Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1001 Mitos Capung Masuk Rumah Terlengkap dan Terbaru

Mitos Hewan Capung di Masyarakat Sekitar

Capung merupakan hewan yang biasanya terdapat di sekitaran sungai, taman, dan terkadang berada di sekitaran lingkungan rumah kita. Namun, menurut cerita jaman dahulu, hewan capung memiliki mitos yang cukup unik untuk kita bahas. Bahkan hingga sekarang ini, mitos tersebut masih dipercayai oleh sebagian orang.

Salah satu mitos populernya ialah, capung masuk rumah. Lantas, apakah kalian tau apa saja mitos capung masuk rumah yang sudah kalian ketahui. Jika tidak, kalian bias membaca artikel dibawah ini sampai selesai.



Capung Masuk Rumah Pertanda Kedatangan Tamu


Pernahkah kalian melihat capung di dalam rumah kalian secara tiba-tiba?. Jika iya, berarti kalian akan kedatangan tamu yang tak diduga. Biasanya tamu tersebut orang-orang terdekat sekitar kalian seperti, teman, saudara, nenek, dan sebagainya.

Menurut mitos, biasanya kejadian capung masuk ke rumah terjadi ketika waktu pagi hari, magrib, hingga malam hari. Namun, mitos tersebut mirip dengan kupu-kupu masuk rumah.

Jika salah satu hewan tersebut berada di dalam rumah kalian secara tiba-tiba, siap-siap menerima tamu ya guys.


Capung Masuk Rumah Pertanda Terjadi Kesialan


Jika capung masuk rumah ketika malam hari menandakan penghuni rumah akan mengalami kesialan dalam waktu dekat. Mitos tersebut berasal dari kepercayaan masyarakat Toba dan hingga saat ini sebagian orang masih percaya dengan mitos.

Perlu kalian ketahui, kesialan tersebut biasanya berupa ilmu-ilmu hitam dari orang jahat. Bagi yang mempercayainya, jika melihat capung masuk rumah pada malam hari akan langsung membunuhnya.

Selain itu juga, mitos ini sama halnya seperti mitos capung hitam masuk rumah dan mitos capung merah masuk rumah.

Apakah kejadian capung masuk rumah di malam hari terjadi pada diri kalian?

Capung Masuk Rumah Pertanda Keberuntungan


Terdapat mitos di kalangan masyarakat, jika terdapat hewan capung masuk rumah di siang hari maka kemungkinan besar penghuni rumah akan mendapatkan keberuntungan.

Golongan yang mempercayai mitos ini akan senantiasa membiarkan capung tersebut berkeliaran di dalam rumah. Bahkan terdapat sebuah penelitian, jika capung berada di sekitar rumah (Baik di dalam maupun luar rumah) pada waktu siang hari, berarti akan terjadi musim hujan. 

Hal ini biasanya terjadi setelah musim kemarau berkepanjangan. 

Perlu diperhatikan, bahwa mitos ini sama halnya dengan mitos capung masuk kamar.

Capung Masuk Rumah Menurut Islam 

Perlu digaris bawahi lagi, bahwa arti capung masuk rumah dalam ajaran islam sebenarnya tidak ada. Jadi, capung masuk rumah menurut islam tidak ada makna sama sekali.

Bahkan, penulis juga tidak menemukan arti capung masuk rumah menurut ajaran agama hindu. Jika ada saran, kalian bisa menulis komen di kolom komentar.

Capung Merupakan Simbol Apa ?

Capung dijadikan simbol yang cukup unik yang ada di berbagai negara. Jika di negeri sakura jepang, capung sering digunakan sebagai simbol kemenangan, kelincahan, bahkan kekuasaan. Sebab, di negeri jepang, capung dikaitkan dengan datangnya musim panas dan musim gugur.

Di Negara Amerika capung memiliki simbol kebahagiaan, kemurnian, hingga kecepatan. Hal ini didasari karena capung merupakan spesies serangga yang mampu hidup dengan baik baik di darat maupun di air.

Seperti lainnya, banyak masyrakat china yang menganggap bahwa capung memiliki simbolisme positif seperti kemakmuran, keberuntungan, hingga keharmonisan.



Cara Mencegah dan Mengusir Capung Masuk Rumah 

Ada beberapa tips mencegah dan mengusir capung masuk rumah seperti berikut.

1. Kurangi Barang atau Benda Menumpuk 

Mengurangi barang-barang menumpuk merupakan salah satu cara alternatif yang bisa kalian lakukan untuk menangkal capung masuk rumah. Mengapa, karena biasanya nyamuk suka di tempat tersebut dan kebetulan capung suka memakan nyamuk.

Jadi semakin banyak barang-barang menumpuk di dalam rumah, semakin sering pula capung masuk ke dalam rumah.

2. Bersihkan Genang Air Di Sekitar

Seperti yang kita bahas tadi, bahwa nyamuk makanan kesukaan capung. Nyamuk juga suka bertelur dan berkembang biak di genangan air di sekitar rumah kalian. Jadi untuk mengantisipasinya, kalian bisa membersihkannya.

3. Memelihara Hewan Khusus

Kolam hias terkadang bisa menjadi markas capung. Jadi untuk mengatasinya, kalian bisa memelihara jenis ikan air tawar di kolam hias. Hal ini bertujuan agar ikan kalian memakan telur-telur capung.

4 Cara Mengusir Capung 

Cara mengusir capung sangatlah mudah, bahkan kalian bisa langsung memperaktekkannya sendiri di rumah. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membaca artikel berikut (Cara Mudah dan Cepat Mengusir Capung).


Perhatian : 

Mitos merupakan hal yang tidak bisa di nalar oleh logika manusia. Jadi manusia boleh mempercayai mitos tersebut dan boleh tidak. Tapi intinya mitos tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada si pembaca agar tau apa saja mitos yang ada di masyarakat sekitar.