Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Resiko Yang Kalian Hadapi Ketika Tinggal Di Desa

Desa Wisata
Source : Pixabay

Pernahkah kalian membayangkan, jika hidup di desa merupakan sesuatu yang menyenangkan, bahkan jauh menyenangkan dari pada tinggal di perkotaan. 

Perlu kalian ketahui, walaupun suasana di desa pada umumnya sangat indah dan tenang, namun kalian harus tau apa saja resiko jika tinggal di desa.

Nah dari sini, apakah kalian tau apa resikonya ketika tinggal di desa? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut resiko bagi seseorang ketika tinggal di desa.



1 Siap Menghadapi Tekanan

Kehidupan di kota dan di desa sangat berbeda jauh. Ketika seseorang tinggal di perkotaan, orang di sekitar pasti jarang sekali memperhatikan secara detail tingkah laku, masalah orang lain, bahkan mengenai kehidupan seseorang. fenomena tersebut bisa dibilang cuek terhadap urusan orang lain.

Hal tersebut justru berbeda dengan masyarakat di desa pada umumnya. Jika seseorang tinggal di desa dan melakukan kesalahan sedikit saja, maka kita akan menjadi perbincangan masyarakat desa. Atau bisa dikatakan serba salah, jika dilihat dari penilaian orang lain.

Namun walaupun begitu, sebenarnya masyarakat desa sangat peduli dengan kita. Maka dari itu, jika tinggal di desa saya sarankan untuk menyiapkan mental secara matang ya guys. Anggap ucapan tersebut sebagai pemicu semangat untuk sukses. 

2 Harus Memiliki Sifat Gotong Royong

Petani
Source : Pixabay

Masyarakat desa umumnya memiliki sifat gotong royong dan suka membantu kepada sesama. Ketika tinggal di desa, mau tidak mau kalian harus memiliki sifat seperti ini.

Hal tersebut sebenarnya memiliki dampak positif terhadap diri sendiri bahkan keluarga. Karena jika ada sesuatu hal yang darurat, pasti orang-orang desa akan membantu kalian dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Jadi jika ingin hidup di desa, jangan sampai malas ya sob. 


3 Sering Menghadiri Pertemuan Penting di Desa

Di desa sering kali ada acara atau tradisi yang harus dihadiri masyarakat sekitar seperti bersih desa, selamatan, pengajian, dan acara lainnya. Nah dari pertemuan tersebut, sebisa mungkin kalian menghadirinya ya sob.

Menghadiri acara seperti tadi, menandakan sikap baik dan peduli dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu, masyarakat desa akan senang dengan kalian dan bahkan masyarakat desa akan memberikan feedback yang positif di kehidupan kita.

4 Fasilitas Tidak Selengkap di Kota

Memang di desa sering kali membuat kita bingung akan fasilitasnya. Terkadang dari segi infrastruktur dan teknologi di desa sangat berbeda jauh dengan perkotaan.

Dengan begitu, mau tidak mau kalian harus membiasakan diri dengan lingkungan tersebut ya sob.

5 Minimnya Lapangan Pekerjaan

Lowongan pekerjaan di desa dengan di perkotaan sangatlah berbeda jauh. Jika di kota banyak sekali lowongan pekerjaan yang bisa kalian tuju. Namun ketika di desa, lowongan pekerjaan sangatlah sedikit. 

Hal ini bisa terjadi, karena masyarakat di desa kebanyakan menjadi petani dan hasil bumi tersebut di jual ke perkotaan. Jadi jika kalian ingin membuka usaha pertanian di desa sangatlah cocok sob.

6 Wajib Menyapa Sesama Warga Desa

Jika ingin tinggal di desa, kalian wajib memiliki kepribadian yang murah senyum dan saling menyapa terhadap masyarakat desa. Karena masyarakat desa terkenal dengan perilaku baik dan memiliki kepribadian saling sapa. 

Agar menjadi masyarakat desa yang baik, lakukan hal seperti itu ya sob.

Posting Komentar untuk "6 Resiko Yang Kalian Hadapi Ketika Tinggal Di Desa"