Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wajib Tau!! 5 Ciri-Ciri Unik Orang Madiun


Siapa yang tak kenal Madiun? Madiun merupakan kota dimana memiliki beragam budaya, agamanya, dan masih banyak lagi. Perlu kalian ketahui ternyata Madiun dijuluki dengan sebutan Kota Gadis, Gadis merupakan singkatan dari Kota Perdagangan dan Industri. 

Memang banyak sekali para pelaku umkm di kota madiun dan terdapat juga industri yang cukup terkenal di kota madiun yaitu PT INKA. Namun apakah kalian tau, ternyata orang madiun memiliki ciri khas yang mungkin cukup dikenal oleh beberapa orang diluar daerah madiun. Namun apakah kalian tau, bagaiamana ciri-ciri orang madiun? berikut ciri-cirinya.


1| Ramah


Taukah kalian, orang madiun ternyata memiliki keunikan tersendiri di mata orang luar madiun. Hal itu bisa terjadi karena orang madiun dikenal ramah dan gaya bicaranya sangat halus tidak seperti daerah lainnya di indonesia. 

Jika kalian berada di daerah madiun, maka orang-orang madiun sangat ramah untuk menyapa kalian, bahkan jika kalian menanyakan suatu hal yang tidak tau tentang madiun, maka orang madiun akan selalu memberitahu dengan senang hati. 

Jadi jika kalian ke madiun, selalu jaga etika sopan santunya ya, karena madiun sangat menjaga nilai-nilai tersebut dan masih berlaku hingga sekarang. Jika kalian bertemu dengan orang madiun dimanapun, jangan sungkan-sungkan bertanya ya guys


Baca Juga : Jangan Kesini!! 7 Tempat Paling Angker di Madiun 


2 | Bahasa Khas


Madiun memiliki logat bahasa yang sangat khas dan cukup dikenal orang luar madiun. Jika kalian bertemu orang madiun pasti suku kata pertama atau akhir sangat panjang sekali. 

Contoh : 

- " Omahmu kuwi uuuuadoooh tenan "

Artinya : rumahmu jauh sekali.

- " Suwiiiii men awakmu ki nek mangan "

Artinya : Lama banget kamu kalau makan.

- " Biyuuuhhhh bocah iki "

Artinya : Dasar anak ini.

Bagi orang madiun berbicara seperti itu rasanya sangat nyaman dan lengkap. Karena kebiasaan berbicara seperti itu sudah dilakukan sejak lama dan sekarang menjadi bahasa ciri khas orang madiun.




3| Mirip Jawa Tengah dan Yogyakarta


Dahulu kala, di madiun terdapat kerajaan mataram yang berasal dari daerah jawa tengahan. 

Maka dari itu, banyak sekali kemiripan-kemiripan tentang budaya dan bahasa madiun dengan jawa tengah atau yogyakarta. Hingga sekarang karakter orang madiun hampir sama seperti orang jawa tengahan dan yogyakarta. 


4 | Makanan Kesukaan Orang Madiun 


Tak afdol jika kita tidak membahas makanan yang disukai orang madiun. Makanan kesukaan orang madiun itu adalah nasi pecel. Kebanyakan orang madiun sangat suka dengan makanan yang satu ini, bahkan orang madiun yang sedang merantau di luar sana, sangat merindukan makanan ini. 

Tak heran, jika ketika orang yang ingin merantau ke kota lain, pasti membawa bekal sambal pecel. Selain nasi pecel, makanan yang paling digemari orang madiun adalah kripik tempe, lempeng, krupuk, dan masih banyak lagi.


5| Jago Silat


Madiun selain terkenal dengan makanan pecelnya, ternyata madiun juga dikenal juga sebagai kampung pesilat. Ada sekitar sepuluh lebih perguruan pencak silat di kota madiun yang sudah berdiri sejak dulu. 

Namun perguruan pencak silat yang terkenal di madiun adalah PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo), PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate), IKSPI (Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia) Kera Sakti. 

Terdapat salah satu pencak silat di madiun yang ternyata sudah mendunia. Maka dari itu banyak sekali orang madiun yang jago silat. Jadi jangan macam" dengan orang madiun ya guys.


Jadi apakah kalian sudah tau ciri-ciri unik orang madiun guys, atau mungkin teman kalian adalah orang madiun yang sedang merantau dan memiliki kesamaan seperti artikel di atas?