Lakukan Langkah Ini, 12 Cara Membahagiakan Orang Tua Dalam Hal Sederhana

my parents

Pemarah, Penyayang, Ramah, Galak, dan sebagainya merupakan kebiasaan orang tua yang sering kita lihat sehari-hari. Memang kalian harus berfikir betapa bersyukurnya kalian ketika masih diberi kesempatan bisa melihat orang tua, banyak dari kalian yang sebenarnya belum sempat bertemu dengan orang tuanya. Maka dari itu jangan sampai kita sebagai anak membuat orang tua kita sakit hati karena tingkah laku kita yang seenaknya sendiri, buatlah orang tuamu senang. Membuat senang orang tua tidak harus dengan yang mewah-mewah, justru hal sederhana bisa membuat orang tua kita senang dan bahagia. Lantas apa saja? yuk langsung kita bahas.


1| Beribadahlah tepat waktu 


Beribadah tepat waktu dapat membuat orang tua kita senang dan bahagia. Kok bisa? ketika anaknya tidak pernah meninggalkan sholat, orang tua pasti berfikir di dalam hati dan terenyuh karena dia sudah berhasil mendidik akhlak anaknya menjadi pribadi yang baik. Tidak hanya itu, ketika anaknya berdoa kepada Sang Pencipta meminta agar orang tuanya diberikan kesehatan, keselamatan, dunia dan akhirat, hal itu akan selalu diingat orang tua. Maka dari itu, tingkatkan ibadahmu selagi kau mampu, sebab orang tuamu jika sudah tiada pasti hanya menginginkan doamu saja bukan hartamu.

2| Bantulah Tanpa Harus Disuruh


Bantulah orang tua walupun sederhana, salah satunya adalah membantu bersih-bersih di rumah, seperti membersihkan kamar tidur, menyapu lantai, mencuci piring, mencuci baju dan lain-lain. Dari hal sederhana itulah orang tuamu akan bangga terhadapmu, karena kamu nantinya akan dicap sebagai anak yang pengertian. Di zaman sekarang ini, mungkin hal sederhana tersebut mulai ditinggalkan, itulah yang membuat orang tua kesal setiap harinya dan sering memarahi anaknya. Jadi, apakah kalian sudah mencoba membantu orang tua saat ini?

3| Berperilaku Jujur


Jujur salah satu perilaku yang sangat disukai orang tua. Jika kita berperilaku jujur maka orang tua kita tentu merasa aman dan tenang. Namun jika sebaliknya, omelanlah yang sering kita dengar di telinga kita. Banyak anak dizaman sekarang sering membohongi kedua orang tuanya agar mendapat izin keluar, maka dari itu orang tua sering was-was terhadap anaknya. So, jika kalian sudah jujur kepada orang tua, berarti kamu anak yang bisa diandalkan orang tua.

4| Berkata Lembut dan Sopan


Orang tua manah sih yang tidak mau anaknya mempunyai perkataan lembut dan sopan. Namun dizaman sekarang banyak anak yang membentak-bentak ibunya sehingga membuat orang tua jengkel. Tetapi  hanya dengan berkata sopan dan lembut kepada orang tua, kita bisa meluluhkan hati orang tua dari dalam. Jadi jangan sampai kalian menyakiti hati orang tua dengan perkataan tidak enak ya, sebab kalian pasti akan menyesal dikemudian hari.

5| Menjahui Hal-Hal Negatif


Orang tua sering mengharapkan jika anaknya tidak terjerumus oleh pergaulan yang salah. Maka dari itu, sebaiknya kalian harus berhati-hati kepada orang disekitar, sebab jika kalian terjerumus oleh pergaulan yang salah, bisa-bisa orang tua kalian merasakan sedih dan kecewa. Maka dari itu jadilah anak yang baik dalam hal apapun ya guys.

6| Sifat Terbuka


Orang tua sangat cocok untuk dijadikan tempat curhat anaknya dari pada teman kita sendiri. Dengan sikap sederhana itu, orang tua pasti tambah sayang pada diri kita. Tidak hanya itu, orang tua ternyata juga bisa melihat anaknya yang sedih dan senang lo, karena orang tua memiliki ikatan batin dengan kita, dan orang tua sangat mengerti kebiasaan kita sehari-hari. Jadi jika kalian galau, senang, bahkan sedang marah maka orang tua pasti bisa menebak keadaan kalian saat ini.

Baca Juga : Berbahaya, Berikut 5 Gejala Orang Kesurupan | Wajib Baca


7| Hadiah Kecil


Umumnya sifat orang tua itu menerima apa yang diberikan oleh anaknya walaupun kecil. Hadiah kecil membuat orang tua teringat dengan kalian dan menambah sayang kepada kalian. Apa sih hadiah kecil itu? contohnya seperti, kalian memberikan sebagian gaji kerja kalian walaupun kecil, membelikan sebuah makanan, dan lain-lain. Jika kalian melakukan seperti yang ada pada contoh, maka orang tua kalian pasti berfikir "anak ini ternyata sangat peduli ya sama orang tua", selain itu orang tua kalian akan selalu mengingat pemberian kita walaupun kecil.

8| Jangan Lupa Senyum


Senyum merupakan ibadah bagi setiap orang, tetapi kalian jangan senyum sendiri ya. Jika terbiasa senyum, energi positif yang kalian miliki akan menyalur orang yang ada di sekitarmu termasuk orang tua. Memang hal ini sangat sederhana, tetapi memberikan dampak yang luar biasa.

9| Dengarkan Nasehat


Kebanyakan orang tua pasti mengharapkan anaknya bisa hidup lebih baik. Tapi terkadang kita memiliki perbedaan pendapat dan kebanyakan anak zaman sekarang mengabaikan nasehat orang tua dengan etika yang salah. Sebagai anak, kita seharusnya mendengarkan dan menghargai nasehat orang tua, jika memang pendapat orang tua berbeda dengan tujuan kita, bicaralah dengan baik, pelan, dan sopan. Supaya orang tua kita paham yang sedang kita inginkan.

10| Buatlah Prestasi


Mungkin kamu tidak pintar di bidang akademis, meski begitu kalian harus menunjukkan di bidang lainnya yang kamu sukai, seperti menari, sepak bola, bermain musik dll. Buktikan kalau passionmu itu bisa membuatmu menjadi anak yang berprestasi. Buktikan orang ke orang tua mu, kalau kegiatanmu sangat bermanfaat bukan sekedar iseng-iseng semata. Kalau sudah begitu, pasti orang tua kalian akan bangga.

11| Sekolah Setinggi Mungkin


Kalau kamu termasuk orang yang berkecukupan dan orang tuamu mampu membiayai kuliah, jangan pernah menyia-nyiakan momen tersebut. Pasti orang tua kalian berharap anaknya bisa sekolah setinggi mungkin. Untuk itu, jika kalian yang sedang menempuh kuliah jangan malas untuk kuliah, jangan terlalu sibuk dengan kegiatan di luar kuliahmu, selesaikan kuliahmu dengan tepat waktu, dan kalau bisa kalian lulus dengan predikat nilai terbaik. Hal sederhana itu, mungkin bisa membahagiakan orang tuamu. Mungkin ada pertanyaan seperti ini, jika kita ingin membahagiakan orang tua, sedangkan keluarga kita untuk makan saja sulit dan hidup pas-pas, bagaimana cara mengatasinya? tenang untuk itu kalian bisa mencari beasiswa, toh beasiswa sekarang sangat banyak.

12| Kabari Orang Tua


Mengabari keadaanmu saat ini kepada orang tua ternyata bisa membuatnya bahagia lo. Walapun sebentar, tetapi orang tua lega jika mendengar kalau anaknya baik-baik saja, apalagi kalian yang sedang di luar kota. Maka dari itu seringlah bercakap dengan nyokap dan bokap lo ketika kalian sedang di luar kota.


Baca Juga : Ngak Harus Coba! Berikut Cara Merusak Gadget Kalian Dengan Mudah

Belum ada Komentar untuk "Lakukan Langkah Ini, 12 Cara Membahagiakan Orang Tua Dalam Hal Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel