, bisa jadi kebiasaan itu membuat ide anda tidak sering muncul. Jika kalian jarang membaca, maka saat ini juga, berusahalah membacanya tiap hari. Membaca tidak hanya lewat buku saja, membaca bisa dari mana saja seperti koran, website, majalah dan lain-lain. Mungkin setelah anda membaca dari beberapa buku, kalian akan menemukan ide dengan cepat. 


5| Modifikasi Ruangan 

Menulis

Buatlah ruangan disekitar kalian bersih dan nyaman untuk dilihat. Mengapa hal itu harus dilakukan, karena jika tempat kalian berantakan nantinya akan berpengaruh kepada imajinasi kalian dalam memunculkan ide. Jadi saya sarankan jika kalian ingin menemukan ide dengan cepat buatlah lingkungan di sekitar kalian nyaman dan bersih ya. 

6| Musim Hujan

Hujan merupakan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang wajib kita syukuri. Namun tahukah kalian, ternyata bau hujan dapat memperbaiki mood seseorang lo. Untuk itu, disaat musim hujan tidak salahnya menulis ide-ide tersebut. Oh ya, ketika menulis di waktu hujan tidak salahnya kalian menikmati minuman yang hangat-hangat, supaya ide yang kalian keluarkan menghasilkan kualitas yang bagus. 

7| Tidak Ramai

Apakah kalian memikirkan ide dengan tim? kalau iya, kalian harus membatasi orang-orang yang hadir dalam memunculkan sebuat ide tersebut. Mengapa harus seperti itu? Supaya kita dapat menemukan ide dengan cepat, tenang, dan menghindari dari kata-kata interupsi (pemotongan pembicaraan). Ternyata hal itu pernah dilakukan oleh CEO Amazon yang bernama Jeff Bezos.

8| Beristirahatlah

Tiduran

Jika kalian tidak menemukan ide-ide tersebut, jangan lupa beristirahat secukupnya. Karena bisa jadi, ide itu tidak muncul karena kalian kelelahan. Gunakan waktu istirahatmu seperti tidur atau melihat pemandangan dan merasakan udara yang berbeda dengan sebelumnya. Kalau sudah, tuliskan kembali satu atau dua kalimat di buku untuk dikembangkan menjadi sebuah ide yang hebat. 



Baca Juga : 8 Tips dan Trik Mengatasi Rasa Malas Pada Diri Kita

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik | Cara Ampuh Menemukan Ide Dengan Cepat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel