32 Destinasi Wisata Madiun Terlengkap dan Terbaru Yang Wajib Kalian Kunjungi


Kota pecel julukan khas dari kota madiun yang sangat populer dikalangan orang-orang luar wilayah ini. Tidak hanya itu, Madiun juga merupakan tempat yang strategis di Provinsi Jawa Timur. Dengan letaknya yang strategis, madiun juga dikenal sebagai Kota Gadis, Gadis yang dimaksud bukan cewek-cewek itu ya guys, melainkan singkatan dari Kota Perdagangan dan Industri. Selain itu madiun menyimpan banyak potensi wisata yang menarik untuk kita jelajahi. Untuk kalian yang datang di madiun tidak salahnya menjelajah wisata yang satu ini. Apa saja sih wisatanya? yuk langsung saja kita bahas disini.

1| Hutan Pinus Nongko Ijo


hutan pinus nongko ijo kare

Bagi kalian yang suka menikmati indahnya udara sejuk nan hijau tidak salahnya mendatangi wisata yang satu ini, yaitu wisata hutan pinus nongko ijo. Wisata hutan pinus terletak di lereng gunung wilis yang lebih tepatnya di daerah Dusun Mbonromo, Desa Kare, Kabupaten Madiun.


Bagi kalian yang suka foto-foto atau sekedar selfie tidak salahnya mengunjungi tempat yang satu ini, karena disini terdapat spot foto yang bagus untuk upload di sosmed kalian. Fasilitas disini ternyata sudah lengkap seperti warung makan, toilet, tempat parkir, gasebo, dan masih banyak lagi. Untuk masalah kantong saku, kalian tidak usah khawatir karena untuk harga tiket masuk dikenakan Rp 2.000 ditambah parkir montor Rp 3.000 dan mobil Rp 4.000. Untuk jam operasionalnya dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Cukup murah bukan, untuk bisa menikmati wisata yang satu ini. Oh ya jika kalian berjalan ke timur wista hutan pinus nongko ijon kare, kalian akan menemukan wisata wahana bermain sekar arum kare.

2| Air Terjun Seweru/Kedung Malem


air terjun seweru kab madiun

Lereng gunung wilis menyimpan potensi yang tiada habisnya dengan sejumlah wisata yang ada dan dapat dikembangkan oleh pemerintah dari waktu ke waktu. Salah satunya, air terjun paling terkenal dengan keindahannya yaitu air terjun seweru. Air terjun seweru memiliki sebutan berbeda di masyarakat sekitar, seperti air terjun kedung malem, air terjun serondo, dan air terjun selampir. Karena keindahannya yang alami, air terjun yang satu ini terus dikembangkan oleh masyarakat untuk menarik wisatawan dari luar madiun. Untuk sampai di air terjun indah ini, kalian harus menempuh dengan jalan kaki. 

meneropong

Namun jangan salah, jika pemandangan menuju air terjun seweru sangatlah indah, sampai-sampai kita takjub dengan keindahannya. diperjalanan kalian juga bisa meneropong binatang-binatang yang jarang kalian temui di perkotaan. Untuk lebih detailnya kalian bisa membaca Pesona Air Terjun Air Terjun Kedung Malem.

3| Air Terjun Coban Kromo


air terjun terbagus di madiun

Air terjun coban kromo terletak di Area Kebun/Hutan, Bodag, Kare, Madiun, Jawa Timur. Wisata air terjun ini jarang sekali diketahui oleh masyarakat madiun, karena akses menuju air terjun ini belum sebagus wisata lainnya di madiun. Namun siapa sangka, kalau air terjun tersembunyi di lereng gunung wilis, mempunyai pesona keindahan yang jarang dimiliki air terjun lainnya. Di sini kalian akan menemukan dua aliran air terjun yang konon ceritanya, air terjun tersebut laki-laki dan perempuan. Karena itu, air terjun ini dinamakan air terjun coban kromo yang memiliki arti (air terjun berjodoh). Perlu kalian ketahui, jika memasuki wisata air terjun coban kromo tidak dikenakan biaya alias gratis. Yuk tunggu apa lagi, langsung saja explore air terjun tersembunyi ini. Baca lebih detail tentang air terjun coban kromo, wisata tersembuyi lereng gunung wilis.

4| Banyu Lawe

 

pesona air terjun madiun

Air terjun yang tak kalah populer lainnya adalah banyu lawe. Jika kita lihat air terjun yang satu ini, mempunyai keunikan yaitu air yang turun terlihat melambai, dari kejadian itulah kemudian warga sekitar menyebutnya banyu lawe yang memiliki arti air melambai. Keindahan yang ada di banyu lawe juga tidak kalah dengan air terjun lainnya lo. Wisata ini merupakan salah satu ikon dari Desa Kepel, Kare. Tapi saya sarankan, jika kalian menuju wisata ini jangan musim hujan, karena medan untuk menuju wisata air terjun banyu lawe cukup menantang dan licin. Wisata ini terletak di  Gligi, Kepel, Kare, Madiun, Jawa Timur

5| Air Terjun Krecekan Denu


air terjun krecean denu

Siapa yang tak kenal wisata air terjun krecekan denu, wisata yang satu ini banyak dikunjungi oleh masyarakat madiun. air terjun krecekan denu memiliki ketinggian 20 meter dan memiliki pesona keindahan yang mempesona, ditambah di sekitarnya yang masih asri dan sejuk untuk kita nikmati. Untuk sampai di air terjun krecekan denu, kalian harus menempuh perjalanan 15 menit dari parkiran. Oh ya, untuk harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah, itu termasuk harga parkir. Bagi kalian mampir di madiun, tidak salahnya untuk mengunjugi wisata yang satu ini.

6Air Terjun (Mini) Tambak Lare

 

air terjun mini tambak lare kota madiun

Air terjun ini terletak di daerah Branjang, Kare, Madiun, Jawa Timur. Aliran air terjun disini tidak terlalu deras, dan pastinya aman untuk kalian yang ingin mengunjungi wisata ini bersama keluarga. Jika kalian mengunjungi air terjun tambak lare, kalian akan disuguhkan udara sejuk dengan pemandangan kelokan air terjun yang membuat kita ingin berlama-lama di tempat ini.

| Air Terjun Kucur


air terjun tersembunyi di madiun

Air terjun kucur terletak di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Air terjun kucur sengaja dibuat manusia untuk mengatasi kekurangan air di daerah tersebut. Namun yang menarik dari air terjun kucur yaitu terdapat 4 tingkat air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Tempat yang satu ini sangat cocok buat wisata keluarga.

8Kali Grape


wisata taman sungai grape

Wisata Kali Grape terletak di Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kare, Madiun, Jawa Timur atau 14 km dari kota madiun. Khawasan wisata kali grape sangat cocok untuk melepas penat dari bisingnya di perkotaan. Para pesepedah di madiun sering memanfaatkan wisata grape sebagai bascame. Tidak hanya itu wisata grape memiliki fasilitas seperti area parkir, rest area, jogging track, taman bermain anak, rumah makan, dan penginapan. Bila liburan telah tiba, wisata grape sangat cocok untuk wisata keluarga kalian.

9| Desa Wisata Brumbun

wisata tersembunyi di madiun

Jernihnya air sungai dan indahnya pemandangan sawah hijau membuat orang-orang memilih tempat wisata yang satu ini. Wisata Brumbun terletak di Brumbun, Wungu, Madiun, Jawa Timur. Jika kalian ingin mengunjungi wisata brumbun, kalian hanya menempuh waktu sekitar 15 menit dari Kota Madiun. Wahana yang ada di Wisata Brumbun Tubing Adventure meliputi kelen tubing, body rafting, air terjun, bermain air di sungai, rumah pohon, dan area outbond. Tidak hanya itu, air terjun buatan yang ada di sekitarnya menambah daya tarik wisata yang berkunjung di tempat ini.

10| Gligi Forest Park


wisata alam madiun

kalian pasti sangat asing mendengar Wisata Gligi Forest Park, karena wisata ini baru diresmikan oleh pemerintah pada tahun 17 Februari 2018. Di tempat ini, kalian akan disuguhkan pemandangan lereng gunung wilis yang eksotis. Fasilitas disini juga sangat banyak seperti spot foto, tempat parkir dan masih banyak lagi. Untuk kalian ingin mencari wisata terbaru, tidak salahnya mengeksplore wisata ini. Apakah kalian tertarik? yuk langsung saja ke tempatnya.

11| Gunung Kendil


pegunungan kendil

Gunung kendil sebutan masyarakat madiun ketika mengunjungi tempat ini, tapi sebenarnya gunung kendil adalah bukit yang terletak di Area Sawah, Pilangrejo, Wungu, Madiun. Biasanya kaum muda mudi sering mengunjungi bukit kendil untuk melihat sunset. Lokasi gunung kendil juga sering dijadikan arena offroad dan montor trail. Area pemancingan dan tempat tembak melengkapi wisata bukit kendil.

12| Wisata Watu Rumpuk


destinasi wisata keren dan kece

Tiada habisnya jika kita membahas tentang destinasi wisata di lereng gunung wilis. Salah satu destinasi terbaru kali ini terletak di Ds Mendak, Dagangan, Madiun. Taman bunga, ditambah batu yang bertumpuk indah membuat daya tarik wisata lokal hingga luar kota. Bagi kalian yang dari luar madiun tidak salahnya mampir ke watu rumpuk untuk melihat keindahan yang membuat anda takjub dan ingin berlama-lama di sini. Baca selengkapnya pesona wisata watu rumpuk

13Rumah Pohon Pesanggrahan 


wisata rumah pohon kota madiun

Jika kalian ingin selfie atau ingin sekedar menikmati pemandangan gunung wilis, tidak salahnya mengunjungi wisata alam pesanggrahan. Wisata kali ini berupa rumah pohon dengan nuansa pemandangan hijau. Lokasi wisata pesanggrahan terletak di Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun.

14| Perkemahan Kandangan 


sensasi perkemahan di indonesia

Bagi kalian yang mempunyai jiwa pramuka atau pencinta alam tidak lengkap jika mengunjungi madiun tanpa mencoba wisata perkemahan kandangan yang terletak di Kare, Kab Madiun. Tempat ini biasanya digunakan sebagai kegiatan perkemahan sekolah-sekolah atau sekumpulan organisasi. Untuk kalian yang suka berkemah, tidak salahnya mencoba tempat yang satu ini.

15| Waduk Bening Widas


waduk terhits di madiun

Waduk bening widas salah satu objek wisata di madiun yang sangat populer. Waduk widas terletak di Kecamatan Saradan, Kab Madiun atau 40 km dari pusat kota madiun. Fasilitas yang disuguhkan untuk wisatawan antara lain air pemancingan, taman bermain anak, kios, dermaga, outbond, banana boat, Perahu Speed Boot dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuknya kalian hanya mengeluarkan uang saku sebesar Rp 7.500 untuk dua orang. Tertarik Berkunjung di waduk bening widas?

16| Waduk Dawuhan Caruban


waduk terindah di indonesia

Selain waduk widas, madiun juga memiliki waduk dawuhan yang terletak di Ds sidomulyo, Kec Wonoasri, Kab Madiun. Pemanfaatan waduk dawuhan hampir sama dengan waduk widas yaitu untuk pengairan sawah yang ada di 9 desa di 3 kecamatan dan tempat wisata. Jika kalian berkunjung di waduk dawuhan kalian tidak akan dikenakan tike masuk  gratis.

17Puncak Gunung Wilis

pegunungan wilis

Apa kalian hoby mendaki, tidak salahnya kalian mencicipi rasanya mendaki gunung wilis. Medan yang menantang dan khawasanya masih jarang terjamah, membuat orang-orang tertarik untuk menaklukannya. Bagi kalian yang suka mendaki atau suka tantangan tidak salahnya mendaki gunung wilis. 

gunung terindah di jawa timur

18| Monumen Kresek


kekejaman pki

Pki (Partai Komunis Indonesia) merupakan peristiwa sejarah nasional yang sangat keji hingga kini masih diingat oleh masyarakat indonesia. Madiun merupakan saksi peristiwa keji ini, untuk kalian yang ingin mengetahui sejarah lengkapnya bisa langsung datang kesini ya guys. Baca selengkapnya Saksi Kekejaman PKI di Monumen Kresek 



19| Situs Peninggalan Nglambangan 


Ngalambangan situs sejarah

Selain Monumen kresek, terdapat satu wisata sejarah lainnya yaitu situs peninggalan nglambangan yang terletak di Desa Nglambangan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Situs sejarah nglambangan merupakan peninggalan dari kerajaan majapahit. Setiap tanggal satu suro, tempat ini dijadikan upacara adat oleh warga setempat. Wisata sejarah nglambangan buka setiap hari dan tidak ada tiket masuk alias gratis. 

20| Masjid Kuncen 


Sejarah kota madiun

Masjid Kuncen salah satu wisata relegi yang ada di madiun dan sekaligus merupakan masjid tertua di Madiun. Masjid kuncen terletak di Kel Kuncen, Kec Taman, Kota Madiun. Nilai sejarah yang sangat tinggi membuat daya tarik sebagian orang untuk mengunjungi wisata ini. hal ini bisa dilihat dari bagunan dan artefak di masjid kuncen yang masih terjaga kelestariannya. Disini kalian dapat melihat peninggalan kerajaan terdahulu, makam bupati madiun pertama, sendang, dan pohon besar. 

21| Masjid Taman 


wisata ziarah makam kota madiun

Selain masjid kuncen, terdapat wisata religi lainnya yaitu Masjid Taman. Sekarang masjid taman sudah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah. Nama lain dari masjid taman adalah Masjid Donopuro, selain itu di masjid taman terdapat makam Kyai Mohamad Kholifah yang merupakan kyai besar dari banten. Pada saat 1 muharam di masjid taman terdapat tradisi yang cukup unik dan menarik bagi setiap orang yang melihatnya.

22Klenteng Madiun


Klenteng kota madiun

Klenteng madiun terletak di Jl. Cokroaminoto No.69, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun. Klenteng madiun sudah berdiri sejak lama dan bangunannya masih terjaga hingga sekarang ini. Biasanya tempat beribadah ini, juga banyak dijadikan untuk pembuatan video short movie di madiun.

23| Bantaran Kali 


Bantaran kali kota madiun

Bantaran kali merupakan wisata yang terletak di pusat kota madiun dengan pemandangan sungai bengawan madiun yang amat elok nan indah. Untuk kalian yang datang di madiun dan mencari wisata gratisan tidak salah untuk mengunjungi wisata yang satu ini. Selain itu, terdapat wisata lainnya seperti taman lalu lintas bantaran kali madiun. Wisata tersebut sangat cocok untuk mengedukasi anak-anak bagaimana cara berpengendara baik dan benar.

24| Alun-Alun Madiun


Alun-alun madiun

Alun - Alun Kota Madiun merupakan tempat wisata yang pas untuk kumpul bareng teman, sahabat sampai keluarga. Waktu yang pas dan cocok untuk menikmati suasana alun-alun madiun yaitu pada malam hari. Selain itu, kita juga bisa memberi makan burung dara disini. Tertarik mencobanya.....?

25Kampung Warna Warni


Kampung terindah di madiun

Malang mempunyai kampung warna-warni, madiun ternyata juga memiliki kampung warna-warni lo... Kampung warna warni di madiun terletak di Jalan Margobawero No.22, Mojorejo, Kec. Taman, Kota Madiun. Wisata kampung warna warni sangat cocok untuk kalian yang suka hunting. Dahulu kampung ini kumuh, namun berkat inisiatif yang kreatif kampung ini disulap menjadi kampung yang bersih dan juga terawat baik bahkan sekarang menjadi destinasi wisata terbaru kota madiun.

26| Madiun Umbul Square 


wisata umbul square hits

Umbul Square salah satu wisata peninggalan penjajahan belanda yang sekarang dijadikan taman bermain bagi keluarga. Umbul square terletak di desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Jika liburan tiba, wisata ini sangat ramai untuk dikunjungi karena memiliki fasilitas lengkap seperti Kebun binatang, wisata sejarah, taman bermain anak-anak, bioskop, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk wisata umbul yaitu Rp 10.000.

27Sun City and Theme Park


Kolam renang sun city

Apakah kalian ingin bermain basah-basahan? sun city & theme park solusinya. Disini terdapat wahana air yang sangat lengkap dan tentunya aman bagi anak-anak. Wisata sun city & theme park buka setiap hari dan harga tiket masuknya Rp 20.000 -35.000 untuk satu orang. Fasilitas disini juga sudah mewadahi seperti parkir, Mall Suncity, resto, kamar mandi, toilet, mushola, dan masih banyak lagi.

28| Dumilah Park


Dumilah Park

Selain sun city, juga terdapat taman rekreasi dumilah park yang terletak di Jl slamet riyadi no.99, klegen, Kota Madiun. Bagi kalian yang ingin sekedar berenang tidak salahnya mengunjungi tempat ini.

29| Taman Trembesi


Taman Pohon Trembesi

Taman Trembesi terletak di Jl. Rimbakaya, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63117. Disini kalian akan disuguhkan dengan panorama pohon trembesi yang lebat dan sangat sejuk untuk tempat berteduh di tengah kota. Tidak hanya itu, wisata ini memiliki spot foto yang kece. Tidak heran jika liburan tiba, wisata taman trembesi sangat ramai. Untuk kalian yang datang di wisata taman trembesi, hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja. Tertarik untuk mencobanya guys?

Wisata Kuliner Madiun


Tidak lengkap jika datang ke madiun tanpa mencoba makanan khasnya. Mau tahu apa saja makanan khasnya, yuk langsung saja kita bahas di bawah ini.

30| Nasi Pecel


Nasi Pecel Madiun

Kelezatan nasi pecel madiun tidak bisa diragukan lagi, bahkan orang yang jauh datang ke kota madiun hanya sekedar mencicipi sensasi masakan yang satu ini. Tidak heran kalau madiun dikenal dengan sebutan kota pecel. Dari tahun ke tahun warung makan nasi pecel di kota madiun bermuculan dengan pesat dan membuat orang-orang dari luar madiun tidak kebingungan mencari makanan khas ini.

31| Brem


Brem Madiun

Tidak lengkap kalau datang ke madiun tanpa membawa oleh-oleh makanan brem. Brem dibuat dari beras ketan yang kemudian dimasak untuk di fermentasi dan rasanya brem tidak perlu ditanyakan lagi.

32| Pentol Corah 


Corah Kota Madiun

Pentol corah sangat digemari masyarakat madiun, rasanya yang pedas dan mengugah slera membuat pentol corah ramai untuk dikunjungi. Bagi kalian yang ingin mencicipi sensasi pedasnya pentol corah, kalian bisa datang di Rejomulyo, Kec Kartoharjo Madiun.


Baca Juga : 8 Misteri Dan Mitos Gunung Wilis Yang Ternyata

Belum ada Komentar untuk "32 Destinasi Wisata Madiun Terlengkap dan Terbaru Yang Wajib Kalian Kunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel