OMSET 750 JUTA PER BULAN!! Berikut 7 Tips Membuka Usaha Toko Plastik Dan Bahan Kue

Toko Plastik

Hallo Sobat Bisnis...

Kalian pasti berfikir usaha toko plastik dan bahan kue merupakan bisnis yang sangat tidak menguntungkan bahkan hasilnya tidak seberapa. Etss... tunggu dulu kalian harus berfikir jeli lagi jika mengamati bisnis toko seperti toko kelontong, toko bahan bangunan, toko listrik, bahkan toko plastik dan bahan kue. Siapa sangka bisnis yang satu ini ternyata sangat menjanjikan lo untuk kalian yang ingin membuka usaha yang satu ini. Bahkan saya pernah bertemu seseorang pemilik toko bahan kue dan plastik berbicara mengenai penghasilan dalam satu bulan yang ternyata omset kotor perbulannya sekitar 750 Juta. bayangkan kalian tahu sejak dulu, pasti kalian ingin berbisnis toko plastik dan bahan kue. 

Namun tidak mudah memang jika ingin membuka usaha bahan kue untuk sebagian orang yang baru memulai bisnis satu ini. Nah maka dari itu, mimin mau kasih tau tips untuk membuka usaha toko plastik dan bahan kue langsung dari sumbernya. Dari pada lama-lama langsung saja kita bahas di bawah ini.


1| Tempat Usaha

Pasar Modern

Tempat usaha merupakan sesuatu yang sangat krusial yang harus kalian ketahui. Dalam berbisnis lokasi menentukan suatu usaha dapat bertahan dalam jangka panjang atau jangka pendek. Memang mencari tempat usaha itu susah-susah gampang. Namun saya akan menyarankan untuk kalian yang bingung mencari tempat usaha toko plastik dan bahan kue, anda bisa memilih tempat usaha seperti yang satu ini. 

a. Tempat Dekat Pasar

Pasar sering kali menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Ibu rumah tangga dan masih banyak lagi. Maka dari itu banyak sekali orang yang sering berhamburan masuk keluar pasar apalagi kalau bertepatan hari-hari besar seperti lebaran, hari libur, dll. Maka dari itu, mengapa saya menyarankan memilih tempat untuk membuka toko bahan kue dan plastik di sekitar situ. Selain itu, tempat dekat pasar memiliki resiko rugi yang sedikit dan sangat bagus untuk jangka lama.

b. Lokasi Strategis (Di Tengah Kota)

Lokasi strategis merupakan salah satu penentu toko tersebut bisa berkembang atau tidak. Umumnya lokasi tengah kota merupakan salah satu contoh lokasi yang strategis. Selain mudah dijumpai pembeli, lokasi ditengah kota mudah diingat banyak orang. Tak heran banyak orang yang berkunjung di tempat anda. 

Namun membuka toko plastik di tengah kota mendapatkan tantangan tersendiri dan diperhitungkan dengan tepat. Mengapa hal tersebut harus diketahui banyak orang, pertama untuk membuka toko ditengah kota harus memerlukan modal yang sangat banyak apalagi jika kalian menyewa ruko di lokasi tersebut pasti harga yang ditawarkan penyewa sangatlah mahal. Namun jika kalian perhitungkan dengan tepat maka hal tersebut bisa membuat pendapatan anda melebihi modal kalian bahkan modal kalian akan kembali dengan cepat. 

c. Lokasi Berpotensi 

Lokasi yang berpotensi yang saya maksud adalah dimana banyak penduduk disekitar situ dan banyak pendagang atau umkm, tetapi belum ada toko bahan kue dan plastik. Jika kalian menemukan tempat yang satu ini segeralah membuka usaha yang satu ini. Hal ini dikarenakan tidak ada saingan, maka dari itu toko anda kelak akan terkenal dengan cepat.

Dan yang satu lagi, nilai tambah untuk toko anda, yaitu tempat parkir yang nyaman. Jika tempat parkir toko anda bisa nyaman untuk pembeli yang menggunakan kendaraan bermotor, mobil, bahkan truk, hal tersebut menjadi nilai plus bagi toko anda. Dan lebih lengkap lagi, tidak ada biaya parkir di toko kalian. 

Jika kalian masih bingung, baca 7 cara menentukan lokasi usaha yang tepat.

2| Penataan Toko

Cara Penataan Toko



Dalam penataan toko, kalian harus sangat memperhatikan betul kebersihan toko dan penataan barang toko. Jika toko anda bersih dan barang ditoko anda lebih tertata, nantinya akan membuat toko anda semakin enak dipandang. Bahkan banyak pembeli yang senang dengan toko anda, dan kemudian menjadi pelanggan tetap anda. Dalam hal kecil ini, masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya kebersihan dan penataan barang toko. Untuk itu kalian harus memanfaatkan tips yang satu ini, agar toko anda terkenal bersih dan nyaman.

Dan tak lupa, pasang baner yang jelas dan menarik untuk dilihat serta pasang lampu yang terang, agar toko kalian kelihatan fress. Dan jika ada tempat barang/etalase kosong segera isi barang apapun di tempat tersebut agar kelihatan penuh barang di toko kalian. Hal ini bertujuan agar toko kalian enak di pandang dan menarik daya tarik pembeli.

3| Karyawan Toko


Karyawan Menakutkan

karyawan merupakan salah satu alasan dimana usaha kalian dapat berkembang. Namun kalian harus tau, kriteria karyawan yang sangat ideal untuk toko kalian. Menurut pengalaman saya, karyawan yang anda cari harus ulet, jujur, pekerja keras, dan yang terpenting ramah terhadap pembeli. Ada suatu pengalaman dari pemiliki toko plastik dan bahan kue ketika saya mewawancarai, jika ia pernah mendapatkan karyawan yang tidak ramah, hal itu membuat para pembeli jadi takut untuk beli barang di toko tersebut. Al hasil pendapatan hari ke hari menurun, dan kemudian si pemilik toko memecat karyawan tersebut. Dari pengalaman tersebut, kalian harus jeli dan teliti untuk mencari karyawan. 

4| Buat Harga


Nota Kasir

Harga sangat mempengaruhi jumlah banyaknya pelanggan. Maka dari itu kalian harus membuat harga barang anda jangan terlalu mahal dan jangan murah. Menurut survei saya sendiri untuk harga barang toko bahan kue dan plastik sekitar 15% sampai 35% keuntungan setiap barang. Perlu kalian ingat, harga 15% sampai 35% hanya sekedar referensi. 


5| Cari Supplier


Kerjasama

Jika ingin toko anda mendapatkan harga yang bisa bersaing dengan toko-toko lain, carilah supplier yang menawarkan dengan harga semurah-murahnya walaupun itu harganya selisih Rp 1.000 dari supplier lain. Itu merupakan tips agar toko kalian terkenal dengan harga merakyat.

6| Barang Lengkap


Supermarket


Nah, kalau ini wajib kalian lakukan. Pasti kalian akan mengalami permintaan pesanan yang ini itu dari pembeli saat awal-awal buka toko. Hal ini sangat wajar karena mengingat toko saat awal kalian buka masih banyak barang yang belum kalian miliki. Nah, jika kalian lengkapi mulai dari sedikit demi sedikit, toko anda akan semakin berkembang dan pendapatan anda dari waktu ke waktu akan semakin besar. Dan yang terpenting toko anda akan semakin dikenal banyak orang.

7| Toko Online


Bisnis Online

Dan selanjutnya, jika toko kalian sudah berkembang dan sudah kuat untuk bersaing dengan toko-toko lain di tempat anda, saatnya anda promosikan barang-barang anda di toko online, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppe dan masih banyak lain. Selain itu, promosikan di aplikasi whatsapp, instagram, website dll. Hal ini agar toko anda mampu menangkap market yang lebih luas, dan pemasukan toko akan bertambah.


Nah dari situ kita bisa melihat tips dan trik membuka toko plastik dan bahan kue, untuk itu kalian yang ingin mencobanya.. 

Yang terpenting jika kalian membuka suatu usaha kalian harus niat, menyiapkan strategi, praktekan, Dan pasrahkan semua kepada Sang Pencipta. Semoga pengalaman pemiliki toko plastik dan bahan kue tadi menginspirasi kalian ya guys, dan tips dan triknya semoga bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "OMSET 750 JUTA PER BULAN!! Berikut 7 Tips Membuka Usaha Toko Plastik Dan Bahan Kue"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel